Comscore Tracker

5 Cara Mudah Mendapatkan Inspirasi Menulis agar Dimuat di IDN Times!

Menulis mudah tanpa galau

Apakah kamu seorang penulis yang sering mengirimkan tulisanmu ke IDN Times Community? Kira-kira, kamu sering, gak, merasa mandek dan bingung mau menulis apa akibat kehabisan ide?

Kalau sudah seperti itu, kamu memang harus cari cara jitu agar mendapatkan inspirasi yang bagus untuk menulis. Di bawah ini, ada beberapa cara mudah untuk mendapatkan inspirasi agar tulisanmu diterbitkan oleh IDN Times Community!

1. Perbanyak membaca artikel yang paling baru terbit

5 Cara Mudah Mendapatkan Inspirasi Menulis agar Dimuat di IDN Times!pixabay.com/kaboompics

Setiap saat, di halaman beranda IDN Times Community, akan selalu ditampilkan beberapa artikel terbaru yang telah terbit. Cek dan bacalah satu per satu yang kamu anggap menarik. Pelajari tema dan tata bahasa yang dipakai. Semakin banyak yang kamu baca dan pelajari, dengan sendirinya inspirasi itu akan datang.

2. Cek tren pencarian di Google

5 Cara Mudah Mendapatkan Inspirasi Menulis agar Dimuat di IDN Times!pixabay/stocksnap

Untuk mencapai page views yang tinggi, salah satu caranya dengan menulis tema yang sedang tren di jagat maya. Untuk mencari tema apa yang sedang benar-benar populer, kamu bisa klik di bagian kolom pencarian Google dan lihat beberapa sugesti yang muncul. Pilih salah satu nama atau tema yang muncul dan mulailah menulis dari sana.

Baca Juga: Dewi Lestari dan Badai Krispatih Bocorkan Inspirasi Menulis Lagu

3. Buka halaman eksplorasi Instagram

5 Cara Mudah Mendapatkan Inspirasi Menulis agar Dimuat di IDN Times!pexels.com

Selain mengecek tren pencarian Google, kamu juga bisa cek berita yang sedang tren saat ini lewat halaman eksplorasi Instagram. Beberapa akun yang sering mengepos berita viral akan banyak muncul.

Dari sekian berita yang muncul itu, cek dulu mana yang paling banyak dipos. Lalu, kumpulkan data lengkap dan foto-fotonya sebelum akan memulai untuk menulis. Ingat selalu panduan dari IDN Times Comunity untuk menulis sesuai dengan kaidah dan jangan pernah menulis berita bohong atau hoaks.

4. Kepo Instagram atau medsos artis

5 Cara Mudah Mendapatkan Inspirasi Menulis agar Dimuat di IDN Times!pixabay/firmbee

Menulis di IDN Times Community tidak hanya berbicara tentang bagaimana menulis apa yang sedang tren, tapi juga dapat menciptakan tren itu sendiri. Salah satu caranya ialah dengan mengawasi akun medsos para artis, khususnya Instagram, untuk membuat artikel atau berita terkini tentang mereka.

Kamu bisa mengumpulkan potret terbaru tentang kegiatan atau acara yang sedang mereka lakukan. Tidak menutup kemungkinan, tulisanmu akan menjadi tren di jagat maya. Asal kamu tau saja, menulis artikel bertema hype atau hiburan seperti ini akan mudah mendatangkan pengunjung, lho!

5. Mengambil tema dari kolom acara IDN Times

5 Cara Mudah Mendapatkan Inspirasi Menulis agar Dimuat di IDN Times!Instagram/idntimes.community

Setiap bulan, IDN Times Community memiliki acara menulis yang ditujukan untuk para penulis kontributornya. Di acara ini, IDN Times Community akan membagikan beberapa tema yang kamu bisa tulis untuk dijadikan artikel.

Kesempatan ini bisa kamu manfaatkan, khususnya buat kamu yang sedang mandek inspirasi dalam menulis. Selain mendapatkan ide untuk menulis, kamu juga akan mendapat tambahan bonus poin jika nantinya artikelmu diterbitkan!

Nah, itulah beberapa cara mudah yang bisa kamu coba untuk mendapatkan inspirasi dalam menulis. Semoga membantu, ya!

Baca Juga: Gak Usah Bingung, Ini 5 Spot Nyaman Cari Inspirasi Menulis di Kampus 

Maya Andita Photo Verified Writer Maya Andita

Trust me! I am not muggle IG: @anditamaya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya