Comscore Tracker

5 Kunci supaya Kamu Gak Gampang Merasa Dikecewakan Orang 

#IDNTimesLife Gak selalu orang lain yang salah, kan? 

Pikiran dan perasaan jelas sama pentingnya. Kalau kamu terlalu logis dan meninggalkan perasaan, kamu akan tampil sebagai orang yang kaku bahkan mungkin kasar. Empatimu pada siapa pun menjadi kurang.

Sebaliknya, jika kamu hanya memperturutkan perasaan, kamu akan sering bersikap lebay menghadapi apa pun. Termasuk, dalam merasa sudah dikecewakan oleh orang lain. Kamu mungkin akan kerap menyalahkan orang-orang dan kamu sendiri jadi gak bahagia.

Kamu gak bisa terus begini. Ini buruk untukmu, orang lain, dan hubungan kalian. Untuk menghentikan perasaan selalu dikecewakan orang, 5 hal ini betul-betul harus kamu terapkan!

1. Jangan menaruh harapan terlalu besar pada siapa pun 

5 Kunci supaya Kamu Gak Gampang Merasa Dikecewakan Orang Unsplash.com/visualsbytyy

Jika kamu ingin orang lain dapat memenuhi harapanmu, satu hal penting yang harus terlebih dahulu dilakukan ialah menyederhanakan harapanmu padanya. Misal, dengan pasangan.

Janganlah mengharapkannya memberimu kehidupan mewah padahal kamu juga tahu dia gak berasal dari keluarga yang warisannya gak habis untuk tujuh turunan. Sama seperti orang kebanyakan, dia harus memulai kariernya dari nol.

Sederhanakan harapanmu dengan memintanya untuk gak meninggalkan kewajibannya berbagi biaya hidup denganmu. Dengan harapan sesimpel ini, dia gak akan merasa terbebani. Kamu pun gak perlu cemas akan terlalu kecewa di kemudian hari.

2. Jangan mudah termakan janji-janji 

5 Kunci supaya Kamu Gak Gampang Merasa Dikecewakan Orang Unsplash.com/drewpatrickmiller

Janji-janji memang melambungkan harapanmu. Makin muluk janjinya, makin kamu membayangkan seandainya itu menjadi nyata. Padahal, yang kerap terjadi justru sebaliknya.

Kian muluk dan banyak janji yang diberikan orang padamu, kian mungkin pada akhirnya gak ditepati. Sebenarnya wajar sih. Siapa juga yang gak kepayahan menepati janji semuluk dan sebanyak itu? Namun saat kamu sudah terbuai, kamu lupa akan hal ini.

3. Jangan berharap orang lain otomatis mengerti keinginanmu tanpa kamu pernah mengatakannya dengan jelas 

5 Kunci supaya Kamu Gak Gampang Merasa Dikecewakan Orang Unsplash.com/visualsbytyy

Apakah kamu tipe orang yang lebih suka menggunakan kode-kode? Atau malah gak kasih kode apa-apa, tetapi berpikir seharusnya orang lain sudah paham? Mulai sekarang, hindari cara berkomunikasi gak jelas begini ya!

Bagaimana mereka akan bisa mengerti keinginanmu jika kamu gak mengatakannya? Bahkan meski kamu sudah memberi kode, gak semua orang sepeka itu. Atau mereka tahu kamu menginginkan sesuatu, tetapi salah memahami yang menjadi keinginanmu.

Malah jadi ribet, kan? Makanya, kalau kamu mengharapkan sesuatu dari orang lain, langsung bilang saja deh. Biar jelas.

Baca Juga: 5 Sikapmu Ini Bikin Pasangan Kecewa Karena Keberadaannya Gak Dianggap

4. Bahkan jika kamu sudah mengatakannya, jangan mewajibkan orang lain untuk memenuhinya 

5 Kunci supaya Kamu Gak Gampang Merasa Dikecewakan Orang Unsplash.com/rose_thayer

Bagaimanapun, kamu harus mengerti bahwa mungkin saja orang lain gak bisa atau gak mau memenuhi apa pun yang menjadi keinginanmu. Kalau mereka gak bisa, pahamilah kondisi yang membuat mereka gak bisa. Jangan cuma menghakimi.

Sedang jika mereka sebenarnya bisa tetapi memang gak mau memenuhi harapanmu, tentu ada alasannya. Cobalah menanyakannya agar kamu mengerti dan jangan lupa untuk tetap menghargainya. Itu memang hak mereka, kan?

5. Menjadi lebih mandiri mengurangi keinginan bawah sadarmu agar orang lain melakukan ini itu untukmu 

5 Kunci supaya Kamu Gak Gampang Merasa Dikecewakan Orang Unsplash.com/jdweiher

Makin kamu manja, makin besar tuntutanmu pada orang-orang di sekitarmu. Kamu ingin mereka melakukan ini itu untukmu. Lumrah jika ujung-ujungnya kamu menelan banyak kekecewaan.

Sebanyak tuntutanmu pada mereka. Sebanyak orang yang menjadi targetmu. Mereka juga capek kalau harus selalu memenuhi keinginanmu. Maka lama-kelamaan mereka akan bersikap masa bodoh padamu.

Jadi jelas kan, bahwa perasaan kecewamu pada orang lain bisa jadi justru bersumber dari diri sendiri? 5 hal di atas mencegahmu dari kekecewaan yang gak perlu.

Baca Juga: Jangan Sedih, 5 Cara Mengurangi Kecewa saat Realita Tak Sesuai Rencana

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya