Comscore Tracker

5 Ketakutan Umum yang Sering Menghantui ketika Memasuki Fase Dewasa!

Berani dalam menjalani tantangan hidup!

Bagi sebagian orang, menuju fase dewasa adalah hal yang dapat menjadi momok menakutkan. Ketakutan akan tanggung jawab dan tuntutan mencari uang adalah hal yang menjadi salah satu penyebabnya.

Biasanya orang-orang yang sedang mengalami ini disebut dengan fase quarter life crisis. Fase ini biasanya mulai menyerang pikiran seseorang sejak ia mulai menginjak usia 21 tahun ke atas. Berikut ini lima ketakutan yang sering dirasakan seseorang ketika menghadapi fase tersebut.

1. Ketakutan menyusun rencana hidup

5 Ketakutan Umum yang Sering Menghantui ketika Memasuki Fase Dewasa!pixabay/stocksnap

Saat masih anak-anak kehidupan kita hanya  dipenuhi dengan mainan dan mainan. Tidak ada paksaan lebih tentang bagaimana kamu menyusun tujuanmu ke depan dan bagaimana kamu harus menjalaninya. Tapi ketika usia telah menginjak umur 21 tahun, semuanya berubah.

Tanggung jawab adalah makanan camilan sehari-hari yang akan kamu terima. Untuk itu perencanaan tentang masa depan adalah hal yang harus dipikirkan dengan matang. Semua orang pernah berada dalam posisi ini, jadi tetaplah optimis dan aturlah masa depanmu mulai dari hal yang paling kamu sukai.

2. Ketakutan tidak berhasil dan mengecewakan banyak orang

5 Ketakutan Umum yang Sering Menghantui ketika Memasuki Fase Dewasa!pixabay/stocksnap

Sering ketika baru pertama kali memulai sesuatu seseorang akan merasa takut jika suatu saat nanti akan gagal dan mengecewakan banyak orang. Perasaan ini pun akhirnya mengacaukan pikiran hingga takut untuk memulainya.

Coba usahakan untuk menyingkirkan hal tersebut dan fokuslah akan apa yang ingin dikerjakan. Takut itu wajar tapi jangan membiarkan perasaan tersebut menguasaimu!

Baca Juga: 25 Tanda Kalau Kamu Sedang Mengalami 'Quarter Life Crisis'

3. Ketakutan tidak punya uang

5 Ketakutan Umum yang Sering Menghantui ketika Memasuki Fase Dewasa!pixabay/stocksnap

Di usia dewasa, uang adalah salah satu unsur penting yang menjadi prioritas segala aktivitas yang dilakukan. Orang dewasa bekerja untuk mendapatkan uang, dengan uang yang ada mereka mampu menghidupi segala kebutuhan hidup. Untuk itu, ketakutan tidak memiliki uang adalah hal yang sering ditemui.

Meski hal ini terkesan menyedihkan, tapi coba lihat dari sisi lain. Ketakutan kita terhadap uang lah yang membuat hidup ini berputar. Kita bekerja karena kita membutuhkan uang untuk makan, minum, tempat tinggal bahkan transportasi.

Tanpa semua itu, hidup kita akan lesu tanpa gairah. Namun, bukan bearti kita juga harus rela melakukan segala cara ya? Ingat, segala hal itu ada risikonya!

4. Ketakutan memilih jalan hidup

5 Ketakutan Umum yang Sering Menghantui ketika Memasuki Fase Dewasa!pixabay/adamkontor

Ketakutan akan kegagalan adalah hal yang mempengaruhi kenapa orang akhirnya takut menentukan pilihan hidupnya. Mereka takut salah memilih karena dihadapkan begitu banyaknya pilihan.

Pelajarilah dirimu dengan baik, kenali setiap potensi yang kamu punya, sharing pendapat dengan orang terdekat juga perlu untuk dilakukan agar kamu memperoleh gambaran lengkap tentang dirimu sendiri. Dari sana kamu dapat mulai memilih jalan atau bidang apa yang kamu sukai dan singkirkanlah segala ketakutanmu!

5. Ketakutan untuk menikah

5 Ketakutan Umum yang Sering Menghantui ketika Memasuki Fase Dewasa!pixabay/takmeomeo

Menikah adalah salah satu ketakutan lain yang dimiliki orang yang mulai memasuki fase dewasa. Meski hal ini terasa indah, membayangkan segala tanggung jawabnya sudah mampu membuat seseorang menghindari pernikahan. Tapi, sebagai orang yang dewasa kita harus berani menghadapinya.

Pernikahan bukanlah hal yang main-main untuk dilakukan oleh sebab itulah persyaratannya cukup tinggi.  Namun, lewat pernikahan kita dapat merasakan kedamaian dan arah tujuan hidup yang lebih terarah. Memiliki pasangan jiwa yang mampu menemani sampai hari tua dan anak-anak adalah sebuah anugerah jadi jangan takut untuk menghadapinya!

Itulah lima ketakutan yang sering menghantui seseorang ketika memasuki fase dewasa. Bagi kamu yang telah dewasa atau yang baru memasuki usia dewasa, apa saja jenis ketakutanmu?

Baca Juga: 9 Tanda Quarter Life Crisis, Sering Menimpa Usia 25 Tahunan Nih!

Maya Andita Photo Community Writer Maya Andita

Trust me! I am not muggle IG: @anditamaya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You