Comscore Tracker

5 Cara Mengembalikan Kepercayaan Diri setelah Diremehkan, Makin Hebat!

Jangan terpuruk terus

Diremehkan orang dalam hal apa pun memang gak enak. Apalagi kalau dilakukan di depan orang banyak. Kepercayaan dirimu bisa seketika menguap.

Gak cuma kesal atau sedih, kamu juga akan merasa sangat malu. Akan tetapi kondisimu gak boleh terus begini. Kamu harus berusaha memulihkan bahkan meningkatkan kepercayaan diri dengan lima cara berikut ini:

1. Pahami bahwa diremehkan gak menurunkan kualitas diri dan hidupmu yang sesungguhnya

5 Cara Mengembalikan Kepercayaan Diri setelah Diremehkan, Makin Hebat!Unsplash.com/ismadragon

Rasa malumu wajar. Namun mengertilah, dipandang rendah oleh orang lain itu gak berarti kamu memang rendah, kok. Bisa jadi itu hanya menunjukkan dangkalnya cara pandang dia tentang orang lain.

Dia punya definisi yang berbeda denganmu soal kesuksesan, kerupawanan, dan sebagainya. Ini sebenarnya hal yang biasa. Hanya saja dia gak bijaksana dalam bersikap. Jadi, cobalah lebih santai dan gak termakan hinaannya.

2. Meski demikian, tetap pikirkan kenapa dia sampai bersikap begitu padamu

5 Cara Mengembalikan Kepercayaan Diri setelah Diremehkan, Makin Hebat!Unsplash.com/mundodeparra

Mau sama sekali gak peduli tentu gak bisa, kan? Kamu telanjur mendengar ucapannya yang sangat merendahkanmu. Maka yang bisa kamu lakukan adalah mengarahkan kepedulianmu pada hal yang lebih positif.

Yaitu bukan sekadar merasa sakit hati, melainkan cobalah merenung. Apakah memang ada dasar yang kuat untuknya meremehkanmu? Apakah itu masih bisa diperbaiki biar lain kali kamu lebih dihargai orang? 

Baca Juga: 5 Alasan Harus Tetap Semangat Meski Impianmu Diremehkan Orang Lain

3. Kamu mungkin gak siap bertemu dengannya dalam waktu dekat, tetapi jangan selamanya menghindar

5 Cara Mengembalikan Kepercayaan Diri setelah Diremehkan, Makin Hebat!Unsplash.com/mak_jp

Pedas ucapannya tentu bikin kamu trauma. Kalau mengikuti perasaan, mungkin kamu gak mau lagi bertemu dengannya. Entah lebih karena marah padanya atau merasa sangat minder.

Apa pun itu, kamu gak bisa dan gak boleh selamanya sengaja menghindarinya. Nanti kamu malah dikira takut lalu dia akan makin meremehkanmu.

Belum lagi jika yang meremehkanmu gak cuma satu orang melainkan banyak. Masa iya kamu akan menghindari semuanya? Bisa-bisa kamu malah mengucilkan diri. Hadapi dengan berani.

4. Seleksi ulang teman-teman terdekatmu

5 Cara Mengembalikan Kepercayaan Diri setelah Diremehkan, Makin Hebat!Unsplash.com/elevatebeer

Tanpa pengalaman buruk yang bikin trauma, pertemananmu mungkin acak saja. Kamu gak memberi batas yang jelas antara teman yang selalu berenergi positif dengan yang toksik.

Nah, setelah kamu diremehkan, kamu jadi langsung bisa menyingkirkannya dari lingkaran pertemanan terdekatmu. Juga orang-orang berenergi negatif lainnya. Biar lingkar pertemanan terdekatmu sepenuhnya berisi orang-orang baik.

5. Terus tingkatkan kemampuan diri dan tunjukkan dia keliru tentangmu

5 Cara Mengembalikan Kepercayaan Diri setelah Diremehkan, Makin Hebat!Unsplash.com/mathildelangevin

Kalau kemampuan dirimu terus ditingkatkan, otomatis kualitas diri dan hidupmu secara keseluruhan juga akan naik. Siapa pun jadi berpikir seribu kali bila hendak meremehkanmu.

Caranya bagaimana? Teruslah belajar dan bekerja keras. Tunjukkan kamu seperti pohon yang terus tumbuh, gak begitu-begitu saja. Nanti orang-orang yang pernah meremehkanmu akan malu sendiri.

Berkubang dalam luka saja gak akan mengubah hinaan menjadi pujian. Malah kamu akan makin diolok-olok. Lakukan kelima cara di atas biar kamu lekas merasa lebih baik dan mengurangi kemungkinan kembali diremehkan oleh siapa pun.

Baca Juga: 5 Sikap yang Membuat Status Jomlomu Sering Diremehkan, Sadar Diri!

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya