Comscore Tracker

Bukan Fisik, Ini 8 Tanda Jiwa Kamu Sedang Lelah

Istirahat dulu yak~

Jika kamu sedang merasa lelah dan lemah itu adalah hal wajar dan kamu tidak sendirian, banyak orang yang juga pernah mengalaminya. Satu dari lima orang bisa merasa lelah pada saat tertentu dan kelelahan menjadi hal biasa. Dunia modern saat ini melibatkan pekerjaan yang konstan, stres, ketegangan, yang membuat orang kurang tidur serta olahraga yang tepat. Semua itu tentu mempengaruhi keadaan jiwa. Sakit dan butuh bantuan. Seperti tanda-tanda jiwa yang lelah berikut ini, yang mungkin tampak tidak penting, tetapi dapat menciptakan ketidaknyamanan dan masalah besar.

1. Menjadi lelah setelah istirahat semalam penuh

Bukan Fisik, Ini 8 Tanda Jiwa Kamu Sedang Lelahunsplash.com/@all_who_wander

Fakta bahwa sulit bagi kamu untuk bangun dari tempat tidur di pagi hari, bahkan jika kamu telah tidur dalam jumlah jam yang tepat, bisa menjadi tanda pertama. Kamu telah pulih secara fisik, tetapi sulit untuk memulihkan jiwa kamu dengan tidur. Akibatnya, kelelahan kronis muncul dan kamu menghabiskan sepanjang hari berjuang dengan diri sendiri setiap kali kamu perlu melakukan sesuatu.

2. Berpikir negatif

Bukan Fisik, Ini 8 Tanda Jiwa Kamu Sedang Lelahunsplash.com/@maxfelner

Kamu mulai sering membayangkan hal-hal kecil yang menyenangkan, mengingat kejadian lucu, dan mencoba menciptakan momen bahagia. Karena kamu terbiasa  berkonsentrasi pada pengalaman negatif dan buruk, jiwa kamu mungkin menderita kelelahan. Kamu tidak membebani diri kamu dengan energi positif. Sebaliknya, kamu justru menyia-nyiakannya dan sulit untuk melupakan saat-saat tidak menyenangkan yang pernah terjadi. Ini akan memengaruhi suasana hatimu dan menciptakan perasaan tidak bahagia.

3. Ada keinginan untuk bersembunyi dari orang lain

Bukan Fisik, Ini 8 Tanda Jiwa Kamu Sedang Lelahunsplash.com/@heftiba

Jika kamu memiliki keinginan untuk  bersembunyi dari orang-orang di sekitarmu, ini adalah pertanda dari jiwa yang lelah. Kamu mungkin ingin duduk di sudut ruangan untuk melindungi diri dari orang lain, atau bahkan menjadi tidak ingin menarik perhatian. Tetapi karena kamu tidak dapat mengunci diri di rumah dan berhenti berinteraksi dengan orang lain, kamu menjadi tertekan oleh komunikasi yang tidak diinginkan. Kamu masih perlu menjaga percakapan sehari-harimu dan tetap dekat dengan orang lain, bahkan jika kamu ingin ditinggal sendirian.

Baca Juga: Tanpa Disadari, 7 Hal Ini Jadi Indikasi Kamu Alami Kelelahan Psikis

4. Merasa kesepian

Bukan Fisik, Ini 8 Tanda Jiwa Kamu Sedang Lelahunsplash.com/@anthonytran

Jika kamu mengarahkan semua kemarahanmu pada orang-orang di sekitar, hubungan sosialmu bisa menjadi tegang. Terlebih, ketika kamu berpura-pura merasa baik dan tidak ada yang tahu keadaan sebenarnya. Ini semua bisa membuat kamu merasa kesepian dan sendirian dengan masalahmu. Kamu mulai berpikir bahwa tidak ada yang bisa mengerti, menerima, dan  membantu dirimu. Jadi kamu mencoba untuk menangani semuanya sendirian, berjuang dengan kondisimu hari demi hari.

5. Melamun dan melarikan diri dari kenyataan

Bukan Fisik, Ini 8 Tanda Jiwa Kamu Sedang Lelahunsplash.com/@chouuu

Jika kamu merasa ingin melarikan diri dari kenyataan dan memimpikan kehidupan yang berbeda, jiwa kamu sedang memberi tanda-tanda kelelahan. Kamu sering memikirkan masa lalu dan takut akan masa depan. Hal utama adalah bahwa kamu tidak menyukai keadaan saat ini dan mencoba mengalihkan perhatian darinya dengan cara apa pun yang memungkinkan. Tetapi pelarian bisa membahayakan kamu karena kamu masih harus kembali ke tugas sehari-hari dan ketidakpuasanmu dengan kehidupan akan terus meningkat seiring dengan ketidakcocokan kenyataan dan impianmu.

6. Ketidakpedulian dan kurangnya aspirasi

Bukan Fisik, Ini 8 Tanda Jiwa Kamu Sedang Lelahunsplash.com/@eliottreyna

Mengingat bahwa kamu terus-menerus merasa lelah, kamu mungkin mengalami kurangnya keinginan untuk melakukan sesuatu, menunjukkan ketidak pedulian terhadap segala sesuatu yang terjadi di sekitarmu, dan bahkan kehilangan minat pada apa yang kamu sukai sebelumnya. Kamu menjadi tidak bisa melihat manfaat dari apa yang sedang kamu lakukan dan menjadi apatis terhadap hasil tindakan sendiri. Kondisi ini menciptakan ketegangan tambahan, karena kamu masih harus memenuhi tugasmu bahkan jika kamu tidak memiliki energi dan aspirasi.

7. Perubahan emosi yang mendadak

Bukan Fisik, Ini 8 Tanda Jiwa Kamu Sedang Lelahunsplash.com/@mikailduran

Ketidak puasan, kelelahan, dan ketidak pedulian dapat memengaruhi emosimu. Seberapa sering kamu menjadi marah, tersinggung pada sesuatu yang kecil, atau mulai menangis dan tertawa tanpa alasan? Jika perubahan suasana hati seperti ini terjadi secara teratur, ini mungkin pertanda jiwa yang lelah. Hidup menjadi lebih sulit dengan ayunan emosional seperti ini. Ini akan memaksa kamu untuk mencari konflik lebih dari sekadar berusaha mencapai kedamaian dan pemahaman dengan orang lain.

8. Berpura-pura merasa baik

Bukan Fisik, Ini 8 Tanda Jiwa Kamu Sedang Lelahunsplash.com/@icoman93

Jangan berpikir bahwa menyembunyikan rasa sakit dan berpura-pura baik-baik saja adalah cara yang baik untuk menyelesaikan masalah. Jika kamu melakukan ini, kamu sedang membohongi diri sendiri dan orang lain tentang perasaanmu yang sebenarnya, sementara semua yang ada di dalam diri kamu akan hancur. Kamu mencoba yang terbaik untuk bisa tersenyum dan menghabiskan energi ekstra untuk mencoba menciptakan ilusi sukacita ketika jiwa kamu menangis. Tapi itu sangat melelahkan, sampai kamu tidak punya lagi kekuatan untuk berpura-pura baik-baik saja.

So guys, apa saat ini jiwamu sedang merasa lelah? Coba deh untuk mulai merefleksikan diri dan mencari solusinya!

Baca Juga: Ini 8 Alasan Kenapa Kamu Sering Merasa Lelah dan Gak Bersemangat

Melia Rosalina Photo Verified Writer Melia Rosalina

Menulis untuk belajar.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya