5 Manfaat yang Bisa Dirasakan Saat Menerapkan Gaya Hidup Minimalis

Semakin sederhana, semakin bahagia

Menerapkan gaya hidup minimalis atau sederhana memang susah-susah gampang. Kamu harus bisa menahan keinginan dan lebih mengedepankan kebutuhan serta nilai manfaat dari setiap hal yang dibeli atau dikonsumsi.

Tapi di balik itu,  gaya hidup yang minimalis memiliki tujuan dan manfaat yang sangat positif lho guys. Terutama saat kamu menerapkannya, kamu bisa langsung merasakan manfaatnya seperti beberapa hal berikut ini.

1. Sadar akan konsumsi

5 Manfaat yang Bisa Dirasakan Saat Menerapkan Gaya Hidup Minimalisunsplash.com/jazminantoinette

Orang yang hidup sederhana atau menerapkan gaya hidup minimalis memiliki kesadaran akan konsumsi. Mereka tahu apa yang mereka beli dan pakai. Bahkan mereka cenderung lebih memilih menciptakan sesuatu untuk menggantikan kebutuhannya dengan kreatifitas sendiri.

2. Mencintai diri sendiri

5 Manfaat yang Bisa Dirasakan Saat Menerapkan Gaya Hidup Minimalisunsplash.com/christiana

Tahapan berikutnya dalam gaya hidup minimalis adalah kemudahan dalam mencintai diri sendiri. Hal ini disebabkan karena kebiasaan hidup sederhana yang secara tidak langsung membuat diri menjadi lebih mudah bersyukur. Lebih mengenal diri sendiri, memiliki komitmen karena rasa nyaman, juga konsisten dengan gaya yang disukai.

Selain itu, hidup sederhana juga membuat seseorang tidak gampang mengikuti trend ataupun terpengaruh iklan-iklan gaya hidup kekinian.

Baca Juga: Amalkan 5 Tips Minimalis Ini Biar Hidup Makin Tentram

3. Memiliki keseimbangan hidup

5 Manfaat yang Bisa Dirasakan Saat Menerapkan Gaya Hidup Minimalisunsplash.com/boxedwater

Ketika seseorang sudah mampu mencintai dirinya sendiri, ini akan berdampak pada keseimbangan hidupnya. Dalam artian, ia akan mulai menjalani pola hidup yang sehat. Seperti, menjadi lebih aware terhadap kesehatan diri, peduli dengan apa yang dimakan. Contohnya, yaitu mengutamakan belanja makanan sehat dibandingkan keinginan lain yang tidak lebih penting serta meminimalisir penggunaan bahan kimia dan lebih banyak menggunakan bahan alami.

4. Memiliki kesadaran terhadap lingkungan

5 Manfaat yang Bisa Dirasakan Saat Menerapkan Gaya Hidup Minimalisunsplash.com/ethically_eco

Keseimbangan hidup juga akan memberikan kesadaran dan kepedulian seseorang terhadap lingkungan. Biasanya disebut dengan zero waste, yakni cara mencintai lingkungan dengan mengurangi produksi sampah seperti membawa tas belanja sendiri saat pergi ke supermarket untuk menghindari penggunaan kantong plastik.

5. Membawa diri menuju smart living

5 Manfaat yang Bisa Dirasakan Saat Menerapkan Gaya Hidup Minimalisunsplash.com/adeolueletu

Ketika semua proses berhasil dilalui, nantinya gaya hidup minimalis akan membawa seseorang pada smart living.

Smart living berbicara tentang kebahagiaan dan kebebasan. Contoh sederhananya adalah bahagia karena terhindar dari barang-barang yang berantakan dan menumpuk di rumah, sehingga ruangan terasa lebih lega dan asyik digunakan untuk bermain atau berolahraga.

Kebebasan yang dirasakan juga terasa dari bagaimana waktu yang dimiliki menjadi lebih banyak karena tidak harus selalu membereskan rumah setiap hari dan juga memiliki banyak ruang untuk berkreativitas.

Itulah beberapa hal yang jadi tujuan dan manfaat hidup minimalis guys. So apa kamu tertarik mencobanya?

Baca Juga: 5 Emosi Negatif yang Harus Dihindari Agar Hidup Lebih Bahagia

Melia Rosalina Photo Verified Writer Melia Rosalina

Communications student

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You