Comscore Tracker

5 Manfaat yang Dirasakan Saat Berpikiran Terbuka, Gak Ada Ruginya! 

Gak akan benci setengah mati sama orang lain

Berpikiran terbuka itu tak mudah, lho. Pasalnya manusia punya kecenderungan merasa dirinya paling benar. Padahal berpikiran terbuka sangat bermanfaat untuk diri kita sendiri. Ya, kita belajar berpikiran terbuka bukan dalam rangka menyenangkan orang lain melainkan utamanya untuk pengembangan karakter diri sendiri.

Percaya deh, bakal ada banyak manfaat baik yang akan kamu terima ketika berani berpikiran terbuka. Apa saja sih?

1. Mudah diterima dalam berbagai pergaulan 

5 Manfaat yang Dirasakan Saat Berpikiran Terbuka, Gak Ada Ruginya! Unsplash.com/sincerelymedia

Saat kita berpikiran terbuka, banyak orang akan merasa nyaman berada di dekat kita. Mereka tidak perlu takut akan dihakimi karena memiliki perbedaan dengan kita. Dengan sendirinya, pikiran yang terbuka akan membuat kita lebih ramah pada siapa pun. Kita pun jadi terbiasa untuk menerima setiap orang dengan berbagai latar belakang.

2. Gampang dan makin bersemangat menimba pengetahuan baru 

5 Manfaat yang Dirasakan Saat Berpikiran Terbuka, Gak Ada Ruginya! Unsplash.com/mimithian

Kita selalu dalam kondisi sadar bahwa sebanyak apa pun yang telah kita ketahui, masih lebih banyak lagi yang belum diketahui. Hal ini yang bikin jadi lebih bersemangat mempelajari apa pun. Kita tidak lagi menyepelekan sesuatu dengan membatin, ‘Ah, kalau cuma begitu sih, aku juga sudah tahu.

3. Selalu bisa menemukan sisi positif dalam diri orang lain 

5 Manfaat yang Dirasakan Saat Berpikiran Terbuka, Gak Ada Ruginya! Unsplash.com/brucemars

Kemampuan berpikiran terbuka juga akan memengaruhi cara kita melihat orang lain. Kita tidak menafikan adanya sisi negatif dalam diri semua orang tak terkecuali diri kita sendiri. Namun kita bisa mengimbanginya dengan melihat sisi-sisi positif orang lain dan mengapresiasinya.

Positifnya, kita jadi tidak pernah bersikap antipati pada siapa pun. Bahkan, selalu merasakan atmosfer yang positif karena hampir gak pernah berprasangka buruk.

Baca Juga: Yuk, Terapkan! 5 Cara Sederhana agar Menjadi Orang yang Open Minded

4. Bisa menerima perbedaan pendapat dan tak merasa diri sendiri paling benar 

5 Manfaat yang Dirasakan Saat Berpikiran Terbuka, Gak Ada Ruginya! Unsplash.com/omidarmin

Dengan berpikiran terbuka, kita bisa melihat begitu banyak kebenaran lain dari yang selama ini kita yakini. Bukan berarti kita lantas terombang-ambing dan tak punya sikap ya. Namun kita jadi sadar tidak perlu memaksakan pendapat kita pada orang lain. Sebab dengan alasan masing-masing, pendapat kita semua bisa jadi sama benarnya.

5. Punya lebih dari satu solusi dan terawatnya harapan 

5 Manfaat yang Dirasakan Saat Berpikiran Terbuka, Gak Ada Ruginya! Unsplash.com/rainierridao

Berpikiran terbuka berarti punya daya tampung yang amat luas untuk berbagai informasi dan kemungkinan. Itu akan sangat membantu saat kita berhadapan dengan masalah.

Semua informasi dan kemungkinan itu bisa kita olah sampai mengantarkan kita pada lebih dari satu solusi untuk berjaga-jaga. Seiring dengan banyaknya solusi cadangan, kita tentu akan lebih mampu merawat harapan.

Dengan manfaat sebesar itu, ayo kita berlomba-lomba membebaskan diri dari pikiran yang sempit mulai sekarang!

Baca Juga: Ingin Jadi Orang yang Open Minded? Yuk Lakukan 5 Hal Positif Ini!

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya