Comscore Tracker

5 Kepalsuan yang Mungkin Pernah Dilakukan Banyak Orang Dewasa

Menjadi dewasa bukan berarti selalu jujur

Menjadi orang dewasa bukanlah perkara yang mudah. Belum lagi, tuntutan sosial membuat kita harus serbasempurna dari ujung kaki hingga ujung kepala. Hal ini membuat banyak orang di usia dewasa melakukan hal-hal palsu guna membangun citra diri. Berikut lima kepalsuan yang lumrah dilakukan orang-orang di usia dewasa.

1. Punya seribu topeng ekspresi

5 Kepalsuan yang Mungkin Pernah Dilakukan Banyak Orang Dewasapixabay/PDpict

Saat menjadi anak-anak, kita akan dengan mudah berekspresi jika ingin marah atau menangis. Namun, ketika telah dewasa, hal itu tak dapat sembarangan untuk dilakukan. Sebagai orang dewasa, kita cenderung untuk menyembunyikan perasaan tersebut dalam hati.

Padahal, beban hidup orang dewasa itu jauh tingkatannya dibandingkan ketika masih menjadi anak-anak. Hal ini juga yang membuat banyak orang dewasa sering terkena stres. Itu karena harus bersembunyi dalam topeng setiap hari.

2. Memasang feed Instagram atau medsos penuh kebahagiaan palsu

5 Kepalsuan yang Mungkin Pernah Dilakukan Banyak Orang Dewasapixabay.com/robbinhiggin

Citra diri menjadi sangat penting bagi banyak orang di usia dewasa. Perasaan ingin disanjung dan dipuji membuat banyak orang dewasa sering melakukan hal palsu, termasuk di dunia maya.

Jika kamu tampak heran kenapa si A atau si B hidupnya begitu sempurna saat melihat feed Instagramnya, jangan keburu terpancing. Sejatinya, hal-hal yang ada di dunia maya tersebut belum tentu sesuai dengan kenyataan.

Baca Juga: 7 Pola Pikir yang Terbentuk Seiring Kamu Bertambah Dewasa

3. Mana teman, mana lawan

5 Kepalsuan yang Mungkin Pernah Dilakukan Banyak Orang Dewasapixabay/nastya_gepp

Bias antara teman dan lawan akan sangat terasa ketika menginjak fase dewasa. Kita hampir tak akan pernah tahu, mana orang yang benar-benar menjadi teman atau orang yang hanya memanfaatkan.

Semua tampak baik, namun mencurigakan di satu sisi. Semuanya tampak tersenyum, namun mengumpat di belakang. Tak ada orang yang dapat dipercayai kecuali keluarga dan pasangan sendiri.

4. Berbohong soal kekayaan

5 Kepalsuan yang Mungkin Pernah Dilakukan Banyak Orang Dewasapixabay/stocksnap

Uang akan menjadi isu yang sangat penting di usia ini. Segala hal yang berbau kemewahan akan dikejar demi pamor yang baik. Memang, tak semua orang melakukan hal ini, tapi banyak orang melakukannya.

Tak heran jika banyak orang yang meminjam ke bank hanya untuk punya gawai baru atau tongkrongan keren. Terdengar menyeramkan? Ya, memang semenyeramkan itu.

5. Berbohong soal kehidupan pribadi

5 Kepalsuan yang Mungkin Pernah Dilakukan Banyak Orang Dewasapixabay/panajiotis

Beruntung bagi para pasangan yang memiliki kehidupan cinta yang bahagia. Namun, tak semua orang di dunia ini dapat seberuntung itu. Banyak orang di dunia ini yang menjalani hubungan palsu hanya untuk terlihat baik di depan umum.

Mereka berusaha untuk tampil mesra dan romantis sepanjang waktu bak drama Korea. Namun, saat sampai di rumah, semua berubah menjadi drama yang sesungguhnya.

Itulah beberapa kepalsuan yang sering ditemukan saat menginjak usia dewasa. Dari sekian kepalsuan yang sering dilakukan banyak orang dewasa di atas, mana yang sering kamu temui?

Baca Juga: 5 Hal yang Orangtua Khawatirkan Ketika Anaknya Beranjak Dewasa

Maya Andita Photo Community Writer Maya Andita

Trust me! I am not muggle IG: @anditamaya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You