Comscore Tracker

Jebakan! 5 Hal yang Justru Menghambat Kreativitasmu 

Jangan dipaksakan, tarik napas saja dulu 

Menjadi kreatif memang butuh usaha. Gak bisa cuma menunggu ide-ide datang sendiri. Namun tahukah kamu bahwa dalam usahamu untuk menjadi lebih kreatif, pikiranmu malah bisa makin buntu?

Jika selama ini kamu merasa sulit banget untuk berpikir kreatif, barangkali salah satu penyebabnya ada di bawah ini. Simak yuk, biar kamu gak mengulanginya lagi!

1. Menekan diri terlalu keras untuk melahirkan ide-ide 

Jebakan! 5 Hal yang Justru Menghambat Kreativitasmu Unsplash.com/vapricot

Makin kamu tertekan, makin sulit ide keluar. Jadi, cobalah untuk sedikit lebih santai. Tentu saja kamu tetap berpikir. Namun jangan terlalu keras, seakan-akan hidupmu akan seketika berakhir jika ide tak kunjung datang.

Saban kamu merasa buntu, tutup dahulu lembar kerjamu. Jalan-jalan sebentar, rebahan, menonton televisi, mengobrol dengan teman, atau apa pun yang bisa mengalihkan perhatianmu dari tugasmu mencari ide.

Saat kamu sudah lebih rileks, biasanya ide akan muncul dengan sendirinya. Kamu pun bisa mewujudkan idemu dengan lebih baik dalam kondisi seperti ini. Gak perlu tergesa-gesa karena menyajikan ide yang matang adalah kunci keberhasilan.

2. Terlalu banyak melihat hasil kreativitas orang lain, malah jadi gak bisa berpikir out of the box

Jebakan! 5 Hal yang Justru Menghambat Kreativitasmu Unsplash.com/claritycontrol

Benar, kamu perlu mengamati hasil kreativitas orang lain. Ini penting untuk menstimulasi pikiranmu. Namun jangan kebanyakan. Nanti kamu malah bingung mau berkreasi apa lagi. Semuanya sepertinya sudah dibuat oleh orang lain.

Atau, tanpa sadar kamu jadi selalu hanya meniru apa-apa yang sudah dibuat oleh mereka. Benar-benar nyaris gak ada bedanya. Akan tetapi karena kamu kalah cepat dari mereka, hasil kerjamu jadi kurang diminati.

Baca Juga: Ahli Logika dan Kreativitas, Ini 5 Jenis Pilihan Karier bagi INTP

3. Berpikir kamu harus fokus pada hal-hal besar 

Jebakan! 5 Hal yang Justru Menghambat Kreativitasmu Unsplash.com/edgemodelsandtalent

Padahal, kreativitas justru tentang kemampuan menangkap dan mengolah hal-hal kecil yang ada di sekitarmu. Gak tampak berarti buat sebagian besar orang, tetapi kamu bisa melihat peluangnya.

Saat kamu sudah punya kepekaan ini, kamu dan hasil kreativitasmu akan mendapatkan tempat. Sedang bila kamu hanya berfokus pada hal-hal besar, lamanya kamu berpikir pada akhirnya justru membuatmu gak menghasilkan apa-apa.

4. Berpikir kreativitas adalah tentang menciptakan sesuatu yang benar-benar baru 

Jebakan! 5 Hal yang Justru Menghambat Kreativitasmu Unsplash.com/paulinel

Gak ada lagi yang benar-benar baru di dunia ini. Semuanya adalah hasil pengembangan dari hal-hal yang sudah terlebih dahulu ada. Untuk melengkapi, untuk membuat sesuatu berfungsi dengan lebih baik.

Jadi, berpikir untuk menciptakan yang sama sekali belum pernah diciptakan orang hanya akan membuatmu pusing sendiri. Kreativitas dengan inovasi itu gak bisa dipisahkan. Pelajari ide-ide yang sudah ada, temukan celahnya, dan perbaiki itu.

5. Terlalu khawatir hasil kreativitasmu akan ditiru 

Jebakan! 5 Hal yang Justru Menghambat Kreativitasmu Unsplash.com/edgemodelsandtalent

Memang menjengkelkan jika kamu sudah susah-susah membuat sesuatu, lalu orang lain menjiplaknya begitu saja. Namun ingat, bila kamu terlalu mengkhawatirkan hal-hal seperti ini, bisa-bisa kamu malah gak berkembang.

Kamu jadi gak kunjung melangkah dan berkarya. Maka gak perlu terlalu mencemaskannya sampai-sampai kamu batal berkreativitas ya! Ingat, peniru itu posisinya akan selalu di belakangmu.

Cepat atau lambat, mereka akan menerima konsekuensi dari selalu meniru hasil kreativitas orang lain. Atau justru mereka akhirnya berhenti melakukannya karena  telah menemukan jati diri mereka.

Fokus saja pada prosesmu. Bebaskan dirimu dari tekanan-tekanan. Ide-idemu pasti akan mengalir lebih lancar!

Baca Juga: Ini 5 Mindset yang Menghambat Kamu untuk Berkembang, Hindari ya!

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya