Comscore Tracker

Tanamkan 5 Mindset Ini Saat Bertekad Ciptakan Bisnis Sendiri

Tak ada kata menyerah apa pun yang terjadi

Entah kamu sadari atau tidak, saat ini banyak pengusaha muda yang ingin sukses membangun bisnis. Faktanya, tentu gak mudah mewujudkan keinginan tersebut. Akibatnya, banyak pula yang akhirnya gagal dan malah memilih untuk menyerah. 

Padahal, kalau kamu memahami dan menerapkan mindset entrepreneur yang harus dimiliki pengusaha muda seperti yang ada di artikel kali ini, kamu pasti gak akan semudah itu untuk mengucapkan kata “menyerah” guys. Makanya, pastikan kamu baca sampai selesai ya!

1. Mesti berani ambil risiko

Tanamkan 5 Mindset Ini Saat Bertekad Ciptakan Bisnis SendiriSeseorang yang menganalisis risiko usaha. (Shutterstock.com/everything possible)

“Duh, kalau begini nanti bisa berhasil gak ya?” Kalimat penuh keraguan seperti ini pasti terlintas di pikiranmu ketika ingin menciptakan bisnis sendiri. Namun, kamu mesti hilangkan itu dan ubah menjadi keyakinan bahwa yang ingin kamu lakukan akan membuahkan hasil optimal.

Begitulah yang harus kamu tanamkan dalam pikiran. Seorang entrepreneur merupakan si ‘pemberani’ saat mengambil risiko dengan berpikir optimis bahwa hal yang ingin dilakukan pasti bisa dicapai. Dengan mempelajari risiko dan strategi mencapainya, optimis yang dibangun pun jadi realistis dan terukur. 

Satu rahasia yang mesti kamu tahu nih. Kenapa orang sukses berbisnis tidak banyak? Karena memang sedikit orang yang berani mengambil risiko. Contoh berani ambil risiko adalah ketika kamu memulai usaha, jangan takut mengalami kerugian. Justru dari kerugian itu kamu bisa mengetahui hal apa yang membuat jadi rugi serta ke depannya tidak melakukan hal yang sama. 

Baca Juga: 5 Risiko jika Kamu Tidak Serius dalam Mengejar Mimpi

2. Cari peluang baru

Tanamkan 5 Mindset Ini Saat Bertekad Ciptakan Bisnis SendiriSeseorang yang berhasil cari peluang baru. (Shutterstock.com/fizkes)

Tanpa kamu sadari, banyak orang yang membatasi kemampuan dan potensi diri mereka sendiri dengan hanya berhenti pada satu titik saja lho. Karena itu, pola pikir untuk selalu ‘rajin’ mencari peluang baru penting dilakukan bagi entrepreneur demi tetap menjaga roda bisnis berjalan dengan lancar.

Kamu pun perlu menjadi peka terhadap peluang-peluang yang datang. Setelah direncanakan dengan matang dan penuh persiapan, ambillah peluang itu! Gak ada seorang entrepreneur yang duduk manis dan pasrah menunggu peluang itu datang. Mereka secara aktif menjalin hubungan dengan banyak pihak untuk mencari berbagai peluang ‘ladang cuan’ yang bisa mereka garap.

Karena jeli melihat peluang, itulah mengapa orang yang sukses berbisnis rata-rata memiliki banyak sumber income, bukan hanya dari satu keran bisnis saja. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mencari peluang baru adalah dengan mengetahui apa yang saat ini tengah digemari (tren), lalu jadikan tren itu sebagai ladang bisnis barumu. Misalnya dengan menjual katering sehat dan budi daya tanaman untuk di rumah.

3. Terus belajar dan terbuka terhadap pandangan apa pun

Tanamkan 5 Mindset Ini Saat Bertekad Ciptakan Bisnis SendiriSeseorang yang terus belajar. (Shutterstock.com/PIC SNIPE)

Seiring dengan waktu yang berjalan, teknologi, kemajuan zaman, bahkan sampai pengetahuan pun terus mengalami perkembangan pesat. Karena itu, jangan sampai kamu tertinggal dengan berbagai perkembangan yang terjadi. 

Kemauan belajar yang tinggi merupakan salah satu mindset seorang entrepreneur sukses yang harus kamu miliki jika ingin menciptakan bisnis baru. Ada satu hal yang mesti jadi ‘alarm’ di hidupmu, ketika kamu merasa puas dengan satu ilmu yang dimiliki, kamu bisa saja tertinggal jauh oleh mereka yang terus belajar hal-hal baru.

Selain itu, tokoh-tokoh terkenal dan sukses di berbagai belahan dunia memiliki jadwal belajar dan membaca buku yang mereka lakukan setiap hari lho, bahkan setelah mereka berada di posisi miliarder dunia sekalipun. Sebaiknya kamu pun meniru kebiasaan-kebiasaan mereka untuk terus belajar. Misalnya dengan mengikuti webinar atau melatih soft skill-mu dengan mengikuti kursus.

4. Action oriented juga penting nih!

Tanamkan 5 Mindset Ini Saat Bertekad Ciptakan Bisnis SendiriSeseorang yang bersepakat. (Shutterstock.com/TuiPhotoEngineer)

Gak cuma punya ide, seorang entrepreneur juga mesti fokus pada tindakan dan eksekusi. Hal ini banyak terjadi, yakni banyak orang terjebak dalam ketakutan dan berhenti hanya pada ide. Alasannya pun beragam, ada yang merasa belum sempurna, terlalu banyak kata nanti, dan banyak alasan lainnya.

Seorang entrepreneur sejati nyatanya lebih memilih melangkah dulu di awal dan menyempurnakan sambil berjalan. Karena jika di awal maunya langsung sempurna, hal tersebut gak akan terjadi. Contohnya seperti saat kamu ingin membuka usaha online dan terkendala karena belum ada modal. Jangan langsung berhenti di situ guys!   

Pasalnya, produk pinjaman online dari BRI, yakni Ceria, bisa menjawab kendalamu dan memungkinkan kamu untuk bertransaksi melalui e-commerce atau merchant Ceria dengan mudah lho. Banyak keuntungan yang kamu dapatkan dengan menggunakan Ceria, seperti mudah dan aman untuk pinjaman digital, bisa langsung bertransaksi dan bayar belakangan dengan Ceria (buy now, pay later with Ceria).

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan bebas biaya administrasi bulanan, suku bunga rendah (1,42 persen per bulan selama periode maksimal 12 bulan), limit kredit dari Rp500 ribu hingga Rp20 juta dengan persetujuan cepat dalam 10 menit, serta sudah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Syaratnya pun cukup mudah, kamu cuma perlu jadi nasabah BRI dengan memiliki kartu ATM BRI, WNI dengan berusia 21-50 tahun, punya e-KTP dan NPWP, penghasilan minimal Rp3 juta, serta belum memiliki 2 kartu kredit dari 2 bank penerbit untuk penghasilan di bawah Rp10 juta per bulan. 

Makanya, mulai sekarang kamu gak perlu lagi khawatir jadi pelaku usaha online karena Ceria bantu mewujudkan cita-cita kamu sehingga berhasil mendapatkan tabungan tambahan deh. Untuk lebih detailnya kamu bisa klik di sini ya!

5. Cintai bisnis yang dibangun

Tanamkan 5 Mindset Ini Saat Bertekad Ciptakan Bisnis SendiriIlustrasi cintai bisnis yang dijalankan. (Shutterstock.com/Akespyker)

Kamu pasti akan setuju dengan pernyataan bahwa pekerjaan apa pun akan terasa lebih ringan dan menyenangkan ketika kita mencintai pekerjaan tersebut. Nah, sama halnya dengan bisnis yang sedang kamu bangun sendiri guys. 

Ketika kamu sudah mencintai bisnis yang sedang dijalankan, kamu pun pasti akan merasa terdorong selalu melakukan yang terbaik untuk bisnis tersebut. Perlu kamu tahu juga nih, punya kecintaan terhadap bisnis yang dijalankan akan membuat kamu lebih mudah bangkit dari kegagalan. Jadi, buat kamu yang ingin atau sedang menjalankan bisnis, harus punya mindset ini semua ya! (WEB)

Baca Juga: Raup Cuan Bisnis Ikan Hias di Tengah Pandemik, Harga Sampai Rp20 Juta

Topic:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya