Comscore Tracker

5 Hal Negatif yang Terjadi Saat Kamu Miliki Sifat Pesimis

#PANJATPOIN Dirimu lebih hebat dari apa yang kamu pikirkan 

Pesimis hanya mematikan semangat kamu untuk meraih segala impian dalam hidup. Merasa tidak pantas berjuang sampai menyerah dan kesedihan yang tidak henti. Itu bermula dari kamu yang masih suka memelihara sifat pesimis. 

Berjuang dan semangat dalam hidup sangat penting agar semua keinginan untuk pesimis dapat diruntuhkan. Sadarlah dan ingat bahwa kamu sangat istimewa dan tidak ada orang yang sempurna.

Nah, ketahui 5 dampak negatif dalam hidup jika kamu memiliki sifat pesimis. 

1. Rasa takut yang besar saat memulai sesuatu

5 Hal Negatif yang Terjadi Saat Kamu Miliki Sifat PesimisPexels/Pixabay

Ketika hidup dipenuhi oleh rasa pesimis maka sangat berdampak buruk bagi diri. Seiring berjalannya waktu, pasti kamu akan memiliki rasa takut yang besar untuk memulai sesuatu. Padahal itu hanyalah asumsi sendiri yang kenyataannya belum tentu benar. Tetapi sifat pesimis yang terlalu besar membuat kamu sudah berpikir bahwa diri tidak mampu. 

Sadarlah mulai dari sekarang bahwa hal yang besar akan kamu lewati tanpa harus ada sifat pesimis. Jadi, buanglah segala kekurangan dalam diri seperti selalu berpikir pesimis. 

2. Semangat dan kepribadian mudah tergoyah

5 Hal Negatif yang Terjadi Saat Kamu Miliki Sifat PesimisPexels/Tim Gouw

Pesimis membuat kamu tidak punya pendirian. Dan hidup akan sulit bangkit jika kamu terus nyaman untuk pesimis. Jangan bangga ketika kamu suka pesimis, justru itu akan secara otomatis membuat semangat dan kepribadianmu tergoyah. Melihat kelebihan dalam diri itu penting agar sifat pesimis itu dapat hilang secara perlahan. 

Baca Juga: 5 Lagu Indie yang Liriknya Bikin Semangat Saat Lagi Down

3. Sulit untuk bermimpi besar

5 Hal Negatif yang Terjadi Saat Kamu Miliki Sifat PesimisPexels/bruce mars

Orang yang pesimis pasti sulit untuk bermimpi besar. Tidak yakin pada diri dan suka membandingkan adalah suatu hal yang terus dilakukan oleh kamu yang pesimis. Berani bermimpi besar adalah salah satu solusi agar mudah mencapai kesuksesan. Dan bagi kamu orang yang pesimis pasti hidup akan menjadi biasa-biasa saja. Sangat rugi, bukan? 

4. Menganggap diri tidak berguna

5 Hal Negatif yang Terjadi Saat Kamu Miliki Sifat PesimisPexels/bruce mars

Dampak negatif lainnya yang akan kamu alami yaitu munculnya perasaan bahwa diri tidak berguna. Dan kamu sendiri tidak dapat menarik pembelajaran dalam setiap kejadian hidup. Justru kamu akan menganggap diri tidak pantas melakukan banyak hal. Bukan orang lain yang rugi tetapi kamu sendiri yang siap-siap mengalami kerugiannya. 

5. Tidak memiliki tujuan hidup yang jelas

5 Hal Negatif yang Terjadi Saat Kamu Miliki Sifat PesimisPexels/Moose Photo

Sifat pesimis akan membawa hidupmu tidak memiliki tujuan yang jelas. Setiap detik arah tujuan terus berubah bahkan, kamu tidak berpikir untuk keluar dari kelemahan ini. Ketika hidup tidak memiliki tujuan yang jelas, maka kamu sendiri yang akan dipermainkan oleh hidup. Sehingga kamu sulit mengontrolnya dan sampai tidak tahu mau berbuat apa. 

Perubahan hidup dimulai dari diri sendiri jadi jangan melihat kepada hidup orang lain. Karena semua hal itu hanya membuat sifat pesimis dalam diri bertambah. 

Baca Juga: 10 Kutipan Kalimat Bill Gates yang Akan Menginspirasi Hidupmu

Martha Telaumbanua Photo Verified Writer Martha Telaumbanua

Penulis muda yang selalu berkarya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya