Comscore Tracker

7 Rambu Saat Punya Mimpi biar Hidup Gak Sia-sia

#IDNTimesLife Kelihatan kok kamu bakal berhasil atau gak

Di usia muda sudah seharusnya kamu menumbuhkan mimpi-mimpi untuk diraih. Jangan sama sekali gak punya mimpi atau hidupmu menjadi kurang terarah, potensi dirimu gak keluar, dan hidupmu berjalan di tempat.

Namun menetapkan mimpi juga gak boleh sembarangan. Begitu pula dalam upaya mewujudkannya. Agar peluang teraihnya makin besar, pelajari terlebih dahulu tujuh rambu berikut ini. 

1. Sebelum menetapkan mimpi, pahami dan ukur kemampuan diri

7 Rambu Saat Punya Mimpi biar Hidup Gak Sia-siaIlustrasi wanita duduk di bawah pohon (unsplash.com/melonbelon)

Jika kemampuan diri saja belum diketahui, kamu akan menetapkan mimpimu berdasarkan apa? Kamu gak bisa menetapkan mimpi hanya dengan mengekor teman atau siapa pun.

Jika mimpimu ternyata tidak sesuai dengan kemampuanmu, jelas akan sulit sekali untuk mewujudkannya. Apa yang kamu sukai dan apa yang bisa kamu lakukan lebih baik ketimbang orang lain adalah patokan untukmu menetapkan mimpi.

2. Aktif mencari cara untuk mencapai mimpimu

7 Rambu Saat Punya Mimpi biar Hidup Gak Sia-siaIlustrasi akan memulai perjalanan (unsplash.com/fallonmichaeltx)

Cara tak ubahnya jembatan yang menghubungkanmu dengan mimpi yang menjadi tujuanmu. Bila tidak ada jembatan atau ada tetapi kamu gak tahu di mana letaknya, kamu terancam gak akan pernah sampai di seberang.

Oleh karena itu, kamu harus aktif mencari tahu berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mencapai mimpimu. Tentu ada pula banyak tahapan yang harus dilalui. Dan jika kamu tahu alternatif cara di setiap tahapannya, ini akan memudahkanmu.

3. Sesederhana apa pun mimpimu, rajin tetaplah kuncinya

7 Rambu Saat Punya Mimpi biar Hidup Gak Sia-siaIlustrasi latihan basket (unsplash.com/poodar)

Nasihat akan pentingnya sifat rajin rasanya sudah kita dengar sejak kecil, ya? Namun makin besar, menjadi pribadi yang rajin justru sering makin terasa sulit. Perhatian kita mudah sekali terpecah oleh berbagai urusan. 

Yang utama menjadi dikesampingkan, yang gak terlalu penting malah menyita waktu dan energi. Kadang kita juga cepat bosan dengan rutinitas dan mudah terjangkiti rasa malas.

Hal-hal seperti di atas harus bisa kamu hindari. Sebagai contoh, jika kamu ingin menjadi atlet basket profesional seperti dalam ilustrasi, rajin berlatih adalah kewajiban. Tanpa itu, selamanya kamu akan menjadi seorang amatir.

4. Boleh bermimpi setinggi langit asal diiringi kerja keras ekstra dan mau bersabar

7 Rambu Saat Punya Mimpi biar Hidup Gak Sia-siaIlustrasi wanita di atas gedung (unsplash.com/dawnking)

Makin tinggi mimpimu, makin banyak usaha yang harus kamu lakukan secara konsisten. Jangan tanya soal capeknya karena itu sudah pasti. Namun saat pilihan lainnya gak ada, mau gak mau ya harus dijalani.

Jika bekerja keras mengesankan kamu harus selalu melangkah maju, untuk mimpi sebesar itu tentu kamu juga perlu memiliki kesabaran di atas rata-rata. Ada kalanya langkahmu harus tertahan karena adanya hambatan.

Dan kurangnya rasa sabar akan mengacaukan segalanya. Kamu mungkin memaksa maju dan itu justru sangat membahayakan seluruh hasil kerja kerasmu selama ini. 

Baca Juga: 5 Alasan Jangan Padamkan Impian Besarmu meski Terdengar Mustahil

5. Jangan cuma membayangkan enaknya bila mimpi terwujud, siapkan mental untuk kemungkinan terburuknya

7 Rambu Saat Punya Mimpi biar Hidup Gak Sia-siaIlustrasi seorang perempuan muda (unsplash.com/atlas_ke)

Mimpimu memang harus menjadi fokusmu. Namun jangan lupakan titik-titik pencapaian di bawahnya yang juga berharga. Sebab meski kamu telah berusaha keras dan berdoa, tetap ada kemungkinan mimpimu tidak teraih.

Jika kamu gak pernah menyiapkan mental untuk kemungkinan ini, kamu akan terlalu kecewa dan gak bisa menghargai pencapaianmu sejauh ini. Padahal, gak berhasil mencapai sebuah mimpi bukan berarti kamu gagal total.

Kamu hanya tiba di titik yang berbeda dari tujuanmu semula dan itu tetap jauh lebih baik ketimbang tidak pernah ke mana-mana. Kamu harus yakin Tuhan sangat tahu apa yang terbaik bagimu.

6. Punya mimpi seperti kebanyakan orang tidaklah salah, asal sesuai denganmu

7 Rambu Saat Punya Mimpi biar Hidup Gak Sia-siaIlustrasi sekelompok pekerja saat pulang (unsplash.com/ewanyap)

Saat kamu mendengar kata 'mimpi', barangkali kamu seketika berpikir mimpimu harus sangat unik. Pokoknya, gak boleh sama dengan mimpi orang lain. Kamu mungkin terlalu khawatir hanya sedang meniru mimpi orang lain.

Namun jika kebetulan mimpimu memang sama dengan mimpi orang lain, itu sama sekali bukan masalah. Kamu yang paling tahu mengenai sesuatu yang jika tercapai akan memberimu kepuasan tiada tara.

Dan bila mimpi itu 'sesederhana' hidup berkecukupan dari pekerjaan yang baik seperti mimpi kebanyakan orang, sah-sah saja. Memang gak ada yang mengharuskanmu menjadi tokoh nasional atau semacamnya, kan? 

7. Selalu tabah dan gigih sampai akhir

7 Rambu Saat Punya Mimpi biar Hidup Gak Sia-siaIlustrasi wanita di jendela (unsplash.com/theunsteady5)

Apa pun mimpimu, dua hal di atas tetaplah dibutuhkan. Kegagalan mewarnai perjalanan siapa pun dalam meraih mimpi. Kamu harus kuat menghadapi rasa tidak enaknya bahkan mungkin sikap negatif orang-orang di sekitarmu tentang mimpi dan kegagalanmu.

Namun tabah saja tidak akan membawamu ke mana-mana. Itu hanya memampukanmu bertahan di titik yang sama. Kamu juga harus gigih agar dapat melanjutkan prosesmu setelah kegagalan yang kesekian kalinya.

Bila ketujuh rambu di atas diabaikan, kamu dikhawatirkan hanya akan menggantang asap. Dengan kata lain, kamu hanya berangan-angan kosong, memimpikan hal-hal yang tidak pernah dapat dicapai. Tentu kamu gak ingin begitu, kan?

Baca Juga: Jangan Lelah Melakukan 5 Hal Ini Demi Meraih Pekerjaan Impian

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya