Comscore Tracker

5 Keuntungan Kalau Kamu Gak Pernah Cerita Soal Penghasilan 

#IDNTimesLife Yang penting tetap eksis, kan? 

Sebagian orang secara tegas menolak terbuka soal penghasilan mereka karena merasa gak nyaman. Sebagian lagi justru blak-blakan banget. Atau malah, melebih-lebihkan penghasilan mereka biar lebih dihargai. Bagaimana denganmu?

Kalau boleh memberi saran, ada baiknya kamu gak terlalu terbuka soal penghasilanmu ke orang-orang. Ada banyak keuntungannya lho, jika kamu gak pernah menceritakan penghasilanmu. Apa sajakah itu? Simak di bawah ini ya!

1. Kalau penghasilanmu kecil, biar gak diejek orang 

5 Keuntungan Kalau Kamu Gak Pernah Cerita Soal Penghasilan Unsplash.com/dogblack22

Punya penghasilan kecil padahal telah bekerja keras saja rasanya sudah gak memuaskan. Kamu harus selalu berhemat biar penghasilanmu tetap cukup, gak perlu meminjam uang ke siapa pun. Apalagi kalau masih harus menanggung ejekan.

Daripada kamu jadi sedih, minder, apalagi dendam; lebih baik menghindari kemungkinan diejek orang, kan? Bukan dengan berbohong soal penghasilanmu yang berlipat-lipat dari aslinya melainkan cukup dengan gak mengatakan besarannya.

2. Kalau penghasilanmu besar, biar gak jadi sasaran orang yang cuma mau memanfaatkanmu 

5 Keuntungan Kalau Kamu Gak Pernah Cerita Soal Penghasilan Unsplash.com/nate_dumlao

Sepakat ya, kalau waspada itu tetap perlu? Banyak cara bisa dilakukan oleh orang yang sebenarnya cuma ingin memanfaatkanmu. Misalnya, dengan sering meminjam uang tetapi gak tertib dalam pembayarannya.

Bila kamu enggan memberi pinjaman, dia mendesakmu dengan, ‘Ayolah, penghasilanmu kan, besar.’ Kamu jadi gak enak sendiri kalau gak meminjaminya. Pada saat ditagih, dia juga akan menggunakan alasan yang mirip.

Seperti, ‘Ayolah, masa segitu saja ditagih terus? Penghasilanmu kan, besar. Ikhlaskan saja deh, sama teman/saudara sendiri juga.’ Belum lagi orang yang menggunakan jurus pura-pura mencintaimu padahal cuma mau menguras hartamu. Bisa bikin kamu patah hati sekaligus bangkrut!

3. Biar gak ribet menjawab pertanyaan tentang ketidaksesuaian penghasilan dengan gaya hidupmu 

5 Keuntungan Kalau Kamu Gak Pernah Cerita Soal Penghasilan Unsplash.com/hikiliu

Misal, penghasilanmu besar. Namun gaya hidupmu sederhana banget. Orang-orang yang punya sifat usil bisa mencurigai penghasilanmu sebenarnya kecil sehingga kemampuanmu cuma sebatas itu.

Atau mereka percaya penghasilanmu memang besar, tetapi kamu dinilai pelit banget. Mereka akan terus nyinyir sampai kamu merasa lelah jiwa. Padahal, kamu bergaya hidup sederhana semata-mata karena gaya hidup seperti itulah yang paling nyaman buatmu.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Mengelola Keuangan meski Punya Gaji yang Pas-pasan

4. Biar gak repot menjawab ketidakpercayaan orang akan besarnya penghasilanmu, padahal sehari-hari kayak pengangguran 

5 Keuntungan Kalau Kamu Gak Pernah Cerita Soal Penghasilan Unsplash.com/johnn21

Terutama jika di lingkunganmu belum terbiasa dengan jenis pekerjaan yang mau situasi pandemik Covid-19 atau gak, memang selalu WFH alias work from home. Padahal di rumah juga gak buka warung atau usaha lain yang bisa langsung terlihat.

Misalnya, pekerjaanmu kreator konten. Kalau kamu menceritakan besarnya penghasilanmu, bisa-bisa kamu malah dicurigai bekerja yang gak halal. Seperti diam-diam berjualan obat terlarang! Duh, gawat banget, kan?

5. Biar mengejutkan orang-orang saat hidupmu berubah drastis 

5 Keuntungan Kalau Kamu Gak Pernah Cerita Soal Penghasilan Pexels.com/evelina-zhu-3179888

Ada tipe orang yang sering banget bilang sebentar lagi hidupnya akan berubah drastis ke arah yang lebih baik. Namun tahun demi tahun berganti, nyatanya dia begitu-begitu saja. Malah mungkin kian terpuruk.

Ada juga yang gak pernah bilang apa-apa terkait rencana hidupnya. Namun tahu-tahu sudah membeli rumah, buka usaha di mana-mana, atau melanjutkan sekolah sampai ke luar negeri. Di antara keduanya, kamu lebih suka yang mana?

Kalau kamu lebih suka yang terakhir, lebih baik gak perlu banyak menceritakan penghasilanmu. Fokus saja bekerja dan menabung. Biar tahu-tahu apa pun yang kamu cita-citakan bisa lekas terwujud.

Ini bisa sekalian menjadi pembuktian untuk orang-orang yang pernah menghinamu, kan? Ya, memilih gak menceritakan penghasilan bukan berarti kamu gak percaya diri kok. Justru bukti kamu sudah bisa memilih yang perlu dari yang gak perlu.

Baca Juga: 5 Cara Mengelola Gaji Pertama agar Terhindar dari Penyesalan

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya