Comscore Tracker

6 Kriteria Lingkungan Rumah yang Idaman Banget, Bikin Betah! 

#IDNTimesLife Biar gak salah beli rumah nih 

Tenang, jangan cepat minder atau bersikap sinis ya! Justru kalau saat ini kamu belum punya rumah, wajib banget buat memikirkan lingkungan yang diinginkan. Biar kamu sudah punya gambaran yang lebih jelas saat kelak ada rezekinya.

Sebab seperti yang kita semua tahu, rumah itu gak murah. Jangan sampai cicilan saja belum lunas, tetapi kamu sudah gak betah banget karena faktor lingkungannya. Makanya, yuk, cari tahu lingkungan yang ideal banget buat rumahmu kelak!

1. Bebas banjir, tanah longsor, atau risiko bencana lainnya 

6 Kriteria Lingkungan Rumah yang Idaman Banget, Bikin Betah! Pexels.com/freestockpro

Memang sih, bencana sukar diprediksi. Namun paling gak, kamu tetap mempertimbangkan risiko bencana di suatu tempat. Apakah daerahnya memang langganan banjir? Apakah tanahnya rawan longsor? Dan sebagainya.

Bagaimanapun, fungsi utama rumah adalah memberikan perlindungan untuk penghuninya. Jangan sampai kamu malah jadi merasa gak aman di rumah sendiri. Pun kalau bisa meminimalkan risiko, secara keuangan jelas lebih menguntungkan, kan?

Kamu jadi gak perlu sering-sering memperbaiki rumah. Lebih buruk lagi kalau rumahnya hancur tersapu longsor. Nyawa ikut menjadi taruhan. Kalau kelak kamu akan menjualnya, rumah dengan risiko bencana yang tinggi tentu juga kurang peminat. Atau, ditawar dengan harga murah.

2. Tempat-tempat penting yang terjangkau 

6 Kriteria Lingkungan Rumah yang Idaman Banget, Bikin Betah! Pexels.com/sam-lion

Jika berbagai fasilitas seperti halte, terminal, stasiun, pertokoan, pasar, rumah sakit, dan sekolah cukup dekat dari rumah; tentu akan sangat memudahkan hidupmu. Biaya hidup pun akan ikut turun karena ke mana-mana dekat.

Segalanya menjadi lebih praktis dan ekonomis. Apalagi kalau ada anak kecil di rumah. Di tengah malam membutuhkan apa-apa, kamu bisa cepat mendapatkannya. Hunian di lingkungan yang strategis begini memang harganya tinggi. Namun sepadan, kan?

3. Tingkat kejahatannya rendah 

6 Kriteria Lingkungan Rumah yang Idaman Banget, Bikin Betah! Pexels.com/rodnae-prod

Seperti disebutkan dalam poin pertama, faktor keamanan penting banget saat kamu mempertimbangkan tempat tinggal. Sekalipun minim risiko bencana alam, kalau tindak kejahatan di lingkungan itu begitu sering terjadi, tentu seram bukan?

Terlebih jika kamu tinggal sendirian atau ada anak-anak dan lansia yang sering ditinggal di rumah tanpa penjagaan. Kamu gak bakal bisa tenang. Pergi bekerja gak tenang, tidur di rumah sendiri pun kurang nyenyak.

Baca Juga: Mau Bangun Rumah Ramah Lingkungan, Ini 12 Tips dari Arsitek Ren Katili

4. Tenang tetapi gak terpencil 

6 Kriteria Lingkungan Rumah yang Idaman Banget, Bikin Betah! Pexels.com/harrisonhaines

Tenang di sini banyak artinya. Seperti gak terlalu dekat dengan jalan raya sehingga kamu gak terus terganggu oleh suara kendaraan. Atau, gak ada kebiasaan nongkrong pemuda-pemuda sampai larut malam yang bikin istirahatmu terganggu.

Sebab kegaduhan bisa menimbulkan stres. Meski begitu, usahakan untuk gak memilih rumah yang terpencil ya! Nanti kamu malah kesulitan sendiri kalau hendak bepergian, membutuhkan sesuatu, dan takut kalau tinggal sendiri.

5. Ruang terbuka yang cukup 

6 Kriteria Lingkungan Rumah yang Idaman Banget, Bikin Betah! Pexels.com/samson-katt

Memang gak nyaman kan, kalau terus dikepung dinding-dinding? Bisa kurang sehat juga untuk penghuni rumah. Jadi, ruang terbuka tetaplah penting. Bagaimanapun, manusia gak didesain untuk terus berada di ruang ber-AC.

Kalau ada ruang terbuka yang cukup, sekalipun itu hanya balkon, AC bisa sesekali dimatikan dan udara segar bisa masuk ke rumah. Bagus banget kalau ada taman. Biar bisa jalan-jalan santai atau mengajak anak bermain di luar.

6. Aliran air dan listrik yang lancar 

6 Kriteria Lingkungan Rumah yang Idaman Banget, Bikin Betah! Pexels.com/vlada-karpovich

Repot banget lho, kalau dua hal ini tersendat-sendat. Kalau harus sering membeli air bersih untuk kebutuhan sehari-hari tentu boros. Apalagi kalau anggota keluarga lumayan banyak. Listrik yang sering padam juga bisa mengacaukan pekerjaan.

Gak cuma pekerjaan rumah tangga melainkan juga pekerjaanmu untuk mendapatkan uang kalau kamu bekerja dari rumah. Juga mengganggu belajar anak, kan? Peralatan elektronik pun akan lebih mudah rusak.

Punya rumah di lingkungan yang ideal memang mimpi semua orang sekaligus gak mudah. Kita sering dihadapkan dengan tingginya harga. Namun bukan berarti gak mungkin, kan? Seiring doa dan kerja keras, semoga kelak kamu bisa mewujudkannya ya!

Baca Juga: 5 Cara Menata Tanaman Hias agar Rumah Lebih Segar, Tiap Hari Semangat!

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya