Comscore Tracker

5 Dampak Negatif Akibat Hidupmu Tidak Ada Tujuan, Jangan Diteruskan!

Bakal merugikan diri kamu sendiri

Kehidupan setiap orang berbeda begitu juga dengan tujuannya. Tetapi jika kamu hanya hidup tanpa ada tujuan itu namanya sia-sia. Ibaratnya, kamu terus berjalan tetapi menuju jurang. Jadi untuk apa diteruskan karena akan membuat hidupmu akan hancur. Yuk, simak ulasan berikut ini tentang lima dampak negatif akibat kamu tidak memiliki tujuan hidup. 

1. Kamu menjadi orang yang pesimis

5 Dampak Negatif Akibat Hidupmu Tidak Ada Tujuan, Jangan Diteruskan!Unsplash/Claudia Wolff

Tujuan hidup saja kamu tidak punya, bagaimana lagi mau menjadi pribadi yang optimis. Tentu kamu akan menjadi yang sebaliknya yaitu pesimis. Kamu akan lebih sering takut, cemas, dan menjadi orang yang pemikir akibat kebanyakan pesimis. Oleh sebab itu, tetapkan tujuan hidup kamu. Kalau merasa bosan akan tujuan hidupmu lebih baik ganti, tapi jangan sampai tinggalkan begitu saja. 

2. Sulit mencapai kesuksesan

5 Dampak Negatif Akibat Hidupmu Tidak Ada Tujuan, Jangan Diteruskan!Unsplash/Anthony DELANOIX

Hidup sangat menyenangkan apabila kamu punya tujuan hidup. Dan mungkin kamu salah satu orang yang tidak memiliki tujuan hidup. Akibatnya, kamu sulit mencapai kesuksesan dan hidupmu terus berada di situ-situ saja. Kamu bingung, tidak tahu mau ke mana dan lakukan apa. Hidup seperti itu hanya menghancurkan seluruh kebahagiaan yang tidak pernah akan kamu dapat. 

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Perlu Terus Memperbaharui Tujuan Hidup yang Ingin Diraih

3. Menjadi orang yang suka menyalahkan keadaan

5 Dampak Negatif Akibat Hidupmu Tidak Ada Tujuan, Jangan Diteruskan!Unsplash/Christian Fregnan

Ada masa keadaan tidak sesuai dengan yang kamu harapkan. Tetapi terkadang kamu langsung menyerah lalu melupakan apa yang menjadi tujuan hidupmu. Itu semua kamu lakukan secara terus menerus maka, kamu menjadi pribadi yang suka menyalakan keadaan. Sudah dipastikan hidup kamu akan sangat berantakan dan selalu terancam. Sangat tragis, bukan? Dan itu karena kesalahan kamu sendiri.

4. Emosi yang sulit dikendalikan

5 Dampak Negatif Akibat Hidupmu Tidak Ada Tujuan, Jangan Diteruskan!Unsplash/Lacie Slezak

Orang yang tidak memiliki tujuan hidup pasti akan sulit mengendalikan emosi. Kadang-kadang kamu marah dan sedih. Jadi tidak ada yang dapat tahan saat menghadapi sikap kamu. Alhasil, hidupmu selalu seperti itu. Banyak penolakan dan dikucilkan orang sekitar. Karena hanya satu kesalahan langsung merusak segala seluruh aspek hidupmu. 

5. Rentan terkena stres

5 Dampak Negatif Akibat Hidupmu Tidak Ada Tujuan, Jangan Diteruskan!Pexels/Andrea Piacquadio

Hidup yang datar tanpa ada tujuan buat kamu jadi rentan terkena stres. Bukan salah siapa-siapa tetapi itu akibat kelakuan kamu sendiri. Apa susahnya menetapkan tujuan hidup dan berjuang demi hidup sendiri. Kalau kamu hanya diam dan tidak tahu mau harus melakukan apa, pasti pikiran kamu tidak berjalan dengan baik. Yang akhirnya menyebabkan stres. 

Tujuan hidup harus ada agar kamu memiliki fondasi dalam menjalani hidup. Jika dari dasarnya saja kamu tidak punya bagaimana sesuatu yang besar akan mudah kamu raih. 

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Ketika Kamu Kehilangan Tujuan Hidup

Martha Telaumbanua Photo Verified Writer Martha Telaumbanua

Penulis muda yang selalu berkarya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya