Comscore Tracker

5 Cara Menghindari Iritasi Saat Memakai Masker, Wajib Tahu!

Persiapkan diri kamu untuk menghadapi new normal ya, guys!

New normal bukan berarti kita bisa benar-benar hidup normal seperti biasanya. Meskipun mall, perkantoran dan kegiatan sekolah akan dibuka kembali, kita harus tetap menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan serta menghindari kerumunan.

Nah, ketika new normal sudah benar-benar dijalankan, penggunaan masker saat keluar rumah akan berlangsung lama nih, guys. Jadi, untuk berjaga-jaga, yuk ikuti lima tips menghindari iritasi saat memakai masker ini, ya!

1. Cuci wajah kamu sebelum dan sesudah memakai masker

5 Cara Menghindari Iritasi Saat Memakai Masker, Wajib Tahu!pixels.com/Mas Vathon

Guna mencegah iritasi, pastikan kamu mencuci wajah sebelum dan sesudah memakai masker. Gunakanlah pembersih yang berbusa untuk menghilangkan atau mengurangi minyak pada wajah.

2. Gunakanlah pelembap yang ringan

5 Cara Menghindari Iritasi Saat Memakai Masker, Wajib Tahu!pexels.com/Andrea Piacquadro

Selanjutnya, penting bagi kamu untuk menggunakan pelembap ringan untuk menghidrasi kulit. Pemilik kulit berminyak juga tetap harus menggunakan pelembap agar kulit wajah kamu tidak mudah iritasi.

Baca Juga: Koleksi Masker Kain Unik ala Pinky Hendarto, Ada Masker Batik Juga!

3. Jangan memakai makeup di area wajah yang tertutup masker

5 Cara Menghindari Iritasi Saat Memakai Masker, Wajib Tahu!pexels.com/Kaboompics

Bahan-bahan yang terkandung dalam makeup berpotensi mengiritasi atau menyumbat pori-pori kulit sehingga harus dihindari pada area kulit yang tertutup masker. Hindari pula penggunaan foundation dan concealer yang berat formulasinya.

4. Gunakan masker yang berbahan katun 

5 Cara Menghindari Iritasi Saat Memakai Masker, Wajib Tahu!pexels.com/Anna Shvets

Pastikan masker kain yang kamu gunakan terbuat dari bahan katun atau bahan lain yang cukup halus, agar dapat membantu kulit bernapas dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit.

5. Segera obati ruam dan jerawat

5 Cara Menghindari Iritasi Saat Memakai Masker, Wajib Tahu!pexels.com/Andrea Piacquadro

Apabila kamu sudah mengalami sedikit iritasi atau kemerahan akibat gesekan masker ke kulit wajah kamu, segeralah gunakan obat berbentuk salep. Gunakan salep tersebut setelah membersihkan wajah.

Nah, itu tadi 5 tips untuk menghindari iritasi saat memakai masker terlalu lama. Meskipun new normal masih belum terlaksana, kita harus menyiapkan diri dan berjaga-jaga ya, guys! Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Wabah COVID-19 dan Lahirnya Produk Masker Fashionable ala NIION

Meirlyn Prayuga Photo Writer Meirlyn Prayuga

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya