Comscore Tracker

5 Tips Mengatasi Rasa Khawatir Milenial tentang Masa Depan

Harus banyak yang kamu lepaskan!

Umumnya hampir semua kalangan muda di usia 20-25 tahun merasa khawatir akan banyak hal terutama urusan masa depan. Hal itu tentu saja meliputi urusan kehidupan, asmara, finansial, karier dan masih banyak lagi hal yang membuat khawatir. Tenang saja, kamu tidak perlu merasa khawatir karena di sini ada tips untuk bebas khawatir!

1. Hindari lingkungan pergaulan yang cenderung toxic

5 Tips Mengatasi Rasa Khawatir Milenial tentang Masa Depanilustrasi orang ngumpul ( pixels.com/kindel media)

Lingkungan adalah hal utama yang mempengaruhi cara kita berpikir, jika kita bergaul dengan orang yang usianya cenderung lebih tua, maka dampaknya akan langsung terlihat di dalam diri kita.

Sebaliknya pun begitu, namun ada banyak kok pergaulan yang usianya sepadan namun bisa saling mengimbangi, nah mulai sekarang lebih bijak dalam bergaul dan memilih lingkungan ya.

2. Lebih berpikir panjang ketika memutuskan sesuatu

5 Tips Mengatasi Rasa Khawatir Milenial tentang Masa Depanilustrasi orang diskusi ( pexels.com/mart production)

Saat di hadapkan sebuah pilihan atau keputusan dalam segala situasi, umumnya untuk usia 25 tahun ke atas sudah bisa menahan ego dalam diri untuk tidak gegabah dalam pengambilan keputusan yang cenderung bisa merugikan diri sendiri atau pun orang lain.

Dan dalam hal ini, kamu harus bisa melatih cara berpikir mu serta mempertimbangkan setiap keputusan yang akan di ambil jika menyangkut orang banyak contohnya pasangan, orang tua, teman, dan bahkan orang sekitar.

Baca Juga: 5 Cara Bangun Kebebasan Finansial Sejak Usia Muda, Persiapkan Dirimu

3. Melepaskan keinginan yang tidak perlu

5 Tips Mengatasi Rasa Khawatir Milenial tentang Masa Depanilustrasi orang tenang (pexels.com/pavel danilyuk)

Keinginan adalah visi utama dalam setiap orang, namun tidak semua keinginan itu bermanfaat bagi diri kita, beberapa mungkin memiliki keinginan yang tanpa kita sadari justru membuat dampak atau kerugian yang justru membuat kita makin khawatir.

Cobalah untuk memilih atau evaluasi kembali semua daftar keinginan kita, lalu lepaskan keinginan yang menurut kalian tidak ada manfaat bagi diri sendiri di masa yang akan datang.

4. Perbanyak ibadah agar lebih tenang

5 Tips Mengatasi Rasa Khawatir Milenial tentang Masa Depanilustrasi orang ibadah (pexels.com/pok rie)

Dekat dengan Tuhan adalah hal yang paling menenangkan hati serta jiwa di saat kondisi sedang tidak baik dan situasi sedang kacau. 

Kita perlu dekat dengan Tuhan agar selalu tenang menghadapi segala cobaan dan masalah yang datang silih berganti. Hal ini akan menimbulkan rasa percaya diri bahwa Tuhan tidak akan memberikan cobaan kepada kita, melainkan kita mampu melewatinya.

5. Kurangi mengeluh dan perbanyak lagi bersyukur

5 Tips Mengatasi Rasa Khawatir Milenial tentang Masa Depanilustrasi orang senang ( pexels.com/andrea piacquadio)

Jika kamu banyak mengeluh akan sesuatu hal, maka akan selalu timbul rasa yang kurang dalam segala rezeki yang di berikan Tuhan kepada kamu. Bukannya tidak boleh mengeluh, namun sebaiknya gak dikit-dikit mengeluh.

Mulai sekarang berhenti mengeluh dan perbanyak lah bersyukur atas apa yang telah Tuhan berikan. Hal ini akan membuat mu merasa tenang dan damai walau sedang di beri cobaan yang banyak. Tenang lah, Tuhan selalu bersama orang - orang yang bersyukur.

Semoga kekhawatiranmu dalam menghadapi kehidupan akan sedikit berkurang. Ada baiknya, kita selalu tenang ketika menentukan jalan hidup kita, dan selalu hati - hati dalam bertindak.

Baca Juga: 5 Hal yang Akan Terjadi Jika Kamu Hanya Mengeluh Tanpa Niat Berusaha

Eko Arianto Photo Writer Eko Arianto

depok

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya