Comscore Tracker

6 Manfaat Membiasakan Bangun Pagi, Jangan Malas ya!

#IDNTimesLife Biar rezekinya gak dipatuk ayam

Hayo, siapa nih, yang masih susah banget buat bangun pagi? Jangankan hari libur, hari kerja pun selalu bangun kesiangan. Pokoknya, kalau langit belum terang benderang masih nempel terus di kasur.

Kalau kamu juga begini, mulai sekarang belajarlah lebih disiplin bangun pagi. Cobalah tidur malam lebih awal biar otomatis terbangun saat istirahatmu sudah cukup. Berikut enam manfaat yang akan langsung kamu rasakan saat bisa bangun pagi.

1. Gak tergesa-gesa pergi ke kantor

6 Manfaat Membiasakan Bangun Pagi, Jangan Malas ya!Unsplash.com/thevantagepoint718

Siapa nih, yang setiap pagi buru-buru banget pergi ke kantor? Jantung deg-degan terus karena takut telat. Atau malah sudah sering banget terlambat? Gak cuma itu. Saking tergesa-gesanya; berkas-berkas pekerjaan, dompet, atau ponsel juga kerap tertinggal di rumah.

Ini artinya, kamu sebenarnya butuh waktu lebih untuk bersiap-siap pergi kerja dan menempuh perjalanan. Apalagi kalau kantormu lumayan jauh. Kamu juga masih harus mengantisipasi halangan yang mungkin terjadi di jalan, kan? Bangun lebih awal akan menghindarkanmu dari berbagai drama di pagi hari.

2. Bekerja dari rumah pun, konsentrasi masih maksimal

6 Manfaat Membiasakan Bangun Pagi, Jangan Malas ya!Unsplash.com/purzlbaum

Bangun pagi gak cuma penting buat orang yang harus pergi ke kantor, lho. Kalau kamu bekerja dari rumah, kamu juga tetap harus membiasakan diri bangun pagi. Di pagi hari, suasana biasanya masih tenang.

Tetangga-tetangga mungkin masih terlelap, begitu juga anggota keluargamu terutama yang masih kecil. Jalan di depan rumah atau kos-kosan pun masih lengang. Pikiranmu juga belum ribet oleh berbagai hal sehingga bisa lebih fokus. Ini menjadi kesempatan terbaik untukmu mulai bekerja.

3. Punya waktu untuk melakukan beberapa hal sebelum bekerja

6 Manfaat Membiasakan Bangun Pagi, Jangan Malas ya!Unsplash.com/dels

Kalau kamu gak suka bangun tidur langsung bekerja juga gak masalah. Bangun pagi tetap ada manfaatnya. Sebelum bekerja, kamu jadi bisa melakukan serangkaian 'pemanasan'. Seperti berolahraga, menyiram tanaman, bersih-bersih rumah, dan tentunya menyiapkan sarapan.

Coba kalau bangunmu terlambat. Mana sempat untuk melakukan semua itu? Padahal semua kegiatan itu juga penting. Selain untuk menjaga kesehatan fisik dan rumah tetap bersih, juga untuk menjaga keseimbangan dalam hidupmu. Biar isi harimu gak cuma pekerjaan.

Baca Juga: [PUISI] Selamat Pagi

4. Udara segarnya juga sayang banget buat dilewatkan

6 Manfaat Membiasakan Bangun Pagi, Jangan Malas ya!Unsplash.com/jackdelulio

Terutama buat kamu yang tinggal di kawasan perkotaan. Siang sedikit pasti udara sudah terasa gak enak. Panas, berdebu, dan bau asap knalpot. Satu-satunya kesempatan untuk menikmati udara segar ya cuma di pagi hari.

Gak mungkin juga kan, kamu menikmatinya saban tengah malam? Bukannya terasa segar malah masuk angin. Dengan bangun lebih pagi, kamu bisa jalan-jalan sebentar di sekitar rumah dan membuka semua jendela lebar-lebar. Ini akan membuatmu lebih sehat dan membantumu mempertahankan energi positif sepanjang hari.

5. Semua agenda hari itu bisa terlaksana

6 Manfaat Membiasakan Bangun Pagi, Jangan Malas ya!Unsplash.com/somnoxsleep

Seiring banyaknya tugasmu setiap hari, tentu kamu butuh waktu lebih untuk bisa menyelesaikan semuanya. Kalau bangunmu telat, kemungkinannya hanya dua. Kamu jadi harus lembur sampai larut malam atau tugas-tugasmu gak akan selesai.

Lembur terus jelas buruk buat kesehatanmu. Juga mengganggu kebersamaanmu dengan keluarga. Sedang kalau tugas sering gak terselesaikan tepat waktu, kamu jelas akan dinilai gak profesional. Kebiasaan sesederhana bangun pagi bisa menyelamatkanmu dari risiko-risiko tersebut.

6. Kepuasan tersendiri di akhir hari

6 Manfaat Membiasakan Bangun Pagi, Jangan Malas ya!Unsplash.com/tiomp

Lanjutan dari poin sebelumnya nih. Jika semua agendamu berjalan baik, tentu kamu akan merasa puas. Di akhir hari gak ada lagi yang mengganjal di pikiranmu. Kamu bisa beristirahat dengan tenang. 

Bangun lebih pagi dan mulai bekerja lebih awal juga memungkinkanmu mengakhiri pekerjaan lebih cepat. Kamu jadi punya waktu lebih bersama keluarga. Masih lajang pun, kamu jadi bisa bersantai dan menyalurkan hobi.

Bangun pagi memang soal kebiasaan. Kalau kamu belum terbiasa pasti akan terasa susah. Bahkan untuk mengubah kebiasaan tidur malam menjadi lebih awal pun gak mudah. Namun seiring pertambahan usia dan tanggung jawab, kamu harus mau belajar bangun pagi biar terhindar dari kemalasan. Cepat dimulai ya!

Baca Juga: 9 Cara Bikin Mood Jadi Rajin di Hari Weekend, Jangan Mager Dong!

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya