Comscore Tracker

5 Momen Kamu Mulai Menginginkan Rumah dan Menjadikannya Prioritas

#IDNTimesLife Waktunya menata hidup

Harga yang gak pernah murah membuat rumah menjadi kebutuhan sekaligus terasa sebagai kemewahan. Banyak dari kita menyiasati keterbatasan dana dan kebutuhan akan tempat tinggal dengan indekos atau mengontrak rumah.

Bahkan beberapa orang mungkin berpikir memiliki rumah pribadi gak lagi terlalu penting karena ada kebutuhan-kebutuhan lain yang harus diutamakan. Namun, lima momen di bawah ini pasti membuat keinginanmu akan rumah pribadi gak bisa lagi ditawar-tawar.

1. Ingin lingkungan yang lebih nyaman dan sehat untuk tinggal maupun bekerja

5 Momen Kamu Mulai Menginginkan Rumah dan Menjadikannya PrioritasIlustrasi wanita bekerja dari rumah (pexels.com/teona-swift)

Bertahun-tahun tinggal di kos-kosan mungkin telah membuatmu bosan. Bukan hanya dengan ulah penghuni lain yang terlalu berisik dan menyebalkan, tetapi terutama soal kebersihan. 

Terlebih, bila kos-kosanmu bukan kos-kosan mewah. Padahal, kamu gak cuma menjadikan kos-kosan sebagai tempat tidur melainkan juga tempat bekerja. Maka kamu membutuhkan tempat tinggal yang lebih nyaman dan bersih.

2. Karier dan penghasilan lagi bagus-bagusnya

5 Momen Kamu Mulai Menginginkan Rumah dan Menjadikannya PrioritasIlustrasi mengawasi pembangunan rumah (pexels.com/monica)

Kalau pekerjaan lagi bermasalah dan keuangan gak bagus, tentu kamu gak akan berpikir untuk membeli atau membangun rumah dalam waktu dekat. Namun bila kariermu lagi bagus-bagusnya yang tentu saja memengaruhi penghasilanmu, apa salahnya?

Bahkan memiliki rumah baik rumah pertama maupun kedua dan seterusnya bakal terasa sama pentingnya. Jika rumah pertama, jelas kamu jadi gak perlu ngekos atau ngontrak lagi. Bila rumah kedua dan seterusnya, kamu bisa menyewakannya sehingga menambah pemasukan.

Baca Juga: 5 Tips Membeli Rumah agar Ramah di Dompet dan Gak Menyesal!

3. Persiapan pernikahan

5 Momen Kamu Mulai Menginginkan Rumah dan Menjadikannya PrioritasIlustrasi pernikahan (pexels.com/pham-hoang-kha-1582786)

Gak semua orang yang akan menikah merasa perlu segera memiliki rumah sendiri. Terlebih bila orangtua sudah lanjut usia dan perlu ditemani. Namun bila kamu dan pasangan ingin mandiri, rumah tentu menjadi kebutuhan.

Demikian pula bila rumah orangtua sudah padat penghuni. Pasti gak bakal terasa nyaman kalau kamu dan pasangan tinggal di sana. Sekaligus, menghindari perselisihan dengan anggota keluarga yang lain.

4. Mumpung belum ada anak

5 Momen Kamu Mulai Menginginkan Rumah dan Menjadikannya PrioritasIlustrasi pasangan berencana (pexels.com/ketut-subiyanto)

Karena baru ada kamu dan suami/istri, kalian jadi bisa menabung jauh lebih banyak ketimbang bila sudah hadir momongan. Gak apa-apa di awal pernikahan kalian indekos atau menyewa rumah.

Namun, kalian ingin rumah sudah terbeli sebelum anak pertama lahir. Bagaimanapun, tinggal bukan di rumah sendiri gak jarang harus berhadapan dengan banyak keterbatasan. Kalian ingin anak-anak lebih nyaman tinggal di rumah sendiri.

5. Atau malah sudah ada anak sehingga anggota keluarga bertambah?

5 Momen Kamu Mulai Menginginkan Rumah dan Menjadikannya PrioritasIlustrasi keluarga kecil (pexels.com/william-fortunato)

Tinggal bersama pasangan dalam satu kamar kos saja rasanya sudah kurang nyaman. Apalagi dengan hadirnya anak. Kamar jadi terasa makin sesak dan gak layak.

Dalam kondisi begini, rumah pasti menjadi target utamamu bersama pasangan. Keinginan-keinginan lain bisa ditunda, tetapi rumah pribadi harus disegerakan. Selain pertimbangan kenyamanan, juga sebelum anak mulai sekolah dan kalian harus fokus memikirkan biayanya.

Dari lima momen di atas, mana nih yang lagi kamu rasakan banget? Jika kamu juga sedang sangat menginginkan rumah pribadi, jangan lupa bekerja keras dan berdoa biar lekas terwujud, ya!

Baca Juga: 10 Ide Restorasi Rumah Bertema Pedesaan, Siap Anut Slow Life

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya