Comscore Tracker

4 Sumbangsih Generasi Millennial untuk Indonesia yang Lebih Baik

#DearFutureIndonesia Bagaimana menjadi millennial juara

Menurut data Bappenas, generasi muda di Indonesia terdiri dari 90 juta jiwa generasi millennial (berusia 20-34 tahun). Generasi tersebut berada di usia produktif dan memiliki semangat untuk maju.

Wakil Presiden Yusuf Kalla saat melakukan kunjungan ke Yogyakarta pada tahun 2017 menyatakan bahwa kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh semangat generasi muda. Semangat tersebut dapat berupa semangat untuk menuntut ilmu, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, serta semangat kedamaian perlu dimiliki oleh generasi muda di Indonesia.

Akan tetapi, selain ketiga semangat tersebut di atas, masih banyak hal yang dapat dilakukan untuk Indonesia tercinta. Keempat hal ini dapat menginspirasi generasi millennial untuk membuat Indonesia lebih baik di masa mendatang.

1. Say No to Drugs

4 Sumbangsih Generasi Millennial untuk Indonesia yang Lebih BaikPexels.com/Pixabay

Seperti dikutip dari artikel di laman Badan Narkotika Nasional (BNN), kejahatan narkoba dikhawatirkan mengancam generasi millennial di Indonesia. Kepala BNN menyatakan bahwa pada tahun 2018, terjadi kenaikan pengguna narkoba sebesar 2,1 persen  jika dibandingkan pada tahun 2017. Pengguna narkoba terbesar adalah generasi muda, khususnya pelajar dan mahasiswa.

Generasi muda yang menggunakan dan kecanduan narkoba akan mengalami gangguan kualitas hidup, selain kematian dan gangguan kesehatan lainnya. Sangat disayangkan bahwa generasi millennial yang akan memimpin bangsa Indonesia berpuluh tahun kemudian adalah calon pemimpin bangsa yang tidak memiliki daya saing dan kualitas yang baik sebagai pemimpin.

Tidak dapat dibayangkan akan menjadi seperti apa bangsa Indonesia ketika para pemimpinnya adalah pecandu narkoba? Jangan sampai Indonesia berubah menjadi Gotham City.

Dengan menjauhi narkoba, termasuk niat untuk hanya ingin mencoba saja, generasi millennial dapat membantu Indonesia menjadi negara yang lebih baik untuk ditinggali oleh semua orang di masa mendatang. Generasi yang keren adalah generasi yang anti terhadap narkoba.

2. Anti hoaks

4 Sumbangsih Generasi Millennial untuk Indonesia yang Lebih BaikPexels.com/@rawpixel

Dikutip dari Septiaji Eko Nugroho, Ketua Masyarakat Indonesia Anti Hoax, menyatakan dalam laman Kementerian Komunikasi dan Informasi bahwa generasi millennial merupakan generasi yang dinilai paling rentan tertelan oleh berita bohong alias hoaks.

Berita bohong, khususnya menjelang Pilpres 2019, semakin banyak tersebar di media massa, media sosial, dan media komunikasi lainnya. Hal tersebut sebagai dampak dari kemudahan akses informasi di era digital saat ini. Berita bohong yang beredar kadang lebih banyak berakhir menjadi ujaran-ujaran kebencian.

Hal tersebut sangat berbahaya demi kelangsungan bangsa Indonesia yang sangat majemuk. Berita bohong tersebut dapat memecah belah bangsa Indonesia. Oleh karena itu, generasi millennial harus membendung penyebaran berita bohong tersebut.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menangkal penyebaran berita bohong. Seperti membaca banyak sumber literatur yang dapat dipercaya dan ilmiah, selalu melakukan verifikasi terhadap setiap informasi yang didapat dari berbagai media, dan tidak menyebarkan informasi yang masih diragukan kebenarannya.

Kementerian Komunikasi dan Informasi telah meluncurkan laman Turn Back Hoax pada tahun 2017. Kalian dapat melaporkan berita bohong ke laman tersebut sehingga kalian dapat membantu untuk mencerdaskan bangsa karena menghindari mereka dari mempercayai berita bohong yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Baca Juga: Saatnya Millennials Berkontribusi untuk Menuju Indonesia Emas

3. Melek teknologi dan bijak menggunakan internet

4 Sumbangsih Generasi Millennial untuk Indonesia yang Lebih BaikPexels.com/rawpixel

Saat ini, Indonesia memasuki era Revolusi Industri 4.0. Di era ini,  teknologi cyber  mendominsi industri di Indonesia. Mau gak mau, generasi millennial harus melek teknologi. Gadget pintar, seperti telepon cerdas, juga bukan barang mahal untuk saat ini. Generasi millennial juga harus cerdas memanfaatkan teknolgi canggih dari gadget pintar yang dimiliki dan jaringan internet yang sangat cepat saat ini.

Sudah tidak zamannya lagi penggunaan gadget pintar dan internet yang super cepat hanya untuk eksistensi di media sosial atau sekadar memberikan komen negatif di akun media sosial orang lain. Banyak hal yang dapat dilakukan oleh generasi millennial di era ini. Misalnya, kalian dapat menjadi blogger ataupun influencer menginspirasi kepada anak muda lainnya melalui karya yang kalian publikasikan di media sosial yang kalian miliki.

Atau memverifikasi kebenaran setiap informasi sehingga kalian dapat membantu untuk menangkal penyebaran berita bohong. Atau menggunakan internet untuk membantu kalian dalam mengerjakan tugas sekolah atau kuliah juga melahirkan ide-ide baru cemerlang yang original bagi kalian yang telah bekerja. 

Terkait internet, Indonesia sangat beruntung memiliki Smartfren yang memiliki jaringan internet 4G terluas, tercepat, dan stabil. Seperti tertulis dari laman https://www.smartfren.com/id/super-4g-kuota, Smartfren bukan hanya terdapat dalam beberapa titik kota/kabupaten, namun juga telah menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

Smartfren memiliki banyak pilihan #Super4GKuota yang dapat kalian pilih dengan harga sangat terjangkau yakni Rp2.000 per GB. Kalian tidak perlu galau jika kehabisan kuota untuk #KuotakanSuaramu dan #KuatakanMaumu karena kuota Smartfren dapat dibeli secara online dari ATM atau mini market di dekat rumah kalian.

4. Berperan aktif untuk melestarikan alam

4 Sumbangsih Generasi Millennial untuk Indonesia yang Lebih BaikPexels.com/markusspiske

Dunia saat ini mengalami pemanasan global. Dikutip dari laman WWF Indonesia, pemanasan global adalah sebagai dampak dari pembakaran bahan bakar, seperti minyak bumi, yang menghasilkan karbondioksida (CO2). Indonesia juga mengalami dampak dari pemanasan global tersebut.

Menurut WWF Indonesia, Indonesia memiliki hutan dengan luas hampir 2 juta km2. Akan tetapi, penebangan dan pengalihan fungsi lahan hutan telah menyebabkan 2 juta hektar hutan setiap tahunnya.

Sebagai akibatnya, karbondioksida yang dihasilkan dari aktivitas rakyat Indonesia tidak dapat diolah karena berkurangnya luas hutan di Indonesia dari tahun ke tahun. Disadari atau tidak, suhu udara di Indonesia semakin meningkat dan adanya perubahan pola cuaca beberapa tahun belakangan ini.

Untuk meminimalkan dampak pemanasan global, kita harus kembali untuk melestarikan alam. Hal tersebut bukan hanya menjadi tugas pemerintah, namun dapat dilakukan semua pihak di Indonesia, khususnya generasi millennial.

Generasi millennial harus memiliki kesadaran untuk menghemat penggunaan energi dan menjaga kelestarian lingkungan di sekitarnya. Ada beberapa hal yang dapat kalian lakukan sebagai generasi millennial untuk melestarikan alam.

Pertama, kalian dapat menggunakan kendaraan umum atau mengayuh sepeda sebagai sarana transportasi sehari-hari atau bahkan berjalan kaki jika jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh. Dengan memanfaatkan kendaraan umum atau mengayuh sepeda, kalian dapat mengurangi penggunaan bahan bakar yang dapat menambah pemanasan global. Selain itu, dengan mengayuh sepeda atau berjalan kaki, kalian akan lebih sehat. Bukannya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat?

Kedua, kurangi penggunaan kantong plastik. Gunakanlah wadah yang dapat didaur ulang sehingga kalian dapat mengurangi timbunan sampah anorganik.

Ketiga, kalian harus lebih teliti lagi dalam membeli produk sehari-hari yang kalian gunakan, seperti deterjen dan sabun. Jelilah membaca kandungan dari setiap produk yang kalian beli. Tidak semua limbah dari deterjen dan sabun dapat terurai di alam. Belilah produk yang ramah lingkungan. Harganya memang sedikit mahal namun dapat membantu lingkungan kita menjadi lebih baik.

The last but not least, kalian dapat berpartisipasi dalam program-program penyelematan lingkungan dari lembaga swadaya lingkungan (LSM), misalnya menanam pohon, atau aktif berperan serta dalam kampanye ramah lingkungan seperti earth hour dan Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik

Generasi millennial bertanggung jawab untuk mewariskan alam yang sehat kepada generasi berikutnya di Indonesia dan dunia.

Generasi millennial bukan generasi yang manja dan selalu mengandalkan pemerintah dan orang lain untuk masa depannya. Dengan mengutip ucapan John F Kennedy, ask not what your country can do for you – ask what you can do for your country. Diharapkan bahwa generasi millennial dapat berperan lebih aktif bagi Indonesia yang lebih baik di masa mendatang.

Jadi, apa yang telah kalian lakukan untuk Indonesia? Kalian dapat menuliskannya di dalam kolom komentar di bawah ini.

Baca Juga: Tuangkan Harapanmu untuk Indonesia dan Menangkan Macbook Air!

Marwa Lydia Photo Community Writer Marwa Lydia

Don't get it right, just get it written.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You