Comscore Tracker

5 Tanda Kegemaranmu Menyendiri Sudah Gak Sehat, Yuk Gaul Dulu

#IDNTimesLife Gak harus ramai, yang penting gak terkucil

Kebutuhan setiap orang dalam bergaul memang berbeda-beda. Ada yang gak bisa sendirian sebentar saja. Ada juga yang merasa kurang nyaman berada di tengah orang banyak.

Biasanya, tipe pertama adalah orang-orang dengan kepribadian ekstrover sedangkan tipe kedua ialah pemilik kepribadian introver. Meski begitu, kita semua tetap membutuhkan keterhubungan dengan orang lain. Gak bisa begitu saja ditiadakan.

Kalaupun kamu cenderung introver, kamu perlu tahu nih, lima tanda kesukaanmu menyendiri sudah gak sehat dan perlu diubah. Apa sajakah itu? Baca terus sampai habis ya!

1. Jadi takut bertemu orang

5 Tanda Kegemaranmu Menyendiri Sudah Gak Sehat, Yuk Gaul DuluPexels.com/sheep-556180

Kalau sekadar degdegan membayangkan pertemuan pertama kali dengan seseorang, ini masih wajar. Kamu belum mengenalnya sehingga gak tahu karakternya. Apakah dia orang yang ramah atau malah judes?

Apakah kamu akan nyambung mengobrol dengannya atau gak? Dan sebagainya. Namun jika lama-kelamaan mau bertemu teman lama atau saudara saja jadi ragu, berarti kebiasaanmu menyendiri selama ini sudah gak baik.

Kan, kamu tahu mereka gak berbahaya. Jangan-jangan, saking lamanya menyendiri, tanpa sadar kamu sudah melupakan sifat-sifat baik mereka dan mengembangkan pikiran yang aneh-aneh tentang mereka. Kamu telah 'tertipu' oleh pikiran sendiri.

2. Kesendirianmu gak menunjang produktivitas

5 Tanda Kegemaranmu Menyendiri Sudah Gak Sehat, Yuk Gaul DuluPexels.com/7hust

Menyendiri memang kadang diperlukan untuk menjaga bahkan meningkatkan produktivitasmu. Misal, biar kamu lebih fokus dalam bekerja. Terlebih jika pekerjaanmu bersifat individual dan membutuhkan konsentrasi tinggi.

Namun jika kesendirianmu gak menghasilkan apa-apa, berarti itu gak cukup berguna untuk diteruskan. Apalagi kalau malah menurunkan produktivitasmu, bikin kamu loyo terus, atau hidupmu begitu-begitu saja. Mungkin yang kamu butuhkan justru bersama orang lain biar lebih termotivasi dalam menjalani hari.

3. Menganggap gak penting interaksi dengan orang lain

5 Tanda Kegemaranmu Menyendiri Sudah Gak Sehat, Yuk Gaul DuluPexels.com/arnon-suksumran-367077

Hati-hati, terlalu asyik menyendiri bisa bikin kamu berpikir dan merasa berlawanan dengan takdirmu, lho! Bagaimanapun, kita ditakdirkan sebagai makhluk sosial. Kita akan selalu membutuhkan kehadiran orang lain dalam segala aspek kehidupan kita.

Jangan sampai kamu berpikir gak perlu lagi berinteraksi dengan orang-orang di sekitarmu. Interaksimu dengan orang lain terbatas sekali, hanya urusan jual beli demi memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jangan begini ya! Kelak kamu ditimpa musibah, nanti kesusahan sendiri. Repot, kan?

Baca Juga: Menyendiri Ternyata Punya Manfaat, Ini 5 Diantaranya...

4. Diam-diam merasa kesepian

5 Tanda Kegemaranmu Menyendiri Sudah Gak Sehat, Yuk Gaul DuluPexels.com/hebert-santos-1346254

Hobi menyendiri yang sehat ditandai oleh beberapa hal. Pertama, tetap terasa menyenangkan. Kedua, terbebas dari kelelahan dan justru memulihkan energi. Ketiga, tetap ada interaksi dengan orang lain sekalipun gak banyak atau gak secara langsung. Keempat, produktivitas tetap terjaga.

Nah, tinggal jujur saja pada diri sendiri. Apakah keempat hal itu masih kamu rasakan atau justru sebenarnya kamu merasa kesepian? Jika kamu sudah mulai merasa kesepian, berarti inilah saatnya untuk kembali membaur dalam pergaulan.

5. Pikiran jadi ke mana-mana

5 Tanda Kegemaranmu Menyendiri Sudah Gak Sehat, Yuk Gaul DuluPexels.com/john-rae-cayabyab-1570188

Pikiran yang selalu melayang-layang, gak jelas apa yang sebenarnya sedang dipikirkan, bahkan mungkin cuma hal-hal negatif terus adalah tanda kesukaanmu menyendiri harus segera diakhiri. Kalau gak, ini akan mengantarmu pada poin 1 dan 2. Jadi takut bertemu orang dan produktivitasmu terus menurun.

Lebih suka menyendiri ketimbang bersama banyak orang itu bukan sesuatu yang salah kok. Seperti dikatakan di awal, kepribadianmu ikut berpengaruh. Namun segala yang berlebihan memang jadi gak baik.

Bila kamu sudah merasakan lima tanda di atas, kamu bisa memulai perubahan dengan menjalin komunikasi dengan orang terdekat. Kalau hanya satu atau dua teman, saudara, atau tetangga tentu ada, kan? Lalu buatlah janji temu dan teruslah melakukan hal ini.

Kamu mungkin memang gak butuh lingkar pertemanan yang besar dan riuh. Namun kamu pasti tetap butuh orang lain untuk menyelamatkanmu dari perasaan hampa. Lebih suka menyendiri, boleh. Mengucilkan diri, jangan!

Baca Juga: Mudah Bergaul, 5 Zodiak Ini Justru Senang Menyendiri

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya