Comscore Tracker

Bukan Cuma Jumlah Uangnya, Ini 5 Manfaat Lain Membiasakan Menabung 

Membantu mendefinisikan ulang kebahagiaanmu

Saat kita kecil, biasanya kita sudah diajarkan oleh orangtua maupun guru untuk rajin menabung. Tetapi makin kita besar, menabung ternyata makin menjadi tantangan ya? Selain banyaknya kebutuhan yang mesti dicukupi, gak sedikit juga belanja ‘kecil-kecilan’ yang setelah ditotal ternyata secara signifikan menambah pengeluaran kita.

Gak jarang, setelah dewasa kita juga malah menjadi sinis dengan nasihat menabung. Berpikir membiasakan menabung itu tak ubahnya kekangan. Hidup cuma satu kali seperti gak boleh bersenang-senang.

Kesannya malah seperti orang pelit, menimbun harta terus. Padahal menabung itu bukan cuma soal berapa uang yang akhirnya bisa dikumpulkan. Ada banyak manfaat lain seperti di bawah ini.

1. Lebih menghargai apa yang kamu dapatkan

Bukan Cuma Jumlah Uangnya, Ini 5 Manfaat Lain Membiasakan Menabung Unsplash.com/calebjamesfisher

Menabung itu seperti pemberhentian. Biar uang yang kamu dapatkan gak langsung pergi lagi untuk ini itu. Dengan begini, kamu akan lebih merasakan baru mendapatkan rezeki baik besar maupun kecil.

Lain dengan jika kamu gak punya kebiasaan menabung. Sebesar apa pun uang yang didapatkan kayak gak ada rasanya karena cuma menumpang lewat. Jadi mengurangi kepuasanmu, kan?

2. Makin paham bahwa kebahagiaanmu gak ditentukan oleh banyaknya uang yang bisa dibelanjakan 

Bukan Cuma Jumlah Uangnya, Ini 5 Manfaat Lain Membiasakan Menabung Unsplash.com/natan_yakobs

Hayo, siapa nih, yang tangannya gatal banget kalau melihat uang menganggur? Bawaannya ingin cepat-cepat menggunakannya sampai habis. Setelah habis baru bingung atau minimal menyesal. Kalau saja dari uang sebanyak itu ada yang bisa kamu sisakan.

Jika begini, artinya kebahagiaanmu saat membelanjakannya cuma bersifat sesaat. Bila kamu ingin terus bahagia, kamu juga harus terus berbelanja. Masalahnya, penghasilanmu pasti ada batasnya, kan? Sementara membiasakan diri menabung akan membuatmu lebih mudah merasa cukup.

3. Bisa belajar menetapkan prioritas 

Bukan Cuma Jumlah Uangnya, Ini 5 Manfaat Lain Membiasakan Menabung Unsplash.com/natan_yakobs

Kalau sudah terbiasa menabung, kamu pasti jago melihat kembali apa-apa yang dibutuhkan dan urgensinya. Yang bukan prioritas bisa dengan mudah ditunda atau bahkan dibatalkan agar kamu tetap bisa menabung.

Lain bila kamu gak biasa menabung. Semua malah terasa wajib dipenuhi saat itu juga. Akibatnya, tak jarang uangmu habis untuk hal-hal yang gak penting dan yang penting malah terabaikan. Sering begini?

Baca Juga: Beda Menabung Vs Investasi, Cuan yang Mana, nih?

4. Bisa bekerja dengan lebih tenang karena punya tabungan untuk berjaga-jaga 

Bukan Cuma Jumlah Uangnya, Ini 5 Manfaat Lain Membiasakan Menabung Pixabay.com/raeng_publications-11384528

Bayangkan jika gak lama setelah mendapatkan gaji, uangmu sudah habis. Baru sampai tengah bulan, kamu sudah sangat gak sabar sampai ke bulan berikutnya untuk mendapatkan gaji lagi. Setiap hari rasanya ketar-ketir kalau-kalau ada kebutuhan mendesak.

Dengan apa kamu akan memenuhinya? Ini belum terjadi saja, pikiranmu sudah ke mana-mana. Jelas sedikit banyak akan mengganggu konsentrasimu dalam bekerja. Dan bila betul-betul ada kebutuhan mendesak, habis sudah! Ide satu-satunya tentu meminjam ke orang lain. Ya kalau ada yang meminjami. Kalau gak?

5. Mengurangi ketergantungan pada orang lain saat kondisi sulit melanda 

Bukan Cuma Jumlah Uangnya, Ini 5 Manfaat Lain Membiasakan Menabung Unsplash.com/riccardoagostinelli

Ini nih, manfaat penting dari menabung biar kamu gak terjebak situasi seperti dalam poin 4. Kalau sudah rutin menabung dan makin besar penghasilan yang bisa disisihkan, jadi makin aman dari kemungkinan mencari pinjaman. Gak enak juga kan, kalau terus meminjam uang atau apa pun pada orang lain?

Jika sering meminjam uang, kemampuanmu mencari dan mengelola uang pasti akan dipertanyakan orang-orang. Makin celaka jika pemberi pinjaman menetapkan bunga. Berapa pun itu, jelas menambah beban keuanganmu bukan?

Yang bikin menabung tampak sulit biasanya karena kamu sudah membayangkan nilainya harus besar. Padahal kamu bisa memulainya dengan menabung uang receh di rumah. Kalau sudah banyak baru ditabung di bank.

Atau sesimpel memantau jumlah transferan dan penarikan uang dari rekeningmu. Pastikan setiap bulannya kamu gak menarik uang melebihi atau sama dengan jumlah transferan. Selisih sedikit pun lama-kelamaan akan menjadi bukan, kan? Yuk, biasakan menabung untuk masa depan yang lebih aman.

Baca Juga: 5 Alasan Masuk Akal Mengapa Kamu Harus Konsisten dalam Menabung Uang

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya