Comscore Tracker

5 Kunci Membulatkan Tekadmu untuk Berjuang sampai Sukses

#IDNTimesLife Gak semua orang tahu ini

Semua orang pasti ingin mencapai kesuksesan. Namun tekad dalam diri rasanya terlalu sering maju mundur. Apalagi setelah merasakan betapa prosesnya amat tidak mudah.

Baru sedikit melangkah, sudah dihantam kegagalan. Terus saja begitu sampai kamu jadi berpikir untuk gak usah lagi berharap jadi orang sukses, ikuti saja ke mana cerita hidup membawamu.

Kamu gak boleh menyerah semudah itu, ya! Yang kamu butuhkan adalah menguatkan tekadmu dari waktu ke waktu. Bagaimana caranya? Simak ulasannya berikut ini!

1. Fokus pada apa yang bisa kamu lakukan dengan sangat baik

5 Kunci Membulatkan Tekadmu untuk Berjuang sampai SuksesUnsplash.com/anubhawalia

Tidak seorang pun terlahir untuk menjadi hebat di segala bidang. Jadi, kamu pun pasti hanya akan menguasai beberapa bidang saja. Kamu harus mencari tahu bidang apakah itu biar gak buang-buang waktu.

Selama kamu belum tahu kemampuan terbaikmu di mana, kamu hanya akan terus bertemu kegagalan. Saat kamu sudah tahu kemampuan terbaikmu, kamu juga akan tetap menemui kegagalan. Namun kamu lebih cepat mempelajari letak kesalahannya sehingga usahamu menjadi makin baik dari waktu ke waktu.

2. Bayangkan masa lalumu, masa kini, dan masa depan yang diinginkan

5 Kunci Membulatkan Tekadmu untuk Berjuang sampai SuksesUnsplash.com/ramm_

Jika kamu sejak dahulu selalu dihina orang, apakah kamu ingin selamanya diperlakukan seperti itu? Jika kamu dahulu berjaya lalu sekarang ambruk, apakah kamu gak ingin bersinar lagi?

Jika kamu sekarang belum punya apa-apa, apakah seumur hidup kamu gak ingin berkesempatan memilikinya? Jika hari ini kamu dilimpahi berbagai fasilitas, apakah kamu akan menyia-nyiakannya selagi banyak orang yang gak seberuntung kamu rela berjuang sampai titik darah penghabisan dengan modal dengkul?

Lalu sebagai akhir dari kisah hidupmu, masa tua seperti apa yang kamu harapkan? Sengsara atau bahagia? Menjadi beban semua orang atau masih bisa cukup mandiri bahkan memberi?

3. Bekerja, belajar, dan berdoa dalam diam adalah senjata yang paling ampuh

5 Kunci Membulatkan Tekadmu untuk Berjuang sampai SuksesUnsplash.com/tuanvy

Berhentilah sesumbar. Tak seorang pun membutuhkan penjelasan tentang siapa kamu dan apa saja yang akan kamu lakukan dalam hidupmu. Cukup kerjakan semuanya dalam hening sampai satu per satu yang diinginkan terwujud.

Saat semua itu sudah menjadi nyata, orang lain otomatis akan mendefinisikan ulang siapa dirimu sesungguhnya. Sebaliknya jika kamu terlalu banyak bicara, suatu saat sangat mungkin kamu hanya akan dipermalukan orang karena tak satu pun dari yang kamu katakan benar-benar terwujud.

Baca Juga: Tanpa Sadar, 5 Perjuangan Kecil yang Bisa Bikin Hubungan Langgeng

4. Tak ada waktu untuk merecoki perjalanan orang lain menuju kesuksesan, konsentrasi penuh pada hidupmu sendiri

5 Kunci Membulatkan Tekadmu untuk Berjuang sampai SuksesUnsplash.com/gift_habeshaw

Tugasmu adalah mengantarkan diri sendiri pada kesuksesan. Bukan menghambat kesuksesan orang lain. Dia mungkin saja jadi batal sukses karena ulahmu. Namun itu juga gak akan membuatmu lebih hebat darinya.

Kalau kamu sempat merasa lebih unggul, itu hanyalah pencapaian yang semu. Dunia tidak pernah berpihak pada orang jahat sekeras apa pun usaha yang dilakukan. Jadi, fokus saja pada perjalanan menuju kesuksesanmu sendiri. 

5. Mulai saat ini juga atau tidak sama sekali

5 Kunci Membulatkan Tekadmu untuk Berjuang sampai SuksesUnsplash.com/lorencutler

Hapus kata 'nanti', 'besok', dan yang semacamnya. Hanya ada sekarang juga atau tidak sama sekali. Setiap penundaan hanyalah tanda makin mengecilnya peluang kesuksesanmu. 

Sebaliknya, begitu kamu memulai, akan lebih sulit untukmu bisa dihentikan. Sampai kamu menjadi makin dekat lalu benar-benar tiba di titik tujuan. Itulah keajaiban memulai. Maka tegaslah pada diri sendiri dan beranikan dirimu.

Sukses memang tidak pernah instan. Tidak ada jalan bebas hambatan untuk mencapainya. Akan tetapi dengan menerapkan kelima hal di atas, itu jelas bukan lagi sesuatu yang mustahil untukmu.

Baca Juga: 5 Film Inspiratif tentang Perjuangan Kelas Sosial yang Bikin Menohok

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya