Comscore Tracker

Kenali 7 Kebiasaan Toxic People Sekaligus Cara Menghadapinya

Biar kamu gak ikut-ikutan jadi orang beracun

Negativitas kronis toxic people dapat benar-benar membunuh seseorang dan ini telah dibuktikan secara ilmiah. Sikap dan perilaku toxic people secara gak langsung dapat menghancurkan hidupmu. Dalam kehidupan sehari-hari, kamu mungkin menemukan mereka sebagai kolega atau teman yang selalu menyedot energimu.

Kamu biasanya akan merasa lelah di sekitar orang-orang seperti itu. Tetapi ada lebih banyak hal yang sering kali dilakukan toxic people yang membuat mereka mudah untuk dikenali. Seperti, 7 kebiasaan mereka berikut ini yang harus diwaspadai.

1. Memanipulasi dan mengontrol orang lain

Kenali 7 Kebiasaan Toxic People Sekaligus Cara Menghadapinyaunsplash.com/@mimithian

Seorang manipulatif sebenarnya tidak tertarik padamu atau perasaanmu. Mereka menggunakan "senjata" mereka untuk mengendalikanmu sehingga kamu menjadi bagian dari rencana mereka. Mungkin kamu tidak mengenali bagaimana cara mereka mengontrol orang lain untuk kepentingan mereka.

Biasanya mereka akan memanipulasi dengan memutar apa yang kamu katakan, membuatmu merasa seperti orang gila, memosisikan diri sebagai korban, berperilaku agresif dan memaksamu untuk membela dirinya dengan ancaman. 

2. Tidak mau meminta maaf

Kenali 7 Kebiasaan Toxic People Sekaligus Cara Menghadapinyaunsplash.com/@christianfregnan

Toxic people tidak peduli apa yang dilakukannya dan menganggap itu bukan kesalahan mereka. Mereka sering mulai berdebat dan berusaha melindungi diri mereka sendiri daripada mengatakan bahwa mereka menyesal.

Alasan mengapa mereka tidak bisa menerima kesalahan mereka sendiri sangat banyak, beberapa di antaranya karena permintaan maaf bisa mewakili ancaman terhadap harga diri mereka, perasaan malu, tidak ingin bertanggung jawab atas tindakannya, lebih suka merasakan kemarahan dan agresi daripada merasakan sesuatu yang positif.

3. Memproyeksikan perasaan terhadap orang lain

Kenali 7 Kebiasaan Toxic People Sekaligus Cara Menghadapinyaunsplash.com/@jens_johnsson

Jika seseorang tiba-tiba berpikir bahwa kamu menertawakannya, padahal kamu tertawa karena alasan polos yang berbeda yang tidak ada hubungan dengannya, tetapi ia tetap mencoba melibatkanmu, ia adalah toxic people. Ia akan terus membuat kamu merasa tidak nyaman karena pemikiran negatif.

Sebaiknya, saat kamu berurusan dengan toxic people yang tidak kamu kenal, menjauhlah dari mereka. Namun, jika itu adalah teman dekatmu, cobalah untuk menunjukkan penghargaan terhadapnya dan pastikan ia memahami betapa tulusnya kamu.

4. Menghilangkan mood yang lain

Kenali 7 Kebiasaan Toxic People Sekaligus Cara Menghadapinyaunsplash.com/@gonarnaizpazos

Ketika kamu bosan dengan seseorang, sehingga kamu bahkan tidak bisa mengendalikan perasaanmu dan bertanya apa yang terjadi, tetapi sebenarnya memang tidak ada yang terjadi. Saat itulah toxic people baru saja menciptakan situasi negatif di kepala mereka dan ingin menyedot energi kamu. Lebih baik untuk kamu tidak terlibat dalam pertengkaran, mendengarkan atau membela diri dari mereka.

Baca Juga: Cuma Orang Cerdas yang Menangani Toxic People dengan 5 Cara Bijak Ini 

5. Suka mengeluh dan menangis

Kenali 7 Kebiasaan Toxic People Sekaligus Cara Menghadapinyaunsplash.com/@dearseymour

Semua orang terkadang mengalami hari-hari yang buruk, tetapi ketika jadi kebiasaan, itu bisa menjadi racun. Menelepon setiap hari atau setiap minggu dan mengeluh tentang semuanya dapat membuat siapa pun menjadi stres. Pada kasus ini kamu harus menetapkan batasan dan jangan menghabiskan waktu dengan para toxic people.

Jangan merasionalisasi dan mencoba menjelaskan mengapa seseorang selalu negatif. Carilah pengaruh yang lebih positif dan lebih dekat dengan orang-orang yang lebih positif.

6. Tidak ingin menerima penolakan

Kenali 7 Kebiasaan Toxic People Sekaligus Cara Menghadapinyaunsplash.com/@krewellah87

Toxic people benar-benar membuat kamu merasa takut untuk mengatakan tidak. Mereka meminta sesuatu dan jika kamu menolak, mereka mulai memanipulasimu untuk mendapatkan jawaban yang mereka inginkan. Ini terjadi karena mereka tidak mengerti bahwa orang lain juga memiliki batasan.

Mengatakan "tidak" adalah normal, terutama ketika kamu tahu bahwa kamu tidak bisa menepati janji. Mengatakan "tidak" seharusnya tidak membuatmu merasa bersalah jika kamu tahu itu adalah keputusan yang tepat.

7. Selalu iri dengan kesuksesan yang lain

Kenali 7 Kebiasaan Toxic People Sekaligus Cara Menghadapinyaunsplash.com/@belart84

Sekali dalam hidup, kamu mungkin pernah bertemu dengan seseorang yang menjadi pucat wajahnya ketika mereka mengetahui tentang kesuksesanmu. Mereka bisa jadi adalah teman atau kerabatmu, dan itu akan menyakitkan.

Kamu ingin berbagi kegembiraan dengan mereka, tetapi sebaliknya, kamu justru mendapatkan ekspresi masam dari mereka. Sebaiknya, dalam kasus ini lebih baik kamu meminimalkan komunikasi dengan mereka. Hanya kamu yang bisa memutuskan seberapa dekat kamu dengan toxic people seperti itu.

So guys, itulah beberapa cara efektif untuk menangani toxic people disekitarmu. Semoga informasinya bermanfaat ya!

Baca Juga: 8 Cara Orang Pintar Menjalin Hubungan dengan Toxic People

Melia Rosalina Photo Verified Writer Melia Rosalina

Menulis untuk belajar.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You