Comscore Tracker

7 Nilai Sosial yang Bisa Dipelajari dari Novel Totto Chan

Banyak nilai pendidikan dan kepribadiannya juga

Novel Totto Chan: Gadis Cilik di Jendela atau dalam buku aslinya yang berjudul Madogiwa no Totto-Chan ini merupakan karya Tetsuko Kuroyanagi. Novel ini menceritakan tentang seorang anak bernama Totto-chan yang dianggap nakal oleh orang-orang sekitarnya. Dia gemar berdiri di balik jendela selama pelajaran berlangsung, padahal sudah diberi peringatan berulang-kali.

Hingga akhirnya Totto-chan dikeluarkan dari sekolah, kemudian masuk ke sekolah yang sangat unik, di mana sekolahannya berada di dalam gerbong kereta yang sudah tidak digunakan. Siswa juga bebas memilih urutan pelajaran sesuai dengan keinginan. Berikut nilai kepribadian dan sosial yang bisa kamu pelajari dari novel ini.

1. Mandiri – Totto-chan berusaha menyelesaikan tugas dari kepala sekolahnya

7 Nilai Sosial yang Bisa Dipelajari dari Novel Totto ChanIlustrasi perempuan mandiri (pixabay.com/StockSnap)

Totto-chan memiliki janji dengan kepala sekolah untuk menyelesaikan tugasnya dan mengembalikan barang ke tempat asalnya. Namun, selama prosesnya, dia mengalami rintangan dan berusaha untuk menyelesaikannya dengan sekuat tenaga.

Kamu bisa mengambil pelajaran dari pribadi mandirinya. Kemandirian ditandai oleh adanya inisiatif, berusaha untuk mengatasi berbagai rintangan yang menghadangnya dan menyelesaikan aktifitasnya demi kesempurnaan dan kepuasan, serta mengerjakan pekerjannya sendirir. Keren ya?

2. Sistem pendidikan bercocok tanam di Tomoe Gakuen

7 Nilai Sosial yang Bisa Dipelajari dari Novel Totto ChanIlustrasi perempuan bercocok tanam (pixabay.com/sasint)

Saat Totto-chan mendapatkan pelajaran pertanian, kepala sekolahnya yakni Mr. Kobayashi mengundang seorang petani untuk mengajari anak-anak bercocok tanam. Sejak petani tersebut mengajar anak-anak, setiap kali melihatnya maka mereka akan sangat menghormati petani. Anak-anak termasuk Totto-chan selalu memanggilnya guru.

Pendidikan bercocok tanam tersebut secara tidak langsung mengajarkan kepada anak-anak bahwa makanan yang biasa mereka makan ternyata sulit diperoleh. Sehingga mereka akan lebih menghargai makanan dengan tidak membuang-buangnya.

3. Pelajaran lain dari pendidikan bercocok tanam adalah saling menghargai dan menghormati

7 Nilai Sosial yang Bisa Dipelajari dari Novel Totto ChanIlustrasi bercoock tanam (pixabay.com/sasint)

Dengan mereka mendapatkan pelajaran dari seorang petani, dan mengetahui betapa sulitnya bercocok tanam, anak-anak juga belajar menghormati pekerjaan orang lain. Mereka diajarkan untuk tidak merendahkan pekerjaan orang lain, karena setiap pekerjaan memiliki pengetahuannya masing-masing.

Baca Juga: Buku Puisi Hingga Holistik, Ini 6 Rekomendasi Buku Ala Eva Celia

4. Siswa memilih sendiri urutan pelajaran yang diambil sesuai dengan keinginannya

7 Nilai Sosial yang Bisa Dipelajari dari Novel Totto ChanIlustrasi belajar bersama-sama (unsplash.com/mkozubphoto)

Terbayang kan betapa menyenangkannya sekolah di Tomoe Gakuen. Para siswa bebas memilih urutan mata pelajaran sesuai dengan keinginannya. Dengan begitu, jarang sekali anak-anak yang tidak menyukai pelajaran yang saat itu sedang dipelajarinya.

5. Siswa juga dituntut untuk bertanggung jawab

7 Nilai Sosial yang Bisa Dipelajari dari Novel Totto ChanIlustrasi belajar (pixabay.com/sasint)

Dengan mereka memilih urutan mata pelajaran sesuai dengan keinginannya, maka tidak ada alasan lagi untuk malas belajar kan? Mereka harus bertanggung jawab atas apa yang telah dipilihnya.

6. Kepercayaan – “kamu anak yang benar-benar baik, kau tahu itu, kan?”

7 Nilai Sosial yang Bisa Dipelajari dari Novel Totto ChanIlustrasi anak belajar karate (pexels.com/Eric Santos)

Ketika kamu mendapatkan kepercayaan penuh dari seseorang, apa yang akan kamu lakukan? Menjaganya, bukan? Ya, kepala sekolah Tomoe Gakuen, Mr. Kobayashi selalu menanamkan kepercayaan itu kepada siswa-siswanya.

Totto-chan yang dipandang nakal oleh orang-orang, selalu dipupuk kepercayaan dirinya oleh Mr. Kobayashi dengan mengatakan “kamu anak yang benar-benar baik, kau tahu itu, kan?”. Dengan begitu pikiran bawah sadar pun akan mengikutinya juga bahwa dirinya adalah anak yang baik.

7. Rasa saling menghargai sesama

7 Nilai Sosial yang Bisa Dipelajari dari Novel Totto ChanIlustrasi pertemanan (unsplash.com/omarlopez1)

Totto-chan sekelass dengan anak yang mngidap polio, dia juga sekelas dengan anak kerdil. Meskipun mereka memiliki keistimewaan tersendiri, di Tomoe Gakuen, mereka diberikan rasa percaya diri agar tidak malu dengan dirinya sendiri. Mereka semua berteman baik.

Bahkan, ketika ada teman laki-laki Totto-chan yang menarik rambutnya. Anak laki-laki dimarahi oleh kepala sekolah. Mr. Kobayashi menentang kebudayaan Jepang yang kala itu merendahkan anak-anak perempuan dan mengagung-agungkan lelaki.

Sangat banyak ya pelajaran yang bisa diambil dari novel Totto-chan ini. Apakah kamu sudah pernah membacanya?

Baca Juga: 10 Dasar Pemikiran Hidup Minimalisme Dari Buku 'Seni Hidup Minimalis'

Maulia Indriana Ghani Photo Verified Writer Maulia Indriana Ghani

instagram @mauliaghani

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya