Comscore Tracker

Mulai Tertekan oleh Target-target dalam Hidupmu? Lakukan 5 Hal Ini 

Sebelum makin parah dan menggagalkan mimpimu 

Target bikin hidupmu lebih terarah. Kamu jadi gak membuang-buang waktu dan tenaga buat ke sana kemari, melakukan hal-hal yang gak membantu tercapainya tujuan utama dalam hidupmu. Tetapi pernah gak sih, kamu merasa tertekan oleh target-target buatanmu sendiri? Kamu merasa capek, bosan, dan mulai gak yakin target-target itu akan tercapai.

Atau lebih parah lagi, kamu mulai bertanya-tanya apakah target-target itu memang berguna dalam hidupmu? Sebelum kamu putus asa dan memutuskan hidup sama sekali tanpa target, coba lakukan 5 hal ini!

1. Berhenti, lihat posisimu sekarang dan target-target yang belum tercapai 

Mulai Tertekan oleh Target-target dalam Hidupmu? Lakukan 5 Hal Ini Unsplash.com/mruqi

Sering kali, saat kita terlalu bersemangat untuk berusaha, kita lupa gak memberi diri sendiri waktu yang cukup buat mencermati proses kita sebenarnya sudah sampai di mana. Ini yang bisa tiba-tiba membuat kita merasa sudah berusaha keras sekali sekian lama, tetapi target kok belum juga tercapai.

Kita butuh mengukur dengan tepat jarak kita sekarang dari titik berangkat dan dari target yang menjadi tujuan. Kalau kita bisa melihat dengan jelas ada kemajuan yang makin mendekatkan kita pada target, semangat kita akan terus terbarukan. Sebaliknya kalau kita gak mengukurnya dengan cermat, yang timbul adalah perasaan masih di sini-sini saja dan kerja keras kita sia-sia.

2. Kalau ada target yang gak masuk akal, perbaiki 

Mulai Tertekan oleh Target-target dalam Hidupmu? Lakukan 5 Hal Ini Unsplash.com/yogajr10

Target yang gak masuk akal bisa dilihat dari dua hal. Besaran atau tingkat kesulitan target yang harus dicapai dan waktu pencapaiannya. Seharusnya, dua hal itu beriringan. Jika targetnya besar atau sulit tetapi waktu yang kamu sediakan pendek, tentu kamu akan merasa dikejar-kejar.

Kamu seperti mendapat tugas membuat istana hanya dalam satu malam. Sebaliknya jika targetnya sepele tetapi waktu yang disediakan terlalu longgar, pada akhirnya pencapaianmu juga gak akan maksimal. Kamu akan melangkah terlalu lambat. Hal-hal seperti ini perlu diperbaiki biar lebih pas.

3. Menyederhanakan target bukanlah tanda kekalahan 

Mulai Tertekan oleh Target-target dalam Hidupmu? Lakukan 5 Hal Ini Pexels.com/meduzakos

Mungkin kamu khawatir sekali menyederhanakan target berarti kamu mengalami kemunduran, padahal gak juga. Target-target yang dibuat di awal adalah sebelum kamu tahu kondisi di lapangan. Jadi wajar jika terlalu muluk. Yang menjadi gak wajar adalah bila kamu tetap memberlakukan target yang sama padahal sudah tahu kenyataannya gak memungkinkan.

Pencapaian tujuan akhir atau mimpi besar dalam hidup itu bukan sekadar mengotot kok. Jika cuma modal mengotot, mungkin kamu malah gak akan mendapat apa-apa. Keluwesan juga perlu. Target-target yang terlalu muluk perlu diturunkan atau dipecah menjadi target-target yang lebih sederhana sehingga mudah diraih.

Ini seperti menyeberangi sungai. Kalau gak mungkin melompati lima batu sekaligus, ya lewati saja satu per satu. Toh, intinya sama. Kamu sampai ke seberang. Pilih yang paling mudah untukmu. Kalau kamu melakukan ini, artinya kamu cerdas. Kamu belajar dari pengalaman dan mengubah strategi.

Baca Juga: 5 Motivasi yang Harus Kamu Hindari Ketika Ingin Meraih Sesuatu

4. Bebaskan diri dari tekanan siapa pun 

Mulai Tertekan oleh Target-target dalam Hidupmu? Lakukan 5 Hal Ini Pexels.com/vanyaoboleninov

Gak bisa dianggap remeh, kadang-kadang yang bikin kita amat tertekan bukan murni dari target atau sifat ambisius kita melainkan orang-orang di sekitar kita. Setuju? Mungkin ada yang suka membandingkan pencapaianmu dengan pencapaian orang lain, latar belakang pendidikanmu, bahkan latar belakang keluargamu.

Ada juga yang suka ikut campur, berusaha menetapkan target-target dalam hidupmu. Padahal sebenarnya itu mimpi pribadi mereka yang kandas. Ada juga yang tergesa-gesa mengecapmu gagal hanya karena kamu belum menunjukkan keberhasilan yang gemilang.

Jika ini terjadi padamu, jangan mau terus-menerus menjadi bulan-bulanan orang. Hidup ini hidupmu. Kamu yang paling tahu kemampuan dan keinginanmu. Atur saja sesuka hatimu. Orang lain silakan bicara apa pun, tetapi kamu sangat berhak untuk gak memedulikannya.

5. Belajar buat main lepas saja 

Mulai Tertekan oleh Target-target dalam Hidupmu? Lakukan 5 Hal Ini Pexels.com/olly

Main lepas artinya kamu tetap tahu hasil yang diinginkan. Namun kamu juga tahu kalau kamu harus terlebih dahulu mengikuti apa pun prosesnya dan siap bila hasilnya gak sesuai dengan harapan. Yang penting kamu gak berhenti berusaha dan selalu mau melakukan evaluasi biar ke depan langkahmu lebih baik.

Sedang soal hasil, usahamu bukan satu-satunya penentu. Ada banyak faktor yang berpengaruh. Yang jelas, kamu yakin gak ada usaha yang sia-sia. Meski itu berarti hasilnya baru akan kamu petik beberapa lama lagi. Semua lelahmu akan terbayarkan pada akhirnya.

Gak perlu tergesa-gesa, yang penting pertahankan fokus. Kapan pun yang menjadi targetmu berhasil teraih, gak ada kata terlambat. Yang ada hanyalah saat yang paling tepat. Oke?

Baca Juga: 10 Quotes di Film 'Enola Holmes', Beri Inspirasi dalam Menjalani Hidup

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya