Comscore Tracker

5 Tips Kuatkan Diri di Tengah Badai Kehidupan, Perlu Strategi Bertahan

Berusahalah sambil melihat kondisi

Bentuk dari badai kehidupan dapat bermacam-macam. Kehilangan pekerjaan, kebangkrutan bisnis, ditinggal pasangan atau orang-orang terdekat lainnya, dan sebagainya.

Apa pun itu, badai kehidupan selalu tentang ujian besar yang tidak mudah dilalui. Kamu mengalami masa-masa terpuruk, bahkan mungkin sampai saat ini pun masih berada di tenghanya.

Kekuatan mentalmu sangat diuji saat menghadapi fase tersebut. Walaupun kamu seperti telah babak belur dihantam badai kehidupan, bertahanlah dengan mengingat kelima hal di bawah ini. Jangan putus asa, ya!

1. Tidak ada badai yang tak pernah berhenti

5 Tips Kuatkan Diri di Tengah Badai Kehidupan, Perlu Strategi Bertahanilustrasi bersepeda di tengah badai (unsplash.com/Clay LeConey)

Badai kehidupan memang hanya kiasan. Namun itu sama saja dengan badai dalam arti yang sesungguhnya, yaitu tidak akan terus terjadi. Cepat atau lambat, pasti berhenti juga. Bahkan makin dahsyat badainya, biasanya waktu berhentinya juga makin cepat.

Barangkali benar bahwa segala hal di dunia ini telah diukur dengan tepat oleh Tuhan. Dia tahu ketahanan manusia dalam menghadapi badai tidaklah tinggi. Manusia selalu lebih menyukai hidup yang mudah ketimbang penderitaan. Tuhan ingin kamu tidak sampai menyerah.

2. Gunakan strategi berusaha semampumu atau cukup bertahan

5 Tips Kuatkan Diri di Tengah Badai Kehidupan, Perlu Strategi Bertahanilustrasi pria dan pasang air laut (pexels.com/Adi Perets)

Apa yang harus kamu lakukan ketika badai menerpa? Tentu saja kamu kudu segera mencari tempat untuk berlindung. Apabila memungkinkan, kamu bahkan perlu lari menjauhi pusat badai.

Namun jika kamu telanjur terjebak di tengah badai, menjalankan strategi bertahan saja sudah cukup. Jangan memaksakan keadaan yang telah tak memungkinkan dengan keluar dari tempat persembunyianmu dan mencoba pergi.

Bila itu nekat dilakukan, kemungkinan besar kamu malah tidak selamat. Bertahanlah di tempat persembunyianmu hingga badai mereda bahkan benar-benar berhenti. Jangan menciptakan bahaya di tengah bahaya.

Baca Juga: 5 Fakta Pahit Kehidupan yang Bila Disadari Bikin Tangguh

3. Akan ada cahaya di tengah kegelapan

5 Tips Kuatkan Diri di Tengah Badai Kehidupan, Perlu Strategi Bertahanilustrasi cahaya di tengah kegelapan (pexels.com/Rahul Pandit)

Pertanyaanmu pasti, "Kapan cahaya itu akan muncul atau tampak?" Memang tidak ada yang tahu dengan pasti. Akan tetapi, kamu harus selalu menjawab dalam hati, "Sebentar lagi."

Bila tidak begitu, kamu bakal merasa sudah lama sama sekali melakukan strategi bertahan di tempat persembunyian atau berusaha meloloskan diri dari badai tanpa hasil yang sesuai dengan ekspektasi. Niscaya kesabaranmu habis dan kamu dapat melakukan hal-hal nekat yang membahayakan diri.

4. Yakini bahwa badai menerpa sebagai bentuk peringatan atau ujian buat naik kelas

5 Tips Kuatkan Diri di Tengah Badai Kehidupan, Perlu Strategi Bertahanilustrasi perempuan berpayung (pexels.com/Pixabay)

Peringatan untuk apa atau siapa? Terutama peringatan buat dirimu yang telah melakukan kesalahan. Misalnya, kamu terlalu keras kepala dan tidak berpikir panjang sebelum melakukan sesuatu.

Kalau kamu mampu menyadari sebab-sebab datangnya badai kehidupan, kamu belajar banyak tentang apa yang tak boleh lagi dilakukan di lain waktu. Bisa pula itu semata-mata ujian, layaknya murid yang telah belajar satu semester penuh akan diuji pemahaman dan kemampuannya.

5. Kamu akan mampu menata kehidupanmu lagi

5 Tips Kuatkan Diri di Tengah Badai Kehidupan, Perlu Strategi Bertahanilustrasi berjalan di bukit gersang (pexels.com/Tamar Willoughby)

Hal pertama yang disisakan badai pasti jejak kerusakan, seperti puing-puing bangunan. Kematian orang terdekat atau perceraian misalnya, akan selalu meninggalkan parit luka yang dalam dan panjang. 

Namun, ini tidak berarti parit itu akan selamanya ada dan terlihat mengerikan. Seiring berjalannya waktu dan kamu telah lebih tenang, kamu bahkan dapat membuat taman bunga di sekitar parit itu.

Air mata yang mengalir dari kepedihan-kepedihan justru dapat menyuburkan tanaman bungamu. Maknanya, badai kehidupan bukan hanya menghancurkan, melainkan juga kesempatan buat kamu menata kembali kehidupan sesuai keinginanmu.

Tak ada yang meragukan beratnya berhadapan dengan badai kehidupan. Semua perasaan sedih, cemas, dan tertekanmu bukanlah hal yang salah.

Akan tetapi, di saat seperti ini pun kamu harus tetap membangun kekuatan mental dengan lima tips di atas. Setelah badai dalam kehidupanmu berhenti, semoga kamu menjadi pribadi yang lebih baik dan kehidupanmu kian memuaskan.

Baca Juga: 5 Hal Ini Bisa Menjadikanmu Lebih Kuat saat Menghadapi Cobaan Berat

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya