Comscore Tracker

5 Tips agar Hidup Tak Terasa Suram, Utamakan Sehat Fisik dan Mental

Jaga semangat gak selalu mudah tapi harus

Hidup yang terasa suram tidak memastikan tiadanya hal-hal baik dalam kehidupanmu. Sering kali ini akibat perasaanmu saja yang sedang terlalu negatif. Kamu kehilangan antusiasme terhadap hidup sendiri.

Kamu mesti keluar dari perasaan bahwa hidupmu gak seterang kehidupan orang lain. Lebih perhatikan bagaimana caramu menjalaninya selama ini. Kemudian lakukan perubahan yang positif ini agar hidupmu tak suram.

1. Investasi di kesehatan fisik dan mental

5 Tips agar Hidup Tak Terasa Suram, Utamakan Sehat Fisik dan Mentalilustrasi berolahraga (pexels.com/Burst)

Kesehatan fisik dan mental adalah fondasi dari kehidupanmu. Semua kegiatan memerlukan kondisi jasmani dan rohani yang prima. Menomorduakan aspek kesehatan sama dengan mengancam banyak aktivitasmu.

Jangan menunda waktu istirahat, apalagi demi bergadang yang tak ada gunanya. Ingatkan diri untuk tidak terlalu mencemaskan sesuatu dan menjalani hidup tahap demi tahap. Tekanan fisik dan psikis yang berlebihan akan mengacaukan emosi, pikiran, dan akhirnya kehidupanmu.

2. Jangan biarkan orang lain mematahkan semangatmu

5 Tips agar Hidup Tak Terasa Suram, Utamakan Sehat Fisik dan Mentalilustrasi berbaring (pexels.com/Tobi)

Mengurangi sensitivitasmu terhadap perkataan orang lain akan membantu menjaga semangat. Kamu tahu bahwa orang yang paling sedikit pengetahuannya justru paling suka menakut-nakuti. Dirimu menjadi diliputi keraguan sebelum akhirnya menyerah.

Buatlah pertahanan dalam diri untuk menangkal pengaruh orang lain yang dapat membuatmu putus asa. Kamu bisa belajar lebih cuek atau secara terang-terangan mendebat perkataan orang yang nyaris membuatmu kehilangan semangat. Kalau mereka tahu keyakinanmu, mereka bakal lebih menahan diri.

Baca Juga: 6 Cara Efektif Hadapi Perubahan dalam Hidup

3. Cintai pekerjaanmu

5 Tips agar Hidup Tak Terasa Suram, Utamakan Sehat Fisik dan Mentalilustrasi seorang pria (pexels.com/Anthony Yates)

Sekalipun sama-sama tetap mendapatkan uang, bekerja dengan perasaan kesal adalah sumber penderitaan. Kadang malah menerima gajinya saja bikin kamu tambah sebal. Rasanya, pendapatan itu gak bisa menebus kelelahanmu.

Apakah betul masalahnya ada di besaran penghasilan? Atau perasaanmu akan menjadi lebih baik apabila bekerja dengan rasa cinta? Pekerjaanmu bukanlah yang terburuk, bahkan ini anugerah, jika kamu melakukannya dengan rasa cinta yang besar.

4. Jadi generasi yang belajar sepanjang masa

5 Tips agar Hidup Tak Terasa Suram, Utamakan Sehat Fisik dan Mentalilustrasi membaca (pexels.com/cottonbro studio)

Belajar sepanjang masa merupakan cara untuk terus menyelaraskan diri dengan perubahan. Maka keengganan untuk belajar membuatmu merasa tertinggal dan kesulitan memenuhi tuntutan hidup. Apa yang kamu pikirkan serta lakukan menjadi kurang relevan.

Jarak antara dirimu dengan kehidupan di luar sana terasa terus memanjang. Hentikan dan pendekkan jarak ini dengan kembali mempelajari apa saja. Kamu bisa memulai dengan hal-hal yang menarik minatmu dan terkait bidang kerjamu supaya hasil belajarnya langsung terpakai.

5. Salurkan kreativitas dengan cara yang tepat

5 Tips agar Hidup Tak Terasa Suram, Utamakan Sehat Fisik dan Mentalilustrasi kreativitas (pexels.com/Nubia Navarro (nubikini))

Anak muda punya daya kreatif yang luar biasa. Namun jika tidak disalurkan dengan cara yang tepat, hasilnya menjadi minim apresiasi. Sebagai kreatornya, kamu akan merasa karyamu dianggap jelek oleh orang-orang. Padahal, dirimu hanya salah menempatkannya.

Contohnya, kreativitas yang disalurkan dengan asal mencoret-coret bangunan justru gak diperhatikan oleh pengguna jalan. Bahkan dicela karena merusak keindahan kota. Akan tetapi jika dibuat karya serta dijual di situs yang tepat, kamu akan memperoleh apresiasi yang sesuai.

Hidup yang terasa suram mesti dicari penyebabnya. Masih kurangnya usahamu dalam menjalani hidup dengan cara-cara terbaik bisa menjadi permasalahannya. Terapkan lima tips di atas dan lihat perubahan dalam hidupmu.

Baca Juga: 5 Manfaat Bermain Imajinasi untuk Semangat Hidup

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya