Comscore Tracker

5 Dampak Negatif akibat Kamu Suka Berutang, Jangan Jadi Kebiasaan!

Sifat buruk ini harus segera diubah!

Memang berutang itu tidak salah apalagi uangnya untuk menutupi kebutuhan. Tetapi kamu harus perlu tahu, sering berutang bisa menjadi kebiasaan buruk. Ketika kamu tidak dapat membayarnya pasti menjadi masalah baru dalam hidup. Oleh sebab itu, ketahui lima dampak negatif berikut ini akibat kamu suka berutang. 

1. Sulit mencapai kesuksesan

5 Dampak Negatif akibat Kamu Suka Berutang, Jangan Jadi Kebiasaan!Unsplash/Ethan Sykes

Banyak utang buat hidup sulit mencapai kesuksesan. Berutang membuat kamu tidak dapat dipercayai. Semua hal yang kamu lakukan akan sia-sia. Kebanyakan orang menabung untuk masa depannya sedangkan kamu tidak. Malah sibuk meminjam uang padahal kamu harus menabung. Jadi orang lain lebih dulu mencapai kesuksesannya dibandingkan kamu.

2. Kepercayaan diri semakin menurun

5 Dampak Negatif akibat Kamu Suka Berutang, Jangan Jadi Kebiasaan!Pexels/Yogendra Singh

Suka berutang itu membuat kepercayaan diri kamu semakin menurun. Pasalnya, orang sekitar akan memberi kamu cap sebagai orang yang suka berutang. Julukan tersebut yang membuat kamu tidak percaya diri. Dan ditambah lagi keuangan kamu akan semakin buruk. Sebab untuk menjadi orang yang percaya diri tapi banyak utang, sangatlah mustahil. 

Baca Juga: 7 Alasan Logis Kenapa Kamu Perlu Menghindari Kebiasaan Berutang

3. Tidak memiliki kedamaian dalam hidup

5 Dampak Negatif akibat Kamu Suka Berutang, Jangan Jadi Kebiasaan!Pexels/Andrea Piacquadio

Jangan harap kedamaian dalam hidup kamu dapat ketika banyak utang. Pasalnya, beban untuk membayar banyak utang tersebut membuat kamu tidak memiliki semangat hidup. Sampai akhirnya utang berakhir, barulah kamu mendapat kebahagiaan juga ketenangan hidup yang sesungguhnya. 

4. Tidak dapat hidup mandiri

5 Dampak Negatif akibat Kamu Suka Berutang, Jangan Jadi Kebiasaan!Pexels/Маша Реймерс

Suka berutang membentuk karakter kamu menjadi tidak mandiri. Ketika berada di masa sulit kamu mengharapkan bantuan orang tanpa berusaha. Seandainya kamu bekerja lebih giat pasti utang tidak menjadi banyak. Dan ini sebaliknya, kamu selalu bergantung dengan orang dan itu buat kamu tidak mandiri.

5. Rentan terkena stres

5 Dampak Negatif akibat Kamu Suka Berutang, Jangan Jadi Kebiasaan!Pexels/Kat Jayne

Dampak negatif terakhir ketika kamu suka berutang adalah rentan terkena stres. Jangan coba-coba banyak utang jika kamu tidak sanggup membayarnya. Memang terkadang kamu tergoda untuk membeli segalanya yang bukan kebutuhan. Tapi itu adalah sifat serakah yang buat sistem keuangan kamu rusak. Pikiran jadi bertambah dan bingung bagaimana cara menutupi utang. Akibatnya stres akan melanda kamu. 

Itu tadi lima dampak negatif akibat kamu suka berutang. Lebih baik hidup sederhana dan kamu bahagia daripada utang ada di mana-mana.

Baca Juga: 5 Hal Negatif yang Akan Didapat Jika Kamu Bertahan di Zona Nyaman

Martha Telaumbanua Photo Verified Writer Martha Telaumbanua

Penulis muda yang selalu berkarya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya