Comscore Tracker

5 Sikap yang Bikin Orang Langsung Bad Mood, Keterlaluan Sih!

Jangan sampai kamu melakukannya #IDNTimesLife

Gak pernah ada ruginya belajar lebih menjaga sikap kita pada siapa pun. Segala bentuk hubungan baik dimulai dari sini. Memang butuh kehati-hatian biar sikap kita pada orang lain gak lepas kontrol.

Namun, bukan sesuatu yang amat sulit kok, sejauh kita bersungguh-sungguh dan paham akan pentingnya hubungan baik dengan orang lain. Jaga hatinya sebagaimana kita menjaga perasaan kita sendiri dengan gak melakukan lima hal di bawah ini.

1. Terus mengomentari bahkan mengolok-olok fisik dan penampilannya

5 Sikap yang Bikin Orang Langsung Bad Mood, Keterlaluan Sih!Ilustrasi kesedihan wanita (pexels.com/andres-ayrton)

Sekalipun kita percaya diri banget dengan kondisi fisik dan penampilan sendiri, gak perlu deh, mengolok-olok orang. Nyatanya, gak semua orang di dunia ini tertarik pada kita meski kita merasa telah sangat sempurna dalam dua hal itu, kan?

Banyak juga yang berpendapat kita biasa-biasa saja atau lebih menitikberatkan pada sifat kita, baik atau gak. Semenarik apa pun fisik dan penampilan, kalau sifat kita nyebelin ya gak ada yang respek.

2. Mengumbar kekurangannya

5 Sikap yang Bikin Orang Langsung Bad Mood, Keterlaluan Sih!Ilustrasi kesedihan (pexels.com/liza-summer)

Kayak diri sendiri gak punya kekurangan saja. Padahal sama saja dengan semua orang, kita juga memilikinya. Kira-kira kita senang gak, kalau orang lain menguliti kekurangan kita satu per satu dan menyebarkannya?

Sudah pasti kita gak terima, kan? Jadi, gak perlu melakukannya ke orang lain. Semua orang punya kelebihan dan kekurangan, maka kalem saja dalam menyikapinya. Lebih baik kita fokus pada kelebihannya. Dengan begini, dia akan merasa lebih dihargai.

Baca Juga: Gak Disadari, 5 Sikap Ini Bikin Kamu Makin Menarik di Mata Orang

3. Meremehkan pekerjaan dan penghasilannya

5 Sikap yang Bikin Orang Langsung Bad Mood, Keterlaluan Sih!Ilustrasi pria berkacamata (unsplash.com/kp_12)

Dia yang kerja dan dapat gaji, kenapa kita yang repot? Sejauh dia menikmati pekerjaannya dan merasa cukup dengan penghasilannya, gak ada lagi alasan buat kita mempermasalahkannya.

Bahkan, jika penghasilan kita berlipat-lipat dari penghasilannya. Orang nyatanya hidup dia berjalan baik-baik saja bermodalkan pendapatannya, kok. Jangan-jangan, malah kita yang masih sering merasa kurang? 

4. Menyebutnya kurang berbakti sebagai anak atau pasangan

5 Sikap yang Bikin Orang Langsung Bad Mood, Keterlaluan Sih!Ilustrasi kesedihan (unsplash.com/vespir)

Orangtuanya saja gak pernah merasa anaknya begitu, kenapa jadi kita yang sok tahu? Begitu pula pasangannya merasa puas-puas saja dengan caranya menjalankan perannya dalam rumah tangga.

Bahwa kita punya standar yang berbeda soal berbakti pada orangtua atau pasangan, itu sih urusan kita sendiri. Kita terapkan saja dalam keluarga kita. Gak usah coba diterapkan dalam keluarga orang lain. Gak nyambung!

5. Gak menghargai kerja kerasnya

5 Sikap yang Bikin Orang Langsung Bad Mood, Keterlaluan Sih!Ilustrasi wanita murung (pexels.com/olly)

Namanya kerja keras sudah pasti dilakukan dengan sepenuh hati. Juga menguras tenaga dan pikiran. Jadi, wajar kalau dia langsung bad mood saat merasa kerja kerasnya gak dihargai.

Selalu saja dianggap kurang, padahal kita belum tentu bisa melakukannya sama apalagi lebih baik darinya. Cuma bisa cuap-cuap doang. Nanti dia gak mau lagi menjalankan tugasnya dan bersikap masa bodoh, baru kita kelimpungan.

 

Itulah lima sikap yang harus dihindari biar gak merusak suasana hati orang lain. Mungkin terkesan sepele, tetapi gak boleh disepelekan.

Sebab kalau beberapa kali dibikin bad mood, dia pasti akan menjaga jarak dari kita. Atau bahkan, kesabarannya habis dan tiba-tiba menghardik kita. Nanti syok, lho!

Baca Juga: Stop Bad Mood, Lakukan 5 Hal Ini Supaya Kamu Good Mood Terus!

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya