Comscore Tracker

5 Kunci agar Kamu Sulit Dikalahkan dalam Perdebatan

Harus paham topiknya dan gak asal bicara

Walaupun kamu gak suka berdebat, tidak setiap waktu kamu dapat menghindarinya. Terkadang, mau tidak mau kamu harus meladeni teman yang mengajakmu berdebat.

Tentu, kamu juga gak boleh terus mengalah kalau diajak berdebat dengan alasan gak enak hati. Terlebih jika kamu yakin dengan pendapat atau sikapmu. Lantas bagaimana caranya agar kamu gak gampang dikalahkan dalam perdebatan? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Bicaralah berdasarkan fakta

5 Kunci agar Kamu Sulit Dikalahkan dalam Perdebatanilustrasi teman kerja (unsplash.com/thestandingdesk)

Inilah sebabnya, kamu perlu mempersiapkan diri sebelum berdebat. Kamu harus mengumpulkan data dari sumber yang tepercaya sebelum membuat argumen.

Jika kamu menjadi seorang pengambil keputusan di sebuah kelompok, kamu pun harus memutuskannya berdasarkan data dan fakta. Bila ada yang mendebat keputusanmu, kamu jadi sudah siap dengan jawaban-jawabannya.

2. Saat berpendapat, alur berpikirmu mudah dipahami

5 Kunci agar Kamu Sulit Dikalahkan dalam Perdebatanilustrasi menyimak perkataan teman (pexels.com/cristian-rojas)

Di dalam perdebatan pasti gak cuma ada data dan fakta, tetapi juga pendapat. Baik kamu maupun lawan debatmu bakal berusaha mempertahankan pendapat masing-masing.

Posisimu akan lebih kuat dan pendapat terdengar meyakinkan jika alur berpikirmu rapi dan logis. Sebaliknya, apabila pendapatmu kurang logis, lawan debatmu pasti akan memanfaatkan celah itu untuk mengalahkan pendapatmu.

Kalau alur berpikirmu mudah diikuti siapa saja, bukan tidak mungkin lawan debatmu justru akhirnya setuju denganmu. Perdebatan pun menjadi tidak berkepanjangan.

Baca Juga: 5 Cara Sikapi Beda Pendapat Dengannya, Gak Perlu Berdebat Berlebihan

3. Punya lebih banyak ilmu dan pengalaman daripada lawan debatmu

5 Kunci agar Kamu Sulit Dikalahkan dalam Perdebatanilustrasi perdebatan (pexels.com/mikhail-nilov)

Penting untuk kamu mengukur siapa lawan debatmu. Kalau ilmu dan pengalamannya jauh melebihi dirimu, lebih baik gak usah berdebat dengannya, deh. Nanti kamu malu sendiri bila sampai kalah telak.

Hal yang sama juga dirasakan oleh lawan debatmu. Walaupun dia keras kepala, dia gak bakal mampu mematahkan pendapatmu jika kamu menguasai ilmu terkait topik yang diperdebatkan dan punya banyak pengalaman. Secara teori maupun praktik, kamu sudah mumpuni. 

4. Kamu tipe yang gak peduli perkataan orang lain

5 Kunci agar Kamu Sulit Dikalahkan dalam Perdebatanilustrasi dua pria (unsplash.com/wflwong)

Kamu memang tidak bisa begitu saja meninggalkan orang yang mengajakmu berdebat. Akan tetapi, jika kamu tidak cukup peduli dengan pendapatnya, dia bisa apa?

Dia berusaha mengotot sampai seperti apa pun, kamu tidak akan goyah dengan pendapatmu sendiri. Bukan kamu yang akhirnya mengikutinya melainkan dia yang lama-kelamaan capek sendiri untuk mengajakmu berdebat.

5. Sampaikan argumen dengan tenang

5 Kunci agar Kamu Sulit Dikalahkan dalam Perdebatanilustrasi sekelompok teman (unsplash.com/elsbethcat)

Perdebatan tentang apa pun dan dengan siapa pun memang rawan memancing emosi. Padahal kalau sudah emosi, kamu menjadi sulit mencermati cacat logika pada pendapat lawan debatmu.

Kamu jadi gak bisa memanfaatkannya untuk memenangkan perdebatan. Bukannya menang, kamu malah mungkin cuma bertengkar dengannya.

Walaupun lima hal di atas dapat membuatmu memenangkan perdebatan, sebisa mungkin jangan mempermalukan lawan debatmu, ya. Rangkullah dia dan katakan kamu selalu menghargai pendapatnya yang berbeda dari pendapatmu.

Baca Juga: 5 Cara Hindari Perdebatan dengan Orang Kolot, Berikan Respek

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya