Comscore Tracker

5 Dampak Negatif Apabila Suka Ngambek, Jangan Sampai Itu Kamu! 

Tidak ada yang berteman dengan kamu

Sikap yang buruk tidak pantas untuk kamu pelihara dan jangan sampai menjadi kebiasaan. Seperti suka ngambek adalah sikap yang harus segera dibuang. Jangan semua hal yang terjadi sesuai dengan kemauan dan perintah kamu. Tapi cobalah untuk mengerti orang lain. 

Penting kamu ketahui bahwa ngambek bukan hanya merugikan diri sendiri tetapi, dapat menghancurkan pertemananmu. Nah, berikut ini lima dampak negatif apabila suka ngambek. 

1. Tidak memiliki teman

5 Dampak Negatif Apabila Suka Ngambek, Jangan Sampai Itu Kamu! Pexels/Keenan Constance

Seiring berjalannya waktu, kamu sering membiasakan diri dengan ngambek dan hal tersebut dapat merusak hubungan pertemananmu. Tidak semua orang harus mengabulkan permintaan kamu. Jadi, ketika kamu terus memberikan sikap cuek dan tiba-tiba marah maka, tidak lama teman-temanmu akan bosan dan menjauh dari kamu. 

2. Sulit mengendalikan emosi

5 Dampak Negatif Apabila Suka Ngambek, Jangan Sampai Itu Kamu! Pexels/Pixabay

Orang yang ngambek biasanya sulit mengendalikan emosi. Pasalnya, ia sendiri tidak tahu kapan harus marah, sedih bahkan tertawa. Jika sudah ngambek maka, semua perasaannya akan terbawa dan merusak segalanya. Yang tadinya semua orang tertawa, ia malah menjauh dan marah. Ini juga membuat orang yang ngambek suka menyendiri.

Baca Juga: 5 Manajemen Emosi yang Menandakan Bahwa Kamu Telah Dewasa

3. Tidak dapat menemukan kelebihan dalam diri

5 Dampak Negatif Apabila Suka Ngambek, Jangan Sampai Itu Kamu! Pexels/Keenan Constance

Ketika ngambek kamu hanya fokus pada sikap orang lain dan keadaan. Jika tidak ada yang sesuai maka kamu langsung kesal dan marah. Setiap saat tanpa kamu sadar, itu terus yang di pikiran dan hatimu. Otomatis sifat buruk yang terus mengendap dalam diri bukan kelebihan positif yang kamu asah. 

4. Hidup selalu penuh dengan tekanan

5 Dampak Negatif Apabila Suka Ngambek, Jangan Sampai Itu Kamu! Pexels/bruce mars

Setiap kali kamu ngambek justru menambah masalah dalam hidup. Kamu akan dijauhi dan itu yang membuat hidup mendapat tekanan. Memikirkan beban yang seharusnya tidak kamu lakukan. Sadar dan cobalah memperbaiki segalanya, walaupun sudah terlanjur banyak tapi masih ada kesempatan, kok. Alhasil, tekanan akan berkurang dan kamu dapat kembali tersenyum. 

5. Tidak dapat menjadi pemimpin

5 Dampak Negatif Apabila Suka Ngambek, Jangan Sampai Itu Kamu! Pexels/Moose Photo

Suka ngambek bisa menjadi lawan dalam mencapai kesuksesan. Misalnya, ketika kamu dipercayai untuk memimpin suatu usaha dan beberapa orang menjadi bawahanmu. Tentu sebagai pemimpin harus menjadi teladan. Tapi kamu memaksa kehendak sendiri jika tidak, keluarlah sikap ngambek tersebut. 

Jangankan teman-temanmu, karyawan di tempat kerjamu tidak ada yang mampu bertahan karena mereka memiliki bos yang suka ngambek. Jiwa pemimpin tidak ada dalam diri kamu jika kebanyakan ngambeknya. Seharusnya saling mengerti dan mampu bekerja sama yang harus kamu miliki. 

Tidak semua hal sesuai dengan harapan kamu. Dan jangan kecewa apalagi sampai marah karena, penting memiliki sikap sabar dan saling mengasihi.

Baca Juga: Cara Marah Setiap Zodiak, Siapa ya yang Paling Menyeramkan?

Martha Telaumbanua Photo Community Writer Martha Telaumbanua

Penulis muda yang selalu berkarya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You