Comscore Tracker

Perhatikan 5 Hal Ini saat Hendak Minta Tolong 

#IDNTimesLife Biar gak mengganggu

Dalam kehidupan sehari-hari, tolong-menolong tentu sudah biasa. Saking biasanya, kadang kita malah jadi kurang memperhatikan sikap saat hendak meminta tolong pada orang lain. Akibatnya, permintaan tolong kita malah terasa mengganggunya.

Bukan cuma itu. Kita juga bisa gak siap dan bereaksi negatif bila permintaan tolong kita ditolak. Oleh karena itu, sebelum meminta tolong pada siapa pun, 5 hal berikut ini harus selalu diperhatikan ya!

1. Pertimbangkan kemampuan dan kondisi orang yang akan dimintai tolong 

Perhatikan 5 Hal Ini saat Hendak Minta Tolong Unsplash.com/isabellwinter

Jangan sampai kita asal meyakini orang lain bisa menolong kita sebelum melihat lebih jauh kemampuan dan kondisinya. Kita mungkin sedang susah, tetapi apakah itu berarti orang lain pasti lebih baik kondisinya? Belum tentu.

Kalau kita gak pernah memikirkan kemampuan dan kondisi orang lain, permintaan tolong kita bisa jadi terasa sangat memberatkan mereka. Pun ingat, jangan hanya mendasarkan penilaian pada apa-apa yang terlihat.

Selalu ada kemungkinan kita kurang tahu kemampuan dan kondisi orang lain yang sebenarnya. Misalnya, karena mereka berusaha menutupinya. Oleh karena itu, makin jarang kita merepotkan orang lain akan tetap lebih baik.

2. Jangan sampai terkesan memaksa 

Perhatikan 5 Hal Ini saat Hendak Minta Tolong Unsplash.com/yaanapi

Kita bilang gak memaksa. Namun nyatanya, kalau orang lain belum juga mau menolong, kita terus menghubunginya. Lengkap dengan segala bentuk upaya untuk meyakinkannya agar mau menolong kita.

Itu sama saja dengan memaksa. Cuma caranya yang macam-macam. Wajar bila siapa pun jadi merasa gak nyaman. Terlebih bila sebenarnya mereka gak kenal dekat dengan kita.

Merasa cukuplah dengan meminta tolong tentang suatu urusan satu atau dua kali saja pada seseorang. Jika sudah dua kali kita menyatakan kebutuhan akan pertolongan dan belum direspons, lebih baik mencari pertolongan dari orang lain.

3. Kalau dia menolak, tetap hargai dan jangan berburuk sangka 

Perhatikan 5 Hal Ini saat Hendak Minta Tolong Unsplash.com/j6flores

Sering gak disadari, kita mudah sekali berburuk sangka pada orang lain yang gak mau menolong kita. Kita bahkan bisa langsung memberikan stempel ‘orang jahat’ padanya. Padahal, boleh jadi malah kita sendiri yang amat jahat.

Bagaimana tidak? Mungkin saja kita meminta tolong tanpa mempertimbangkan kemampuan dan kondisinya seperti dalam poin pertama. Mungkin juga sikap kita terasa terlalu menekannya sehingga sudah bikin dia terganggu sejak awal.

Baca Juga: 6 Zodiak Penuh Sopan Santun Ini Tahu Banget Cara Menghargai Orang Lain

4. Kalau dia cuek, pahamilah bahwa mungkin dia gak enak untuk langsung menolak permintaan kita 

Perhatikan 5 Hal Ini saat Hendak Minta Tolong Unsplash.com/tamarabellis

Permintaan tolong kita digantung. Gak kunjung disanggupi, tetapi juga gak ditolak. Bingung bagaimana harus menyikapinya? Perlukah kita kembali mengulangi permintaan tolong padanya untuk kesekian kalinya?

Pedomannya tetap sama. Meminta tolonglah untuk suatu urusan pada orang yang sama satu atau dua kali saja. Belajarlah lebih peka. Jika seseorang memang ingin menolong, tentu ia bersegera. Bila gak kunjung ada jawaban, berarti sebaliknya.

5. Permintaan tolong dipenuhi atau tidak, jangan lupa tetap ucapkan terima kasih 

Perhatikan 5 Hal Ini saat Hendak Minta Tolong Unsplash.com/elevatebeer

Mentang-mentang permintaan tolong gak dipenuhi, lantas merasa gak punya alasan untuk berterima kasih. Jangan begini ya? Tetaplah berterima kasih karena setidaknya dia sudah memberikan sedikit waktunya untuk kita bisa menyampaikan keperluan.

Ucapan terima kasih juga pertanda bahwa kita gak marah apalagi membencinya hanya karena dia gak memenuhi permintaan kita. Itu akan melegakannya maupun diri kita sendiri. Bukan berarti berharap.

Namun jika kita tetap mengucapkan terima kasih saat permintaan tolong ditolak, itu bisa membuat siapa pun lebih menaruh respek pada kita. Bukan gak mungkin, lain kali dia akan menolong kita bahkan sebelum kita memintanya.

Bagaimanapun, memang butuh waktu dan usaha untuk membangun kepercayaan bukan? Terutama jika orang itu belum terlalu mengenal kita.

Jadi, pastikan kita tetap menerapkan etika saat meminta tolong pada siapa pun. Dan apa pun hasilnya nanti, tetap tinggalkan kesan yang baik.

Baca Juga: Ternyata 8 Sikap Sopan Santun Ini Tidak Disukai Orang Lain 

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya