Comscore Tracker

5 Sebab Kamu Perlu Mengabadikan Kenangan dalam Foto

#IDNTimesLife Siapa yang hobi motret, nih?

Beberapa orang mungkin menganggap hobi memotretmu sebagai sesuatu yang keren. Namun beberapa orang lagi malah menganggapmu norak. Buat yang terakhir, gak usah terlalu dimasukkan hati, ya! Asal kamu tetap mempertimbangkan etika saat hendak mengambil gambar, gak masalah kok.

Suka mengabadikan kenangan dalam bentuk foto justru punya banyak manfaat, lho. Selain kamu bisa menjadi fotografer profesional, kamu juga akan memetik berbagai manfaat ini.

1. Foto bisa menunjukkan proses yang kamu lalui

5 Sebab Kamu Perlu Mengabadikan Kenangan dalam FotoIlustrasi menyiapkan makanan (unsplash.com/antonio40)

Apakah kamu suka mengabadikan perjalananmu menuju kantor dan bagaimana kamu mengerjakan tugas-tugasmu? Mungkin terlihat gak penting, tapi sebenarnya ada manfaatnya, lho.

Misalnya, tugasmu sebagai seorang juru masak seperti dalam ilustrasi. Beberapa tahun dari sekarang, kamu mungkin akan terharu saat melihatnya kembali. Dahulu kamu 'hanyalah' juru masak di rumah makan kecil, tetapi kini kamu sudah menguasai dapur restoran ternama atau bahkan menjadi pemiliknya.

2. Kamu belum tentu bisa mengulang kunjungan ke tempat yang sama

5 Sebab Kamu Perlu Mengabadikan Kenangan dalam FotoIlustrasi traveling (unsplash.com/savelie)

Terutama buat kamu yang hobi jalan-jalan, nih. Pasti banyak banget tempat bagus yang ingin kamu kunjungi, kan? Masalahnya, berusaha mengunjunginya satu per satu saja belum tentu kesampaian semuanya.

Maka, bagaimana mungkin kamu akan membuang-buang waktu dan uang untuk mengunjungi tempat yang sama? Mending pergi ke tempat lain yang belum pernah dikunjungi, kan?

3. Saat seseorang gak ada lagi di sisimu, foto kebersamaan kalian menjadi sangat berharga

5 Sebab Kamu Perlu Mengabadikan Kenangan dalam FotoIlustrasi persahabatan (unsplash.com/j0rt)

Menyedihkan memang, tetapi nyatanya gak ada kebersamaan yang gak berakhir. Entah oleh kematian atau sebatas tempat tinggal yang berjauhan, yang jelas kamu bisa gak pernah lagi bertemu dengan seseorang.

Kalau sudah begini, foto akan menjadi benda terpenting yang membuktikan kedekatan kalian. Melihatnya kembali bakal mengingatkanmu akan momen-momen indah bersamanya.

Baca Juga: 5 Makna Dibalik Ajaran Makan untuk Hidup, Bukan Hidup untuk Makan

4. Foto bisa berbicara lebih banyak daripada kata-kata

5 Sebab Kamu Perlu Mengabadikan Kenangan dalam FotoIlustrasi seorang fotografer (unsplash.com/charleypangus)

Sekilas, foto yang kamu ambil mungkin tampak simpel. Cuma orang duduk sendirian. Namun fotomu bisa bercerita jauh lebih banyak, lho!

Misalnya, raut kesedihan orang itu yang begitu kentara dalam foro jepretanmu. Atau senyumnya yang gak lepas sekalipun ia sedang bersama teman-temannya dan menandakan ia mungkin sedang menyembunyikan masalah.

5. Kamu bisa menyimpan dan menunjukkannya pada orang lain

5 Sebab Kamu Perlu Mengabadikan Kenangan dalam FotoIlustrasi menunjukkan foto (unsplash.com/michael_sturgeon)

Kamu bisa saja mengingat banyak kenangan. Akan tetapi, cepat atau lambat pasti banyak pula yang akhirnya kamu lupakan.

Pun saat kamu berusaha menceritakan kenangan yang dimiliki pada orang lain, banyak dari mereka mungkin gagal memahaminya. Namun bila kamu menunjukkan foto, mereka pasti akan seketika merasa terhubung dengan ceritamu.

Di zaman ketika nyaris semua orang memiliki HP dengan kamera mumpuni, sayang banget kalau kamu gak maksimal dalam menggunakannya. Jika foto-fotomu belum bisa menjadi uang, paling gak bisa untuk mengabadikan berbagai momen bersama orang tersayang. Betul?

Baca Juga: 7 Nasihat Inspirasi agar Lebih Mudah Hadapi Ujian Hidup, La Tahzan!

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya