Comscore Tracker

Gampang Baper di Medsos? Gak Lagi Kalau Kamu Menerapkan 5 Hal Ini 

#IDNTimesLife Jangan serius-serius amat, ya! 

Zaman sekarang, siapa sih, yang gak punya akun media sosial? Hampir semuanya punya sekalipun mungkin hanya satu dan gak terlalu aktif. Media sosial memang memberi banyak manfaat.

Selain menghubungkanmu dengan banyak orang di berbagai belahan dunia, beragam informasi juga bisa didapatkan. Bahkan, menunjang pekerjaanmu. Namun apa jadinya kalau bermedia sosial malah bikin kamu gampang baper?

Nah, biar perasaanmu lebih kebal saat menggunakan media sosial, ikuti rambu-rambu berikut ini ya!

1. Gak usah berpikir seseorang menyindirmu melalui unggahannya kalau gak ada bukti kuat 

Gampang Baper di Medsos? Gak Lagi Kalau Kamu Menerapkan 5 Hal Ini Unsplash.com/brunocervera

Isi hati orang, siapa yang tahu sih? Sekalipun statusnya terasa mengenai kamu, jangan tergesa-gesa meyakini dia sedang menyindirmu, ya! Apalagi kalau dia memang gak menyebut namamu, inisialmu, atau ciri-ciri yang kamu banget.

Jangan sampai, kamu jadi kesal pada orang yang sebenarnya gak ada masalah sama kamu. Ingat, teman dia gak cuma kamu. Di dunia maya maupun nyata, teman dia banyak banget. Jadi sangat mungkin tulisan itu gak ditujukan buatmu.

2. Gak usah terlalu berharap di-follback atau permintaan pertemananmu diterima 

Gampang Baper di Medsos? Gak Lagi Kalau Kamu Menerapkan 5 Hal Ini Unsplash.com/sooprun

Gak ada yang salah dari kebiasaan follback sejauh dilakukan dengan sukarela. Kamu gak bisa dong, memaksa orang untuk berteman denganmu atau mengikuti akunmu? Terlebih kalau kamu kenal dia, tetapi dia gak kenal kamu.

Masih banyak faktor lain yang bikin orang gak follback kamu atau menerima permintaan pertemananmu. Seperti profilmu gak tampak menarik dan unggahan-unggahanmu gak relevan dengan dunianya.

Atau malah, sama sekali gak ada unggahan di beranda akunmu. Nama akunmu juga bukan nama asli, foto profil gak jelas, atau akunmu di-private sehingga dia gak bisa mengira-ngira kamu siapa dan bagaimana karaktermu.

3. Gak usah kasih like, love, dan sejenisnya di unggahan orang kalau cuma berharap balasan

Gampang Baper di Medsos? Gak Lagi Kalau Kamu Menerapkan 5 Hal Ini Unsplash.com/kingtole23

Dalam pergaulanmu dengan siapa pun, baik di medsos maupun kehidupan sehari-hari, ketulusan dan berani jadi apa adanya adalah kunci. Mungkin kamu juga punya maksud baik seperti menunjukkan perhatian atau dukungan pada seseorang.

Namun kalau kamu sudah berharap orang itu juga sering memberi like atau love di unggahanmu, ini sudah gak sehat. Nanti kalau dia gak menjadi seperti yang kamu inginkan, kamu kecewa. Bahkan mungkin marah padanya dan mengecapnya sombong.

Baca Juga: Daripada Kamu Baper Lagi dan Kecewa, Lebih Baik Hindari 5 Tipe Ini

4. Gak usah berburuk sangka kalau komentar atau pesanmu gak kunjung dibalas 

Gampang Baper di Medsos? Gak Lagi Kalau Kamu Menerapkan 5 Hal Ini Unsplash.com/thefakebhogra

Sudah sering mengomentari unggahannya atau mengirim pesan pribadi, tetapi gak juga dibalas. Kesal? Pertimbangkan dahulu kemungkinan-kemungkinan penyebabnya. Bisa jadi dia gak cukup mengenalmu sehingga kurang nyaman untuk menjawab.

Bisa juga notifikasi di akunnya banyak sekali sehingga komentar atau pesanmu terselip. Atau, dia jadi gak sempat membalasnya satu per satu. Mungkin juga isi komentar dan pesanmu dirasanya gak perlu dijawab.

Dan jangan lupa, kamu gak tahu kan, kesibukan dia apa saja? Kalau di dunia nyata dia sudah amat sibuk, kemungkinan besar dia gak punya cukup waktu dan tenaga lagi untuk merespons setiap komentar atau pesan. Kembangkan rasa pengertian saja, oke?

5. Ingat selalu bahwa berinteraksi melalui dunia maya gak sama dengan secara langsung 

Gampang Baper di Medsos? Gak Lagi Kalau Kamu Menerapkan 5 Hal Ini Unsplash.com/timmossholder

Kalau kamu berpikir interaksi di dunia maya seperti copy paste interaksi sehari-hari di dunia nyata, ini kurang tepat. Bagaimanapun, sebagian besar teman di media sosial belum pernah bertemu langsung.

Kalaupun bertemu, mungkin cuma sebentar dan jarang sekali. Saat berkomunikasi di dunia maya, kamu juga gak bisa melihat bahasa nonverbal lawan bicara. Jadi, pengenalanmu akan teman-teman di media sosial banyak yang cuma di permukaan.

Dengan kesadaran ini, paham kan, kenapa kamu gak perlu terlalu cepat percaya atau justru kelewat berburuk sangka pada teman di medsos? Gak usah kelewat serius memikirkan apa pun yang terjadi di media sosial. Dibawa santai saja, ya!

Baca Juga: Paling Stabil Emosinya, 5 Zodiak Ini Gak Mudah Terpengaruh & Baper

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya