Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Semangatmu Turun

Para pejuang tangguh pasti sangat tahu soal ini

Berproses dalam hidup, misalnya berproses mencapai cita-cita dan kemapanan finansial memang sering terasa berat dan melelahkan. Para pejuang tangguh pasti sangat tahu soal ini. Apalagi kalau kamu benar-benar harus memulai dari nol. Tak jarang, semangatmu turun di tengah jalan.

Nah, kalau kamu juga mengalaminya, sebelum semangatmu habis dan kamu jadi ingin menyerah, inilah yang perlu kamu lakukan untuk mengembalikan lagi semangatmu.

1. Pahami bahwa kondisi ini normal

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Semangatmu TurunPixabay.com/Free-Photos-242387/

Naik turunnya semangat bukan sesuatu yang salah atau memalukan kok. Apalagi dengan banyak dan beratnya tantangan yang harus dihadapi. Selalu berpura-pura kamu dalam kondisi 100 persen baik dan penuh semangat mungkin justru bisa menjadi bumerang bagimu.

Kamu bisa tiba-tiba merasa teramat lelah dan seketika lumpuh. Kalau sudah lumpuh, semangatmu justru akan lebih sulit lagi untuk dibangkitkan.

2. Ingat-ingat lagi titik keberangkatanmu dan ukur jaraknya dengan posisimu sekarang

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Semangatmu TurunPixabay.com/Free-Photos-242387/

Meski perjalananmu terasa lambat, kamu pasti telah menempuh jarak tertentu. Itu artinya, walau masih jauh dari tujuan akhir, kamu telah mengalami kemajuan. Apresiasilah dirimu sendiri dan jangan meniadakan pencapaianmu meski belum seberapa dari target yang kamu tetapkan.

Misalnya, dari semula tidak punya penghasilan sendiri, sekarang kamu sudah punya. Walau masih antara cukup dan tidak cukup bahkan untuk kebutuhan-kebutuhan pokokmu, itu berarti janji kehidupan bahwa tidak ada yang sia-sia dari kerja keras memang benar.

Lalu coba teliti lagi, selama beberapa tahun terakhir sangat mungkin kamu juga telah mengalami kenaikan pendapatan meski sedikit demi sedikit. Atau jumlah karyamu yang telah diluncurkan sudah lebih banyak.

Baca Juga: Sedang Merasa Gagal? Coba Refleksikan 5 Hal Ini

3. Lihat kembali tujuan akhir yang kamu inginkan

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Semangatmu TurunPixabay.com/SOFCOR-6983808/

Tiap kali semangatmu turun bahkan mungkin sudah ada keinginan untuk berhenti, ayo lihat lagi tujuan akhir yang kamu inginkan sampai kamu rela berjuang sejauh ini. Bayangkan rumah idamanmu dan halamannya yang asri. Bayangkan karya-karyamu dinikmati begitu banyak orang dan memberi arti lebih dalam hidup mereka atau bahkan hidup mereka menjadi jauh lebih baik karena karya-karyamu.

Bayangkan kamu bisa membantu lebih banyak orang yang membutuhkan dengan sebagian dari hasil kerja kerasmu kelak. Bayangkan kamu bisa memberi lebih banyak kebahagiaan pada orang-orang terdekatmu yang kamu kasihi dan mengasihimu. Bayangkan kamu bisa menikmati hari tuamu dengan sangat nyaman setelah kerja keras bertahun-tahun. Itu semua akan terasa setimpal bukan?

4. Lihatlah mereka yang tidak seberuntung kamu

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Semangatmu TurunPixabay.com/sivananthan2001-5633119/

Bukan untuk mencela melainkan agar makin menyuburkan rasa syukur dan menaikkan lagi semangatmu. Berproses dalam hidup sama seperti kisah dalam novel. Selalu ada bagian yang sulit dan penuh konflik. Tetapi semuanya akan mencapai antiklimaks lalu akhirnya selesai.

Kalau begitu banyak dari mereka yang tak seberuntung kamu saja masih terus gigih berjuang memutar roda kehidupannya, kenapa kamu tidak? Naik turunnya semangat adalah hal yang lumrah. Tetapi memutuskan berhenti di tengah jalan hanya memastikan kamu tidak akan pernah sampai ke tujuan.

5. Masuklah ke lingkungan yang penuh inspirasi

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Semangatmu TurunUnsplash.com/Matheus Ferrero

Kamu bisa melakukannya dengan berkumpul bersama orang-orang yang lebih berpengalaman dalam menjalani proses hidup. Pun di zaman yang serbacanggih ini, kamu bisa dengan mudah mengikuti akun media sosial tokoh-tokoh inspiratif yang telah membuktikan bahwa hasil dengan sendirinya akan mengikuti setiap usaha.

Kamu juga bisa mencari artikel-artikel yang sesuai dengan kebutuhanmu akan suntikan semangat. Kamu cukup mengetikkan kata kunci di kolom pencarian atau menjelajahi platform digital untuk menemukan begitu banyak tulisan yang bisa membangkitkan lagi semangatmu dan yang pasti, membuatmu tak merasa sendirian berjuang di tengah kerasnya kehidupan.

Nah, itulah 5 hal yang harus kamu lakukan untuk mendongkrak semangatmu yang lagi drop. Semoga semangatmu lekas pulih dan ingatlah, kita semua membentuk jejaring raksasa dan bisa saling menguatkan meski hanya melalui tulisan. Tetap semangat dan positif!

Baca Juga: Mudah Menyerah, Ini 5 Cara Memotivasi Dirimu Sendiri Biar Semangat

Marliana Kuswanti Photo Community Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You