Comscore Tracker

5 Jenis Bunga yang Melambangkan Cinta, Maknanya Beragam

Biar beda, ungkapkan isi hati dengan bunga

Selama ini bunga merupakan sesuatu yang sering diberikan untuk kejutan atau hadiah dalam berbagai pencapaian seseorang. Tidak hanya itu, bunga juga kerap digunakan sebagai ungkapan cinta saat menyatakan perasaan kepada lawan jenis utamanya pria kepada wanita.

Gak semua jenis bunga, melainkan ada beberapa jenis bunga yang melambangkan perasaan cinta kasih yang cocok untuk diberikan kepada pasangan. Apa saja? Yuk, simak penjelasannya.

1. Mawar

5 Jenis Bunga yang Melambangkan Cinta, Maknanya Beragamilustrasi mawar (pexels.com/JÉSHOOTS)

Bunga jenis ini sudah sangat populer dijadikan hadiah untuk orang yang tersayang. Mawar merah adalah warna yang paling umum digunakan karena identik dengan cinta dan keromantisan.

Warna merah menyala pada bunga ini juga melambangkan keberanian atas tekad seorang pasangan. Pasti kamu sudah sering melihat seseorang menyatakan perasaan atau melamar dengan buket bunga mawar merah ini 'kan? Atau jangan-jangan kamu pernah menerimanya?

2. Tulip

5 Jenis Bunga yang Melambangkan Cinta, Maknanya Beragamilustrasi tulip (pexels.com/John-MarkSmith)

Bunga yang menjadi simbol nasional negara Belanda ini juga memiliki arti khusus tergantung warnanya, lho! Seperti bunga tulip putih melambangkan berbelasungkawa atas kematian seseorang atau tulip kuning yang berarti keceriaan dan persahabatan karib.

Nah, kalau bunga tulip merah diyakini oleh sebagian orang sebagai media untuk mengungkapkan isi hati kepada kekasih. Warna merah pada bunga ini memberi arti sebuah cinta dan kasih sayang yang mendalam.

3. Lili Putih

5 Jenis Bunga yang Melambangkan Cinta, Maknanya Beragamilustrasi lili putih (pexels.com/FloraWestbrook)

Bunga lili atau dalam bahasa Prancis disebut fleur-de-lis merupakan bunga yang indah dan kerap kali digunakan sebagai simbol desain dan dekoratif. Bunga ini banyak ditemukan di Amerika Utara, Asia, Eropa, dan Australia. Bunga lili mempunyai wangi khas yang mampu menarik perhatian banyak orang.

Ada beragam warna dari bunga lili yakni putih, merah, oren, kuning dan ungu atau merah muda. Bunga lili merah dikonotasikan sebagai simbol kemakmuran juga gairah, sedangkan lili putih cocok digunakan untuk prosesi lamaran atau mengungkapkan isi hati karena melambangkan kesucian dan ketulusan.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Bunga Lily of the Valley, Bunga Favorit Kerajaan 

4. Anyelir

5 Jenis Bunga yang Melambangkan Cinta, Maknanya Beragamilustrasi anyelir (pexels.com/JoãoJesus)

Tanaman bunga yang berasal dari kawasan Mediterania ini memiliki warna khas yang terang dan berwarna-warni. Secara umum, bunga ini melambangkan cinta, penghormatan, dan daya tarik kepada seseorang.

Warna putih dari bunga ini bisa dipilih untuk dijadikan alat mengutarakan rasa kepada sang pujaan hati. Anyelir putih berarti kesetiaan dan bisa mewakilkan perasaan rasa syukur yang mendalam.

5. Aster

5 Jenis Bunga yang Melambangkan Cinta, Maknanya Beragamilustrasi aster (pexels.com/Pixabay)

Tanaman bunga yang memiliki kelopak tersusun rapi dan melingkar ini memiliki warna bervariasi mulai dari putih, kuning hingga ungu dan juga beraroma lembut. Filosofi bunga ini adalah sebuah upaya hingga harapan yang kerap digunakan sebagai ucapan atau penghargaan kepada seseorang terutama yang spesial dan bermakna. 

Dari kelima bunga diatas kamu sudah pernah menerima bunga yang mana, yang populer seperti mawar atau bunga cantik seperti aster?

Pasti sangat menyenangkan jika menerima bunga dari seseorang yang kita sayang. Nah, kamu ada rencana untuk memberikan salah satu jenis bunga diatas untuk kekasih hatimu?

Baca Juga: 7 Ungkapan Terima Kasih pada Pasangan yang Membuat Hubungan Langgeng

Mega Ansav Photo Verified Writer Mega Ansav

Waspada dulu, tenang kemudian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya