Comscore Tracker

Selain Suka Mengeluh, Ini 5 Tanda Bahwa Kamu Tidak Bersyukur

Banyak ruginya jika hidup tidak bersyukur

Kehidupan harus dijalani dengan selalu mengucap syukur. Tidak ada sesuatu yang kita inginkan terjadi secara instan, karena semua butuh proses dan rasa syukur. Tanpa bersyukur hidup akan terasa sia-sia dan kamu tidak memperoleh apapun. 

Ketika kamu menyadari bahwa rasa syukur itu penting maka, lakukan mulai sekarang. Dan berikut ini 5 tanda bahwa rasa syukur tidak berada dalam hidupmu lagi. 

1. Mau membeli semua barang mahal tetapi kamu tidak mampu membelinya

Selain Suka Mengeluh, Ini 5 Tanda Bahwa Kamu Tidak BersyukurPexels/freestocks.org

Orang yang selalu merasa kekurangan pertanda dirinya tidak mensyukuri apa yang ia miliki saat ini. Ingin meminta yang lebih, mewah, dan bahkan sangat mahal. Seharusnya kita mampu melihat keadaan ekonomi, apakah sanggup untuk membeli semua barang tersebut atau tidak. 

Jangan karena pergaulan dan ingin terlihat hebat di mata orang lain, kita melupakan rasa syukur dalam hidup. Lambat-laun kita akan tenggelam sampai hal tersebut dapat menghancurkan diri sendiri. Oleh sebab itu, bersyukur sangat penting untuk kamu tanamkan. 

2. Suka menyisakan makanan sehabis makan

Selain Suka Mengeluh, Ini 5 Tanda Bahwa Kamu Tidak BersyukurPexels/rawpixel.com

Menyisakan makanan sehabis makan adalah kebiasaan buruk sebagian orang. Dan kamu tergolong orang yang tidak bersyukur. Mungkin kamu mengira bahwa hal itu wajar, tetapi orang lain menilai bahwa kamu tidak memiliki rasa syukur. Semakin lama orang akan menyepelekan hidup dan sikapmu. 

3. Tidak pernah inisiatif untuk memberi

Selain Suka Mengeluh, Ini 5 Tanda Bahwa Kamu Tidak BersyukurPexels/Artem Beliaikin

Rasa syukur dimulai dari kita merasa cukup dan peduli akan hidup orang yang tidak mampu. Itu sangat membantu mereka dan rezeki akan terus berlimpah jika kita mau hidup bersyukur. Tidak perlu banyak, asalkan ikhlas maka kamu sudah menghargai hidupmu sendiri. 

Apa yang kamu miliki sekarang, itu hanya bersifat sementara. Jadi, jika memberi maka membuat kamu menyadari apa arti penting bersyukur. 

Baca Juga: 5 Alasan Ini Bisa Bikin Kamu Bersyukur Meski Tak Diterima Kerja

4. Berlomba untuk pamerkan sesuatu ke orang lain

Selain Suka Mengeluh, Ini 5 Tanda Bahwa Kamu Tidak BersyukurPexels/Mídia

Jika kamu berlomba untuk hidup pamer maka menandakan tidak ada rasa syukur dalam hidupmu. Dengan memamerkan segalanya, menunjukkan kamu ingin dianggap lebih baik dari orang lain. Seharusnya kamu mengerti, bahwa setiap orang berbeda dan cara kamu menyikapinya adalah dengan bersyukur. Maka hidup tidak akan pernah kekurangan karena kamu melihat bahwa semuanya baik.

5. Selalu menyukai pemborosan

Selain Suka Mengeluh, Ini 5 Tanda Bahwa Kamu Tidak BersyukurPexels/ELEVATE

Dan yang terakhir kamu tidak bersyukur maka kamu memiliki sikap yang boros. Coba pikir bahwa semua hal di dunia ini tidak harus kamu miliki, sehingga dengan membelinya hanya membuang-buang uang padahal kamu dapat menabung. Hal sederhana ini menunjukkan kamu tidak bersyukur dengan apa yang kamu punya.  

Hidup bersyukur dimulai dari sendiri dan tidak salah jika berubah mulai dari sekarang atau semua akan terlambat. 

Baca Juga: 5 Alasan Harus Bersyukur Pernah Berada di Zona Nyaman

Martha Telaumbanua Photo Community Writer Martha Telaumbanua

Penulis muda yang selalu berkarya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You