Comscore Tracker

Bukan Gak Pernah Sedih, 5 Hal Ini Bikin Orang Tampak Bahagia Terus

Jangan merasa paling menderita di dunia ya!

Gak ada satu orang pun di dunia ini yang hidupnya bebas dari kesedihan. Pada saat kita merasa baik-baik saja, kita juga sangat mengerti akan hal ini. Namun kalau kita lagi sedih, kadang kita jadi lebay.

Kita merasa menjadi orang yang paling menderita di dunia. Sementara orang lain kelihatannya bahagia terus. Padahal, sebenarnya sama saja. Namun, sebagian orang bisa tampak selalu happy karena lima hal di bawah ini.

1. Tahu cara jitu untuk mengalihkan perhatiannya saat sedih

Bukan Gak Pernah Sedih, 5 Hal Ini Bikin Orang Tampak Bahagia TerusUnsplash.com/jordanmcdonald

Ini tentu akan berbeda-beda setiap orang. Ada yang menjadikan petualangan di alam bebas sebagai penghilang stres dan kesedihan. Ada yang berolahraga bersama teman. Ada juga yang menghabiskan waktu lebih banyak di dapur karena hobi memasak.

Ya, melakukan hobi bisa membantu meredakan kesedihan. Jadi, kalau kamu gak ingin sering terlihat sedih, cari tahu kegiatan apa yang bisa membuat perasaanmu lebih baik. Kesedihan gak selalu perlu diluapkan dengan air mata, kok.

2. Memang gak mau menunjukkan kesedihannya pada orang lain

Bukan Gak Pernah Sedih, 5 Hal Ini Bikin Orang Tampak Bahagia TerusUnsplash.com/lordmaui

Mereka gak menyangkal kesedihan yang dirasakan. Namun mereka berpikir gak perlu semua orang mengetahuinya. Makin banyak yang gak tahu malah makin baik. Mereka jadi terhindar dari banyak pertanyaan atau bentuk simpati yang membuat mereka merasa gak nyaman.

Pun ini membantu mereka untuk tetap bisa bersikap profesional dalam menjalani hari. Bekerja, misalnya. Kalau profesi seseorang mengharuskannya bertemu dengan orang banyak, tentu raut kesedihannya akan membuat mereka gak nyaman.

Baca Juga: Hentikan, ya! 5 Alasan Mengapa Bersedih Menghambat Jalan Menuju Sukses

3. Sangat menghargai kebersamaan dengan orang-orang tersayang

Bukan Gak Pernah Sedih, 5 Hal Ini Bikin Orang Tampak Bahagia TerusUnsplash.com/heftiba

Mereka gak mau merusak suasana dengan kesedihan. Justru momen berkumpul bersama keluarga atau teman harus semenyenangkan mungkin biar kesedihannya perlahan-lahan memudar. Sebaliknya kalau dia menunjukkan kesedihan, nanti semua orang jadi ikut sedih.

Acara kumpul-kumpul pun jadi gak menyenangkan lagi. Mereka sadar, sangat mungkin orang yang sedang bersama mereka juga lagi ada masalah. Bahkan bisa jadi masalahnya lebih berat. Jadi, lebih baik suasananya dibikin asyik saja.

4. Gak mau fokus pada kesedihan, sibuk mengingat hal-hal baik yang tercurah dalam hidupnya

Bukan Gak Pernah Sedih, 5 Hal Ini Bikin Orang Tampak Bahagia TerusUnsplash.com/courtneymcook

Mereka selalu mengingatkan diri bahwa kesedihan itu seperti titik kecil saja di antara begitu banyak anugerah dalam hidup mereka. Mereka akan mengingat-ingat kembali semua hal menyenangkan yang telah dirasakan selama ini. Dengan begini, sesekali merasa bersedih gak lagi membuat mereka merasa begitu buruk.

Mereka bahkan yakin, kesedihan dibutuhkan agar nantinya mereka lebih bisa menikmati kebahagiaan. Dengan cara berpikir seperti ini, mereka bisa lebih bersabar dalam menghadapi fase gak enak. Mereka bahkan seolah-olah 'menikmatinya'!

5. Sudah terbiasa menghadapi berbagai kesedihan

Bukan Gak Pernah Sedih, 5 Hal Ini Bikin Orang Tampak Bahagia TerusUnsplash.com/jluebke

Memang gak ada seorang pun yang jalan hidupnya benar-benar lurus dan mulus. Pasti ada liku-likunya juga dan berbagai rintangan. Namun beberapa orang memang punya jalan hidup yang lebih menantang.

Misalnya, sudah sejak kecil dihadapkan pada kondisi-kondisi yang gak ideal. Keluarga yang gak harmonis, orangtua meninggal dunia, keterbatasan ekonomi, sakit keras, dan sebagainya. Hal-hal seperti membentuk karakter mereka menjadi lebih tangguh.

Apa pun yang membuat orang tampak selalu bahagia, bukan berarti mereka gak punya masalah. Mereka cuma tahu cara mengontrol kesedihan yang ditimbulkan masalah itu.

Malah jadi malu sendiri 'kan, kalau kita berlebihan dalam mengekspresikan kesedihan? Kesedihan mewarnai hidup semua orang kok. Jadi, jangan lupa tersenyum ya!

Baca Juga: 5 Cara agar Kamu Berhenti Tertekan dan Overthinking di Malam Hari

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya