Comscore Tracker

Bikin Gampang Stres, 5 Tanda Penilaian Orang Sangat Penting Bagimu 

#IDNTimesLife Jadi diri sendiri saja ya?

Penilaian orang lain bukannya sama sekali gak penting. Kadang kita juga membutuhkannya agar bisa memperbaiki diri. Namun jika terlalu menggantungkan diri pada penilaian orang, kita akan mudah cemas dan tertekan.

Ingin tahu apakah kamu termasuk sangat mementingkan penilaian orang atau gak? Langsung saja cek tanda-tandanya di bawah ini!

1. Kamu sering banget bertanya ke orang lain, “Menurutmu, aku bagaimana?” atau, “Menurutmu, aku seperti apa?” 

Bikin Gampang Stres, 5 Tanda Penilaian Orang Sangat Penting Bagimu Unsplash.com/photosandres

Pertanyaan ini bisa dalam konteks sifat maupun penampilan. Makin sering kamu menanyakannya pada siapa pun, kamu makin tampak kurang mengenal diri sendiri. Kamu membutuhkan penilaian orang lain untuk memperjelas jati dirimu.

Padahal, kerap melontarkan pertanyaan seperti ini mengandung risiko. Pertama, jika kamu bertanya pada orang yang gak cukup mengenalmu dengan harapan jawabannya akan netral, bisa jadi ia malah menjawab asal-asalan.

Sayangnya, kamu memercayainya. Kedua, bila kamu bertanya pada orang terdekat, barangkali dia merasa gak enak untuk jujur. Sehingga jawaban yang didapatkan hanyalah yang baik-baik atau bahkan dilebih-lebihkan, demi menyenangkan hatimu.

Lagi-lagi, kamu memercayainya begitu saja. Risiko ketiga, dengan begitu banyaknya jawaban yang berbeda-beda, kamu malah jadi makin bingung tentang diri sendiri.

2. Kalau jawabannya kurang sesuai dengan harapan, kamu terus kepikiran 

Bikin Gampang Stres, 5 Tanda Penilaian Orang Sangat Penting Bagimu Unsplash.com/courtneynuss

Dengan mengajukan pertanyaan seperti dalam poin pertama, sedikit banyak kamu tentu mengharapkan penilaian yang positif. Lantas bagaimana jika orang-orang justru memberikan penilaian negatif?

Kamu akan sangat memikirkannya seakan-akan itu pasti kebenaran. Padahal seperti dijelaskan sebelumnya, bisa saja orang hanya menjawab asal-asalan. Ada pula yang gak mudah mengakui sisi positif orang lain, sehingga yang disampaikannya hanyalah sisi negatifmu.

Juga gak menutup kemungkinan, memang ada orang yang dengan sengaja ingin menjatuhkan mentalmu dengan penilaian yang buruk. Bayangkan bila kamu termakan penilaian-penilaian negatif itu.

Kamu mungkin akan terdorong untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Akan tetapi bisa juga kamu malah jadi minder, gak bahagia, atau menekan diri sendiri terlalu keras.

3. Kalau jawabannya positif, kepercayaan dirimu meningkat tajam 

Bikin Gampang Stres, 5 Tanda Penilaian Orang Sangat Penting Bagimu Unsplash.com/oscarneira

Sekarang bagaimana bila kamu mendapatkan banyak penilaian positif? Tentu kamu akan merasa puas. Kepercayaan dirimu melonjak.

Sayangnya, ketika penilaian orang lain telah menjadi amat penting bagimu, kamu akan kesulitan membedakan jawaban jujur dengan yang sekadar untuk menyenangkan hatimu.

Hatimu sudah telanjur melambung sebelum kamu sempat memikirkannya. Maka bila ternyata penilaian positif itu hanya basa-basi, kamu malah jadi sukar memperbaiki diri. Orang-orang itu gak membantumu melihat dirimu yang sesungguhnya.

Baca Juga: 5 Sumber Motivasi Agar Kamu Bisa Manfaatkan Hidup Sebaik Mungkin

4. Penting banget untukmu memenuhi definisi keren orang-orang 

Bikin Gampang Stres, 5 Tanda Penilaian Orang Sangat Penting Bagimu Unsplash.com/napats

Dalam hal penampilan, kamu terobsesi untuk selalu tampil sempurna dan mengikuti tren biar disebut keren. Masih terbilang gak apa-apa bila kamu bisa menikmatinya. Namun jika sudah muncul kecemasan akan ketinggalan tren atau sampai memaksakan kantong demi tampil keren, ini gak sehat.

Dalam hal prestasi pun, motivasi terbesarmu adalah untuk mendapatkan pujian dari orang lain. Kamu akan seketika loyo bila orang-orang gak membanjirimu dengan pujian saat mencapai suatu prestasi.

Akibatnya, prestasimu hanya akan naik turun sebelum akhirnya terus mengalami kemunduran. Tentu saja, ini membuatmu makin gak keren dan kamu jadi stres. Begitu pula dalam memilih bidang untuk digeluti.

Kamu memilihnya hanya karena orang-orang menganggapnya keren. Padahal tanpa kemampuan yang cukup dan minat yang sesuai, kamu malah jadi kesulitan sendiri dan gak bisa berkembang.

5. Terlalu takut mengecewakan orang lain, malah jadi sering memaksakan diri 

Bikin Gampang Stres, 5 Tanda Penilaian Orang Sangat Penting Bagimu Unsplash.com/juakho

Gara-gara ingin selalu dicap sebagai orang baik, kamu malah jadi gak pernah berani menolak permintaan orang lain, apa pun itu. Bahkan saat permintaan itu jelas-jelas merugikan atau mengganggumu.

Padahal di dunia ini gak sedikit tipe orang yang sekali diluluskan permintaannya, akan makin menjadi-jadi. Kamu kehilangan waktu untuk diri sendiri. Urusan-urusan pribadimu pun telantar.

Bahkan gak jarang kamu mengeluarkan uang melebihi kemampuan demi menyenangkan orang lain. Padahal hendak bersikap sebaik apa pun, akan tetap ada orang yang menilaimu sebaliknya.

Maka seharusnya kamu gak perlu terlalu menganggap penting penilaian orang lain. Jadilah diri sendiri dan sesuai dengan kemampuanmu saja. Begini akan membuatmu lebih bisa menikmati hidup.

Baca Juga: 10 Pepatah Jawa yang Bisa Dijadikan Pengingat dan Motivasi Kehidupan

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya