Comscore Tracker

5 Hal yang Membuatmu Sulit Menerima Kegagalan, Saatnya Bangkit!

Gagal mencapai mimpi bukan sebuah kejahatan kok!

Sadar atau tidak ketika diri mengalami kegagalan pasti kita akan merasa hidup tidak ada artinya. Seharusnya ketika mau mencapai apa yang kita impikan, sudah ada komitmen bahwa diri harus juga siap mengalami kegagalan, dan itu merupakan suatu persiapan agar langsung bangkit ketika gagal. 

Ketika gagal malah seharusnya membuat diri semakin semangat dan membuat pencapaian atau impian yang baru. Sehingga tidak melakukan kesalahan yang sama saat mencapai impian yang baru. Untuk itu penting mengenali 5 alasan berikut mengapa kamu masih sulit menerima kegagalan. 

1. Memiliki motivasi yang salah

5 Hal yang Membuatmu Sulit Menerima Kegagalan, Saatnya Bangkit!Pexels/Pixabay

Semua impian pasti bermula dari sebuah motivasi. Apapun yang menjadi sumber motivasi akan berpengaruh pada proses pencapaianmu. Ketika kamu mau sukses, mungkin saja motivasi kamu agar dilihat banyak orang dan akhirnya kamu bisa membanggakan diri. Hal tersebut sudah termasuk salah motivasi. 

Oleh sebab itu, sebelum memimpikan sesuatu pastikan motivasimu adalah sesuatu yang benar. Sehingga ketika gagal, kamu bisa langsung bangkit karena motivasi yang kamu sudah benar. 

2. Takut dikucilkan

5 Hal yang Membuatmu Sulit Menerima Kegagalan, Saatnya Bangkit!Pexels/Nathan Cowley

Kegagalan bisa terjadi kapan saja bahkan kamu tidak bisa mengontrolnya. Terlepas dari hal itu, seharunya kamu sudah siapkan diri untuk menerimanya. Menerima kegagalan bukan berarti kamu kalah. 

Banyak orang takut dikucilkan atau diremehkan orang lain ketika gagal. Ini yang membuatnya sulit menerima kegagalan. Padahal seharusnya, perkataan orang lain menjadi sumber semangat untuk bisa buktikan bahwa ia mampu untuk sukses. Jadi jangan terpengaruh apalagi takut, kesuksesan kita sendiri yang perjuangkan bukan orang lain. 

Baca Juga: 6 Tips Menjaga Agar Motivasi Kerja Kamu Gak Mudah Hilang 

3. Tidak mau kehilangan pujian

5 Hal yang Membuatmu Sulit Menerima Kegagalan, Saatnya Bangkit!Pexels/Jopwell

Ketika berhasil mencapai kesuksesan, maka orang akan menganggap diri kita hebat. Sedangkan waktu sekali gagal, pasti ada rasa takut untuk menerimanya. Sebab saat keberhasilan datang, kita menuai pujian begitu banyak. Sehingga kegagalan datang, pujian itu hilang. 

Penerimaan dalam diri itu penting, agar kita tahu porsi yang pas untuk menerima pujian. Sehingga ketika kita mau sukses bukan pujian lagi yang menjadi standart kita. 

4. Sulit menerima nasihat

5 Hal yang Membuatmu Sulit Menerima Kegagalan, Saatnya Bangkit!Pexels/Tirachard Kumtanom

Sulit menerima kegagalan merupakan akibat dari diri tidak mau mendengar nasihat. Adakala, hidup ini butuh nasihat agar kita tidak melenceng dari jalan yang benar. Suatu nasihat pasti berguna demi mencapai keberhasilan. 

Jangan tutup telinga demi hal yang baik, tetapi usahakan menerimanya. Saat nasihat tertampung dalam pikiran kita, maka diri tidak akan takut mengalami kegagalan. 

5. Memaksakan diri untuk selalu hebat

5 Hal yang Membuatmu Sulit Menerima Kegagalan, Saatnya Bangkit!Pexels/rawpixel.com

Menyembunyikan kegagalan hanya membuang waktu dan menjauhkan diri dari kesuksesan. Apabila hidup ingin selalu hebat, maka semua akan sia-sia dan sulit untuk maju. Yang terjadi dalam kegagalan akan membuat diri semakin tertantang menyambut keberhasilan. Jadi, terima kegagalan dan akui. 

Kegagalan adalah suatu titik untuk kamu berbalik dan menuju pada kesuksesan. 5 alasan di atas harus kamu ubah agar tidak lagi sulit dalam menerima kegagalan. 

Baca Juga: Jangan Terpuruk, Ini 6 Cara Memotivasi Diri Sendiri Kala Bersedih Hati

Martha Telaumbanua Photo Community Writer Martha Telaumbanua

Penulis muda yang selalu berkarya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina
  • Indra Zakaria

Just For You