Comscore Tracker

Passion akan Mudah Diketahui jika Kamu Selalu Melakukan 5 Hal Ini 

#IDNTimesLife Biar gak keliru terus, kan?

Bekerja di bidang yang sesuai dengan passion memang menjadi impian banyak orang. Terlebih di kalangan milenial. Kata mereka yang berhasil bekerja sesuai passion, rasanya akan menyenangkan sekali.

Gak gampang capek atau stres. Tetapi masalahnya, bagaimana jika kamu bahkan masih gak tahu apa yang menjadi passion-mu sebenarnya? Tenang, passion-mu akan lebih mudah terkuak bila kamu senantiasa mempraktikkan 5 hal berikut ini:

1. Berani mencoba berbagai hal yang terasa menarik bagimu 

Passion akan Mudah Diketahui jika Kamu Selalu Melakukan 5 Hal Ini Pexels.com/gideon96

Menemukan passion memang gak bisa cuma mengandalkan angan-angan. Harus merasakan langsung berbagai pengalaman biar kamu gak sekadar berpikir menyukai suatu bidang tetapi ternyata gak.

Jadi kalau kamu merasa sudah mengetahui passion-mu tetapi belum pernah benar-benar praktik, hati-hati. Jangan-jangan suatu saat baru mencoba saja, rasanya sudah enggan melanjutkan.

Mumpung masih muda, gunakan waktumu untuk mencoba berbagai hal yang terasa menarik. Selain mengumpulkan pengalaman, ini akan menguji mana di antaranya yang sungguh-sungguh passion-mu.

2. Gak pernah sekadar ikut-ikutan orang lain 

Passion akan Mudah Diketahui jika Kamu Selalu Melakukan 5 Hal Ini Pexels.com/cottonbro

Salah satu masalah jamak di masa muda adalah mudahnya kamu mengikuti apa-apa yang dilakukan temanmu. Temanmu ikut kursus ini, kamu jadi ingin ikut juga. Temanmu mencoba kuliah sambil bekerja di bidang A, kamu ikut-ikutan.

Boleh-boleh saja mengikuti teman tetapi jangan terus begitu ya? Nanti mempersulit penemuan passion-mu yang sesungguhnya. Sebaliknya, meski dibilang cuma ikut-ikutan, jika memang kamu merasakan kegairahan di bidang yang sama dengan temanmu ya lanjut saja.

Apa bedanya sekadar ikut-ikutan dengan melakukan yang mungkin memang passion-mu dan kebetulan sama dengan passion temanmu? Waktu akan menjawabnya. Jika kamu bisa lama bertahan menggelutinya apa pun yang terjadi dan prestasimu di bidang itu bagus, mungkin memang itulah passion-mu.

Demikian pula sebaliknya. Kalau itu bukan passion-mu, paling sebentar saja ikut-ikutan teman, kamu sudah bosan. Kamu akan mencari teman lain untuk ditiru.

3. Lebih jujur pada diri sendiri, gak malu apa pun kata orang soal passion-mu

Passion akan Mudah Diketahui jika Kamu Selalu Melakukan 5 Hal Ini Pexels.com/elletakesphotos

Misalnya, kamu cowok dan merasa hidup banget kalau berada di dapur. Resep apa saja kamu coba, hasilnya bagus, bahkan kamu bisa berinovasi dari resep-resep yang sudah ada.

Sebagian besar temanmu mungkin mengolok-olokmu. Dibilang kayak cewek atau apa pun itu. Jangan pernah mundur cuma karena omongan orang. Passion itu gak bisa diingkari kok.

Itu lahir dari hati terdalammu. Kalau kamu sudah dibayangi rasa malu akan passion-mu yang mungkin berbeda sekali dari passion teman-temanmu, akhirnya kamu akan berusaha menguburnya dalam-dalam. Meski sebenarnya, kamu tersiksa.

Baca Juga: 5 Tips Mengasah Passion di Dunia Digital bagi Freelancer Pemula

4. Jangan buru-buru pindah bidang sampai kamu mengalami suka dan dukanya 

Passion akan Mudah Diketahui jika Kamu Selalu Melakukan 5 Hal Ini Pexels.com/nick-bondarev

Seperti disebutkan dalam poin 2, waktu akan menjawab apakah suatu bidang memang passion-mu atau bukan. Saat kamu baru memulainya, kamu masih penuh semangat. Makin semangat saat yang dikerjakan sepertinya punya prospek bagus.

Tetapi akankah kamu masih merasa bersemangat jika sedang berhadapan dengan berbagai kesulitan? Bidang apa pun yang sedang coba kamu tekuni pasti akan ada masa pasang dan surutnya, mudah dan sukarnya.

Kalau begitu berhadapan dengan sisi gak enak dari bidang itu, kamu sudah gak tahan untuk menyerah, kemungkinan besar itu bukan passion-mu. Passion akan memberimu kekuatan luar biasa untuk bertahan di kondisi sesulit apa pun.

5. Perlu juga mencoba mengesampingkan soal uang, rasakan dampak dari yang kamu kerjakan bagi jiwamu 

Passion akan Mudah Diketahui jika Kamu Selalu Melakukan 5 Hal Ini Pexels.com/mary-cherkesova-390954

Jika suatu bidang menjanjikan hasil yang sangat menarik, tentu siapa pun akan lebih menyukainya. Bahkan yang sebenarnya gak memiliki passion di bidang itu pun bisa merasa seolah-olah itulah passion-nya.

Maka kalau kamu ingin memastikan itu passion-mu atau bukan, cobalah mengesampingkan soal uang yang bisa didapatkan dari suatu bidang. Kira-kira, dengan hasil yang gak banyak, kamu masih mau mengerjakannya atau gak?

Bila itu passion-mu, kamu gak akan keberatan karena bisa melakukannya saja sudah membahagiakanmu. Bukan berarti kamu pasrah dengan pendapatan yang terlalu kecil. Namun kamu akan mencari akal sampai bidang yang menjadi passion-mu bisa menghasilkan lebih banyak uang.

Atau, rangkap pekerjaan. Satu pekerjaan adalah bidang yang menjadi passion-mu. Satu lagi bidang lain yang bisa membantu menopang kebutuhan hidupmu. Ya, demi bidang yang menjadi passion-mu, kamu akan siap berjuang lebih keras.

Itulah 5 hal yang bisa kamu lakukan untuk menemukan passion-mu yang sejati. Kalau passion-mu sudah diketahui, tinggal ditekuni sampai berhasil!

Baca Juga: Penuh Cobaan, 5 Hal Ini Akan Datang Padamu Saat Hidup Mengejar Passion

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya