Comscore Tracker

6 Sumber Inspirasi dalam Berkarya, Gak Perlu Jauh Mencarinya

#IDNTimesLife Perhatikan perasaanmu dan hal-hal di sekitarmu

Adanya inspirasi sangat penting agar kamu dapat berkarya. Inspirasi adalah letupan ide yang akan menggerakkanmu untuk menciptakan karya berupa lagu, tulisan, gambar, dan sebagainya. Meski inspirasi menjadi dasar dalam berkarya, memperolehnya kadang tidak mudah.

Apalagi mendapatkan inspirasi setiap hari supaya kamu bisa terus berkarya dan tak sedikit-sedikit berhenti. Kian lancar prosesmu mendapatkan inspirasi, kian produktif pula kamu dalam berkarya. Padahal bila diperhatikan, enam hal berikut ini juga dapat menginspirasimu, lho.

1. Perkataan seseorang

6 Sumber Inspirasi dalam Berkarya, Gak Perlu Jauh Mencarinyailustrasi wawancara (pexels.com/Antony Trivet)

Tidak ada ruginya belajar menjadi pendengar yang baik. Prosesmu dalam berkarya akan lebih lancar bila kamu memperhatikan apa-apa yang dikatakan oleh orang lain. Tidak perlu menunggu seluruh perkataannya selesai, kamu mungkin sudah mendapatkan ide buat berkarya.

Contohnya, ketika ia akan menceritakan latar belakang keluarganya. Begitu mendengar kata 'keluarga' saja, kamu langsung tahu apa yang dapat diangkat dari kehidupan keluarga ke dalam sebuah karya.

Namun, terkadang proses menemukan inspirasi juga tidak secepat ini. Apa-apa yang kamu dengar boleh jadi memerlukan waktu lebih guna mengendap. Sampai suatu saat kamu siap berkarya berbekal seluruh informasi yang pernah dirimu dengar terkait keluarga.

2. Cara orang lain menjalani hidup

6 Sumber Inspirasi dalam Berkarya, Gak Perlu Jauh Mencarinyailustrasi orang berkebutuhan khusus (pexels.com/Marcus Aurelius)

Bila kamu ingin konsisten dalam berkarya, kehidupan orang-orang di sekitarmu dapat memperkaya inspirasimu. Semua orang punya cara masing-masing dalam menjalani hidup. Ada yang menonjol dalam kesederhanaannya, kegigihannya, dan sebagainya.

Beragamnya cara orang dalam menjalani hidup ini bisa kamu angkat menjadi karya. Jangan justru berpikir hanya caramu dalam menjalani hidup yang menarik. Kalau cara berpikirmu begitu, kamu akan kesulitan menemukan daya tarik dari cara hidup orang lain dan menganggapnya biasa saja.

3. Buku dan film

6 Sumber Inspirasi dalam Berkarya, Gak Perlu Jauh Mencarinyailustrasi menonton film (pexels.com/cottonbro)

Apa pun genre buku atau film yang kamu nikmati, jangan berhenti hanya pada menjadikannya hiburan di waktu luang. Juga hindari merasa puas cuma dengan menyerap berbagai informasi yang diperoleh dari buku maupun film.

Olah lagi informasi-informasi tersebut sehingga kamu siap meneruskannya dalam karya yang berbeda. Ketika film yang kamu tonton dipenuhi kesedihan misalnya, dirimu nantinya bisa menciptakan lagu yang menggambarkan perasaan sedih dan kesepian.

Baca Juga: 7 Tips Mencari Inspirasi Agar Tulisanmu Tidak Membosankan

4. Perjalanan hidup seseorang

6 Sumber Inspirasi dalam Berkarya, Gak Perlu Jauh Mencarinyailustrasi mengobrol (pexels.com/Edmond Dantès)

Di antara sekian banyak orang yang kamu kenal, pasti ada yang perjalanan hidupnya menarik. Contoh, teman yang dahulu hidup dalam keterbatasan ekonomi bersama keluarganya. Namun, kini kehidupannya telah banyak berubah bahkan usahanya sukses.

Sosok demikian tentunya sangat inspiratif. Gali ceritanya bagaimana ia dapat mengubah nasib. Kalaupun kamu belum memiliki teman yang perjalanan hidupnya seinspiratif ini, pasti banyak tokoh publik dengan kisah hidup yang layak disimak.

5. Perasaan sendiri

6 Sumber Inspirasi dalam Berkarya, Gak Perlu Jauh Mencarinyailustrasi merenung (pexels.com/Thiago)

Semua yang kamu rasakan adalah gudang inspirasi dalam berkarya. Baik perasaan positif maupun negatif, keduanya dapat memampukanmu menghasilkan karya Daripada kamu sekadar uring-uringan kala suasana hatimu buruk, berkarya akan lebih baik.

Keuntungan dari menjadikan perasaan sendiri sebagai inspirasi ialah dirimu lebih menjiwai suatu peristiwa. Seperti bila kamu menuliskan cerita yang sesungguhnya kisah hidupmu. Semua tokoh di dalamnya pasti terasa sangat nyata dan alurnya mudah diikuti oleh pembaca.

6. Segala yang terjadi di sekitarmu

6 Sumber Inspirasi dalam Berkarya, Gak Perlu Jauh Mencarinyailustrasi berjalan (pexels.com/Andrea Bova)

Dengan jiwa puitismu, daun yang jatuh di tepi jalan pun dapat menjelma karya puisi yang indah. Begitu juga langkah orang-orang yang bergegas pergi bekerja di pagi hari bisa menjadi kalimat pertama dalam cerpenmu.

Bisa juga ketidakpedulian banyak orang terhadap korban kejahatan di jalan yang menjadi tanda matinya nurani dan empati. Tidak pernah ada hari yang sepenuhnya kosong dari kejadian-kejadian. Cermati dan simpan poin pentingnya di laci memorimu agar dapat menjadi inspirasi dalam berkarya.

Untuk menjaga produktivitasmu dalam berkarya, kamu memerlukan banyak sekali inspirasi. Maksimalkan sumber-sumber inspirasi di atas guna memperpanjang napasmu dalam berkarya. Jangan menunggu hal-hal besar sebagai inspirasi sebab peristiwa kecil pun dapat mengilhami kamu.

Baca Juga: 7 Situs Terbaik untuk Mencari Inspirasi Desain Grafis

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya