Comscore Tracker

5 Dampak Positif Apabila Kamu Memiliki Sikap yang Ramah

Pasti kamu akan disukai banyak orang 

Ramah merupakan sikap yang tidak asing lagi untuk dilakukan. Bersikap ramah akan menularkan banyak hal positif untuk diri dan membuat hidupmu lebih bermakna. Keramahan dilakukan bukan saja tentang menyapa orang lain atau memberi salam tapi, kamu dapat mengasihi siapapun tanpa terkecuali dan bersikap santun. 

Karena semua hal yang dimulai dalam menjalin pertemanan dengan orang lain, butuh keramahan untuk memulainya. Oleh sebab itu, kamu tidak akan rugi apabila memiliki sikap yang ramah. Berikut 5 hal positif yang bakal kamu dapatkan. 

1. Kamu akan mendapat pujian yang membangun

5 Dampak Positif Apabila Kamu Memiliki Sikap yang RamahPexels/Oleksandr Pidvalnyi

Hal positif pertama akan kamu dapat apabila bersikap ramah adalah selalu mendapat pujian yang membangun. Orang lain bahkan terkesima melihat sikapmu yang inisiatif untuk terlebih dahulu menyapa. Sehingga dari hal kecil, kamu sudah mendapat pujian yang positif. Ini juga akan menambah semangat dan keyakinan diri bahwa ramah itu baik dan benar untuk terus dilakukan. 

2. Banyak orang yang mau berteman dengan kamu

5 Dampak Positif Apabila Kamu Memiliki Sikap yang RamahPexels/mentatdgt

Ramah dengan orang-orang sekitar akan membuat kamu banyak memiliki teman. Pasti kamu akan sangat nyaman berteman dengan orang ramah dibanding yang angkuh. Dan ramah sudah mewakili seluruh hal positif yang justru membawa kamu untuk mendapat teman yang baik. Sangat bermanfaat, bukan? 

3. Secara otomatis membuat kepercayaan diri bertambah

5 Dampak Positif Apabila Kamu Memiliki Sikap yang RamahPexels/Quốc Bảo

Dengan setiap hari menyapa dan menanyakan kabar dengan orang yang kamu jumpai, itu sudah melatih rasa kepercayaan diri. Memang diawal tidak mudah untuk dilakukan bahkan, masih ada canggung dan sering menunda untuk melakukan. 

Tetapi dengan kamu membuktikan bahwa ramah itu baik dan penting juga dilatih untuk dilakukan maka, percaya diri akan meningkat. Tidak gugup saat berbicara depan banyak orang, berani mengemukakan pendapat saat diskusi, itu menandakan bahwa kamu orang yang percaya diri akibat berani bersikap ramah. 

Baca Juga: 10 Ilustrasi Karakter Libra, Si Pencinta Keseimbangan

4. Mudah beradaptasi dengan lingkungan baru

5 Dampak Positif Apabila Kamu Memiliki Sikap yang RamahPexels/ELEVATE

Orang yang ramah pasti tidak takut lagi saat beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Justru kamu akan menyukainya dan membuatmu senang karena menambah teman baru. Tentu kamu akan langsung diterima oleh lingkungan tersebut dan tidak perlu merasa asing. Ada masa dimana kamu akan dirindukan saat pergi dari lingkungan tersebut. Itu suatu bukti bahwa pengaruh dan hal positif yang kamu bawa sangat berpengaruh buat orang sekitar. 

5. Pandai dalam hal membangun suasana yang lebih menyenangkan

5 Dampak Positif Apabila Kamu Memiliki Sikap yang RamahPexels/Buro Millennial

Bersikap ramah bukan hanya melatih kepercayaan diri tetapi, membuat kamu lebih dewasa dan mengerti dalam membangun suasana. Orang yang ramah pasti mencari topik pembicaraan yang menyenangkan sehingga lawan bicara dapat tertawa lepas. Tentu kamu langsung menjadi sumber penyemangat bagi mereka. 

Teruslah belajar dari hal yang baik untuk membuat diri terus maju dan berkembang. Jadi, jangan bosan-bosan untuk bersikap ramah. 

Baca Juga: 5 Karakter di Harry Potter yang Lebih Oke di Versi Film Daripada Buku

Martha Telaumbanua Photo Verified Writer Martha Telaumbanua

Menginspirasi dengan berkarya:)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya