Comscore Tracker

5 Dampak Negatif Kalau Kamu Suka Iri Hati, Yuk Kurangi!

Mulai hidup bersyukur! 

Terbiasa melakukan hal yang buruk seperti suka iri hati adalah tindakan yang salah. Iri hati kerap muncul akibat tidak adanya rasa bersyukur dalam hidup.

Banyak orang yang iri hati ketika melihat orang lain lebih mampu, bisa juga karena melihat orang lain lebih bahagia. Sehingga timbullah rasa iri hati yang kamu biasakan sampai melekat dalam diri.

Nah, 5 dampak negatif berikut yang akan kamu dapatkan apabila suka iri hati. 

1. Kamu tidak akan bahagia dalam hidup

5 Dampak Negatif Kalau Kamu Suka Iri Hati, Yuk Kurangi!Pexels/Keenan Constance

Iri hati menunjukkan bahwa kamu tidak mampu memaknai hidup dengan baik. Padahal ada banyak hal yang patut kamu syukuri dalam hidup bukan malah terus mencari kesempurnaan. Jika fokus kamu hanya iri hati maka, semakin lama membuat hidupmu akan tidak menjadi bahagia lagi. 

Senyum dan tawa tidak menjadi cerminan dalam diri tapi sebaliknya, wajah cemberut dan keras hati sudah menempel menjadi salah satu karakter. Bahaya bukan jika dibiarkan? Dan justru hidup kamu akan terus menderita akibat suka memendam iri hati.

2. Tidak pernah merasa cukup

5 Dampak Negatif Kalau Kamu Suka Iri Hati, Yuk Kurangi!Pexels/Pixabay

Ketika kamu ingin mengubah gaya hidup seperti orang lain maka, membuatmu menjadi pribadi yang tidak pernah merasa cukup. Itu bermula akibat sifat kamu yang iri hati sehingga sampai cemburu melihat orang lain lebih baik dan mampu. Bisa saja hal tersebut membentuk kamu menjadi orang yang tidak akan sanggup melewati masa-masa sulit. 

Baca Juga: Selain Tidak Bersyukur, Ini 5 Alasan Orang Mudah untuk Iri Hati

3. Sulit untuk berbagi

5 Dampak Negatif Kalau Kamu Suka Iri Hati, Yuk Kurangi!Pexels/freestocks.org

Iri hati juga membuat kamu menjadi sulit untuk berbagi. Hidup kamu hanya dipenuhi dengan orang lain dan melakukan banyak cara agar dapat menandinginya.

Tentu itu sangat salah dan hal kecil seperti berbagi pasti kamu akan lupa. Dan kamu harus tahu bahwa, berbagi membuat kamu menjadi lebih bersyukur dan menolong yang kurang mampu. Tapi, sayangnya kamu tidak lakukan semua itu. 

4. Dijauhi oleh orang sekitar

5 Dampak Negatif Kalau Kamu Suka Iri Hati, Yuk Kurangi!Pexels/Inzmam Khan

Iri hati akan membuat kamu dijauhi oleh orang sekitar bahkan tidak ada yang mau berteman denganmu. Pasalnya, sifat iri hati yang terus kamu biasakan justru membuat mereka tidak nyaman atau merasa kesal berteman dengan kamu.

Siapa pun itu, pasti mau memiliki teman yang rendah hati dan bersyukur. Jika kamu tidak mau mengubah sifat iri hati tersebut maka, kamu akan hidup sendiri tanpa teman.

5. Sulit menerima kegagalan

5 Dampak Negatif Kalau Kamu Suka Iri Hati, Yuk Kurangi!Pexels/rawpixel.com

Kegagalan akan sulit diterima bagi orang yang suka iri hati. Hal ini terbukti dari cara kamu yang selalu memaksakan diri untuk jauh lebih baik dari orang lain. Padahal kenyataannya kamu tidak mampu atau gagal, dan itu membuat kamu sulit menerimanya. Sehingga saat kamu sering mengalaminya maka membuat diri rentan terkena stres.

Iri hati bukan cara terbaik untuk mendapat kebahagiaan dalam hidup dan justru sebaliknya, dengan bersyukur juga rendah hati kamu akan memiliki kebahagiaan yang abadi. 

Baca Juga: 5 Sebab Kamu Kerap Dengki Melihat Keberhasilan Teman, Yuk Jauhi!

Martha Telaumbanua Photo Verified Writer Martha Telaumbanua

Penulis muda yang selalu berkarya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya