Comscore Tracker

6 Manfaat Menyibukkan Diri di Usia Muda, Buatlah Waktumu Berharga!

Kamu bisa bekerja dan berkegiatan positif lainnya

Masa muda itu bukan waktunya berpangku tangan, ya? Memang, ini masa yang seru buat menikmati hidup. Namun, salah satu cara terpenting dan jelas bermanfaat untuk menikmati hidup adalah dengan menyibukkan diri.

Di usia produktif, sudah pasti kamu perlu bekerja. Juga melakukan kegiatan-kegiatan positif lainnya di waktu luangmu. Pokoknya, jangan sampai waktumu berlalu begitu saja. Dan inilah enam manfaat yang akan diperoleh. Apa saja?

1. Bisa mencoba beberapa jenis pekerjaan sampai menemukan yang paling sesuai

6 Manfaat Menyibukkan Diri di Usia Muda, Buatlah Waktumu Berharga!Unsplash.com/joegeek

Ya, menemukan pekerjaan yang sesuai untukmu itu butuh waktu, lho. Kalau kamu mencoba bekerjanya nanti-nanti saja, kamu gak akan punya waktu yang cukup buat berganti-ganti pekerjaan. Bukan berarti kamu wajib berganti-ganti pekerjaan, sih.

Kalau pertama bekerja sudah merasa cocok, tentu sebaiknya diteruskan saja. Namun bila memang belum cocok secara penghasilan, beban kerja, serta bidangnya; kamu jadi lebih tahu seperti apa pekerjaan yang kamu inginkan. Tinggal mencari sampai dapat, deh.

2. Bisa membeli sendiri apa yang kamu mau

6 Manfaat Menyibukkan Diri di Usia Muda, Buatlah Waktumu Berharga!Unsplash.com/kazuo513

Dengan kesibukan bekerja seperti dalam poin pertama, apa-apa yang diinginkan lebih mungkin menjadi nyata. Gak perlu lagi minta uang pada orangtua atau siapapun. Kamu punya penghasilan sendiri yang bisa dipakai untuk membeli ini itu.

Bayangkan kalau kamu terus bergantung pada orang lain soal keuangan. Gak bebas, kan? Tentu saja penghasilanmu juga wajib dikelola dengan baik biar kamu gak boros. Namun rasanya puas banget lho, bisa membeli sendiri ini itu.

Baca Juga: Tips Merencanakan Keuangan untuk Kamu yang Mau Nikah Muda

3. Jadi gak sering galau, apalagi soal status jomlo

6 Manfaat Menyibukkan Diri di Usia Muda, Buatlah Waktumu Berharga!Unsplash.com/kazuo513

Dengan seabrek kesibukan baik terkait pekerjaan, kegiatan sosial, dan lainnya; kamu jadi gak punya waktu lagi buat memikirkan hal-hal yang sebenarnya kurang penting. Seperti status jomlomu.

Kamu gak akan merasa kesepian apalagi termakan omongan orang bahwa kamu harus segera punya pacar. Punya pacar atau gak, yang penting kamu masih bermanfaat untuk hidupmu sendiri maupun orang lain.

4. Membentukmu menjadi sosok yang praktis dan independen

6 Manfaat Menyibukkan Diri di Usia Muda, Buatlah Waktumu Berharga!Unsplash.com/kazuo513

Kalau sudah terbiasa sibuk, kamu akan jago mengatur waktu dan prioritas. Merumitkan urusan juga sama sekali bukan sifatmu. Yang terjadi, justru menyederhanakannya biar semua bisa terselesaikan tepat waktu.

Kamu akan mahir mengambil keputusan. Gak gampang bingung dan dipengaruhi oleh siapapun. Apalagi cuma dimanfaatkan orang. Kamu juga akan terlepas dari belenggu-belenggu pikiran yang menghambat langkahmu.

5. Diharapkan bisa sukses di usia muda

6 Manfaat Menyibukkan Diri di Usia Muda, Buatlah Waktumu Berharga!Unsplash.com/convertkit

Gak ada yang tahu pasti kapan seseorang akan mencapai titik terbaik dalam hidupnya. Namun kamu juga tahu, kan, bila mencapai kesuksesan itu gak pernah gampang?

Maka bila kamu memulai perjalananmu sejak muda, diharapkan kamu juga akan lebih cepat sampai. Justru mumpung masih muda, energimu masih penuh untuk melakukan berbagai upaya terbaik yang mendekatkanmu pada kesuksesan.

6. Menghindari penyesalan di hari tua

6 Manfaat Menyibukkan Diri di Usia Muda, Buatlah Waktumu Berharga!Unsplash.com/fatboys

Berkebalikan dengan penjelasan poin sebelumnya, nih. Suka gak suka, di masa tua kamu akan mendapati banyak hal telah hilang dari dirimu. Energimu sudah jauh berkurang ketimbang saat muda.

Fisikmu melemah, pikiranmu berkurang ketajamannya, dan tentunya waktumu gak banyak lagi. Ini masa paling rawan untukmu menyesali masa muda yang gak dimanfaatkan dengan baik.

 

Terlalu santai melewatkan masa muda apalagi mengisinya dengan hal-hal negatif akan menjadi penyesalan terbesar. Maka meski masa tuamu tampaknya masih jauh sekali, jangan terlena, ya.

Kalau sudah telanjur menua, mustahil untuk siapa pun bisa kembali muda lagi, kan. Maka sekarang juga, sibukkan dirimu dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat.

Baca Juga: Ingin Berkarier di Usia Muda? 5 Tips Asah Passionmu Sejak Dini

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya