Comscore Tracker

Simpel, 5 Sikap Ini Bikin Orang Lain Merasa Dihargai 

Fokus kalau lagi diajak ngobrol

Kadang kita berpikir kita harus melakukan hal-hal besar untuk membuat orang lain merasa dihargai. Seperti sering-sering mengundangnya ke perjamuan, memberikan hadiah yang mahal, atau selalu bersikap amat ramah dan siap melayani sekalipun sebenarnya kita sedang merasa begitu buruk.

Itu juga akan membuat orang lain merasa dihargai sih. Tetapi ternyata banyak sikap sederhana dalam kehidupan sehari-hari yang lebih penting untuk menunjukkan rasa hormat kita pada orang lain. Bagaimanapun, kita berinteraksi dengan orang lain setiap saat. Maka 5 sikap berikut ini penting untuk diterapkan:

1. Bilang terima kasih bukan hanya untuk bantuan, tetapi juga waktu dan perhatian yang diberikan 

Simpel, 5 Sikap Ini Bikin Orang Lain Merasa Dihargai Pexels.com/mentatdgt-330508

Jangan pelit ucapan terima kasih. Baru bilang terima kasih jika kita dalam kesulitan lalu mendapatkan bantuan nyata. Padahal, mendapatkan waktu dan perhatian orang lain juga sudah suatu keistimewaan lo. Waktu mereka kan, juga berharga. Demikian pula perhatian mereka harus dibagi-bagi untuk banyak urusan. Bukan cuma buat kita.

2. Permintaan maaf juga bukan hanya saat kita bersalah 

Simpel, 5 Sikap Ini Bikin Orang Lain Merasa Dihargai Pexels.com/iprice-group-42056

Jangan mentang-mentang merasa tidak melakukan kesalahan besar, permintaan maaf jarang sekali kita sampaikan. Bahkan jika kita hendak mengganggu sebentar orang lain, misalnya untuk meminta keterangan, mintalah maaf sebelum meminta izin bertanya.

Etika ini penting terutama di dunia kerja dan pada orang yang tidak terlalu akrab dengan kita. Juga untuk pesan yang terlambat kita buka dan respons atau telepon yang tidak kita angkat. Permintaan maaf disertai alasan yang jujur akan membuat orang lain tak merasa sengaja diabaikan.

3. Mintalah tolong, bukan memerintah 

Simpel, 5 Sikap Ini Bikin Orang Lain Merasa Dihargai Pexels.com/august-de-richelieu

Permintaan tolong akan mengesankan kita rendah hati. Kita mengakui kitalah yang membutuhkan pertolongan orang lain. Sedang memerintah malah membuat kita terlihat menempatkan diri sendiri di atas orang lain bahkan sekalipun kita bukan bos mereka. Sekali, dua kali orang lain mungkin masih biasa saja saat diperintah. Namun sebentar kemudian pasti muak dan menolak melaksanakan perintah kita.

Baca Juga: 5 Cara Menghargai Hobi Pasangan yang Berbeda Denganmu

4. Fokus kalau lagi diajak ngobrol 

Simpel, 5 Sikap Ini Bikin Orang Lain Merasa Dihargai Pexels.com/anastasiya-gepp-654466

Tunjukkan perhatian kita pada lawan bicara dengan tidak sibuk sendiri padahal yang dilakukan juga bukan hal penting. Seperti bermain ponsel, apalagi sampai membuat orang lain harus mengulangi ucapannya karena kita tidak menyimak. Kalau memang kita harus segera membalas pesan atau mengangkat telepon, katakan padanya dengan sopan.

5. Jangan melanggar janji yang dibuat sendiri 

Simpel, 5 Sikap Ini Bikin Orang Lain Merasa Dihargai Pexels.com/olly

Janji apa pun yang kita buat harus kita pertanggungjawabkan. Kalau kita membuat janji temu, jangan bikin orang lain menunggu sampai mati gaya. Jika kita berjanji akan memberikan atau melakukan sesuatu untuk orang lain, selekasnya harus dipenuhi.

Karena setiap pelanggaran atas janji yang kita buat sendiri akan membuat orang lain merasa dipermainkan. Apa pun alasan kita menjadi tak penting lagi. Yang terpenting adalah apa yang benar-benar kita tunjukkan dengan sikap kita.

Menjaga sikap agar orang lain merasa dihargai amatlah penting untuk membangun hubungan baik jangka panjang. Pun sebenarnya, kemampuan kita menghargai orang lain menunjukkan penghargaan kita atas diri sendiri.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Menghargai Privasi Orang Lain, Jangan Terlalu Kepo!

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya