Comscore Tracker

5 Penyebab Kamu Sering Merasa Kehilangan Barang, Perbaiki Kebiasaanmu

Dari yang berharga sampai sesepele pulpen 

Merasa kehilangan barang bukan berarti barangmu pasti hilang atau diambil orang, lho. Bisa saja kamu hanya lupa meletakkannya di mana. Namun mana pun yang terjadi padamu, raibnya barang-barang yang sedang amat dibutuhkan pasti bikin kesal, kan?

Bahkan sebuah pulpen yang gak kunjung ditemukan ketika kamu harus segera menulis atau menandatangani sesuatu tentu membuatmu panik. Apalagi kalau barangnya berharga. Lantas, kenapa kamu kerap mengalaminya, ya? Mungkinkah penyebabnya ada di bawah ini?

1. Sering tergesa-gesa

5 Penyebab Kamu Sering Merasa Kehilangan Barang, Perbaiki Kebiasaanmuilustrasi berangkat ke kantor (pexels.com/ono-kosuki)

Siapa nih, yang setiap pagi sudah seperti dikejar-kejar hantu? Selalu bangun kesiangan dan berakibat kamu tergesa-gesa berangkat ke kantor. Kamu tidak sempat memeriksa ulang isi tasmu sebelum berangkat.

Tak heran bila setibanya di kantor, kamu merasa kehilangan sesuatu. Kemarin rasanya masih ada di tasmu, kok sekarang gak ada? Padahal yang sesungguhnya terjadi, mungkin saja semalam kamu telah mengeluarkannya dan lupa belum memasukkannya kembali ke tas.

2. Tidak menyimpan barang-barangmu dengan baik

5 Penyebab Kamu Sering Merasa Kehilangan Barang, Perbaiki Kebiasaanmuilustrasi pria di kantor (pexels.com/cottonbro)

Disimpan sih, disimpan. Akan tetapi, bagaimana caramu menyimpan barang-barangmu selama ini? Apakah sudah dengan rapi atau asal saja semuanya dimasukkan ke satu kotak? Kalau begini, makin banyak barangmu tentu makin sulit untuk kamu mencarinya.

Sesuatu yang kecil dan kamu kira hilang mungkin saja hanya tenggelam di dasar kotak. Atau malah kamu punya banyak kotak penyimpanan, tetapi menggunakan semuanya secara acak? 

Ketika kamu mencari salah satu benda, kamu gak ingat lagi dulu menyimpannya di kotak yang mana. Makanya, berilah label pada setiap kotak. Misalnya, kotak berkas-berkas pekerjaan, kotak alat tulis, dan sebagainya.

Baca Juga: 5 Tips Agar Kamu Punya Lingkungan Sosial Suportif

3. Suka meminjamkan barang ke sembarang orang

5 Penyebab Kamu Sering Merasa Kehilangan Barang, Perbaiki Kebiasaanmuilustrasi meminjamkan barang (pexels.com/ron-lach)

Meminjamkan barang pada orang lain yang sedang membutuhkan memang baik. Akan tetapi, jangan lupa bahwa tidak semua orang dapat menjadi peminjam yang baik. Peminjam yang baik akan segera mengembalikan barangmu begitu selesai menggunakannya.

Namun tak sedikit orang yang hanya mengembalikan barang pinjaman kalau sudah diminta. Bahkan ada yang saat diminta mengembalikan malah gak mau mengaku dia pernah meminjam sesuatu darimu.

Bisa pula, kamu sendiri yang lupa pernah meminjamkan apa pada siapa saking seringnya kamu meminjamkan segala jenis barang. Lain kali bikin catatan, ya!

4. Membawa terlalu banyak barang saat bepergian

5 Penyebab Kamu Sering Merasa Kehilangan Barang, Perbaiki Kebiasaanmuilustrasi akan bepergian (pexels.com/didsss)

Jangankan saat hendak berlibur, pergi ke kantor atau kampus saja kamu selalu membawa begitu banyak barang. Kamu seolah-olah gak bisa melewati hari cukup dengan sebuah laptop, satu smartphone, satu dompet, dan dokumen yang diperlukan hari itu.

Sekali melihatmu saja, orang akan langsung tahu kalau kamu tipe yang gak praktis. Kamu membawa lebih dari satu tas sambil menggenggam dua smartphone plus dompet. Tahukah kamu bahwa kebiasaan seperti ini berbahaya sekali?

Kamu dapat menjadi sasaran kejahatan sebab makin banyak barang bawaanmu, makin kamu gak fokus untuk menjaga semuanya. Kalaupun gak ada yang mencuri darimu, kamu sendiri bisa tidak sengaja meninggalkan salah satu barang bawaan tersebut.

5. Lagi gak fokus aja

5 Penyebab Kamu Sering Merasa Kehilangan Barang, Perbaiki Kebiasaanmuilustrasi kesibukan di kantor (pexels.com/mikhail-nilov)

Ada banyak sebab mengapa kamu kehilangan fokus. Banyaknya barang bawaan seperti dalam poin sebelumnya hanyalah satu di antaranya. Selain itu, kamu mungkin melewatkan waktu makan atau kurang minum saking sibuknya.

Oleh karena itu, bila kamu sudah panik mencari-cari sesuatu dan gak kunjung ketemu, cobalah minum atau makan dulu. Siapa tahu kacamata yang kamu cari ke sana kemari ternyata sudah kamu pakai. Pernah sekonyol ini?

Mungkin juga, kamu harus segera berpindah dari satu ruangan ke ruangan lain untuk mengikuti sejumlah meeting. Konsentrasimu jadi terpecah dan endingnya sama seperti ketika kamu membawa terlalu banyak barang. Ada yang ketinggalan!

Tak mungkin juga kan, ada orang yang terlalu sering mencuri barangmu? Jadi, jika kamu sering merasa kehilangan barang, kemungkinan besar lima hal di ataslah penyebabnya. Jadilah orang yang lebih rapi, simpel ketika beraktivitas di luar rumah, dan selalu jaga fokusmu.

Baca Juga: Demi Kebaikan, 5 Tips Menghindari Rekan Kerja yang Banyak Drama

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya