Comscore Tracker

8 Kebiasaan Hidup Minimalis yang Bisa Buat Hidup Kamu Lebih Nyaman

Ada banyak manfaatnya lho!

Hidup minimalis atau sederhana adalah suatu hal yang positif. Banyak orang yang sudah menerapkan gaya hidup minimalis ini dan mereka sering merasakan kebahagiaan akibatnya.

Gaya hidup ini memang tidak terlepas dari kebiasaan-kebiasaan positif yang diterapkan. Berikut ini beberapa kebiasaan-kebiasaan baik dari gaya hidup minimalis yang bisa kamu tiru guys, lets check this out!

1. Tulis rencana bulanan

8 Kebiasaan Hidup Minimalis yang Bisa Buat Hidup Kamu Lebih Nyamanunsplash.com/@thegirlloop

Setiap orang memiliki segudang aktivitas yang kadang sangat menyita waktu. Kegiatan-kegitan tersebut bisa membuat stres jika kamu kurang bisa mengaturnya dengan baik. Bahkan tidak hanya pikiran, tubuh pun bisa ikut lelah karenanya.

So, agar kegiatanmu lebih teratur dan bisa dilaksanakan buatlah list acara setiap bulannya. Khusus untuk kegiatan-kegiatan penting dan membutuhkan persiapan seperti ujian, rapat dan traveling misalnya. Dengan demikian kamu bisa jadi lebih fokus untuk melaksanakan kegiatan tersebut dalam satu bulan.

2. Menata kembali isi tas

8 Kebiasaan Hidup Minimalis yang Bisa Buat Hidup Kamu Lebih Nyamanunsplash.com/@thegirlloop

Data nomor telpon, berkas struk belanja atau ATM, kertas tidak terpakai biasanya sering ada dalam tas seseorang. Benda-benda tersebut seringkali menumpuk dalam tas karena kebiasaanmu memasukkan apapun yang kamu rasa penting ke dalam tasmu.

Cobalah untuk membersihkan isi tasmu seminggu sekali dengan memeriksa setiap benda yang ada didalamnnya. Buang kertas-kertas yang sudah tidak kamu butuhkan, tapi jangan lupa menyalinnya ke dalam buku atau handphone-mu jika kertas tersebut berisi data penting.

3. Menghapus foto

8 Kebiasaan Hidup Minimalis yang Bisa Buat Hidup Kamu Lebih Nyamanunsplash.com/@brucemars

Terutama untuk para perempuan yang sering melakukan foto selfie dan menghabiskan memori. Kamu perlu memilih foto-foto yang sekiranya bagus untuk disimpan, kamu bisa hapus foto-foto yang sudah diposting, foto catatan kuliah yang sudah kamu salin dan lain sebagaiannya agar handphone kamu tidak jadi lemot akibat memori yang terlalu banyak terpakai.

Atau kamu bisa pindahkan foto-foto tersebut ke dalam laptop dan komputer. Selain itu, kamu bisa juga mem-backup foto-foto tersebut pada aplikasi Google Photo. 

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menata Rumah Minimalis!

4. Kurangi kebiasaan bermain media sosial

8 Kebiasaan Hidup Minimalis yang Bisa Buat Hidup Kamu Lebih Nyamanunsplash.com/@jakobowens1

Media sosial memang bisa jadi sarana silaturahmi. Tetapi, jika kamu terlalu sering bermain media sosial, maka kamu justru bisa jadi impulsif. Di media sosial, banyak orang yang suka memamerkan kegiatan ataupun barang-barang branded yang dimilikinya sehingga bisa membuat kamu iri.

So, lebih baik gunakan waktu kamu untuk aktivitas yang positif dan produktif.

5. Jadwalkan waktu istirahat atau refreshing

8 Kebiasaan Hidup Minimalis yang Bisa Buat Hidup Kamu Lebih Nyamanunsplash.com/@freestocks

Untuk menjaga stamina dan pikiran yang sehat, tubuh perlu diistirahatkan dari kegiatan sehari-hari. Tidak hanya sekadar istirahat, kamu perlu menjadwalkan diri untuk pergi liburan atau aktivitas lain yang bisa me-refresh otak dari rasa penat akibat pekerjaan. Dengan demikian, pikiranmu akan lebih rileks dan tidak mudah emosi. Kamu  jadi bisa melanjutkan pekerjaanmu lagi dengan nyaman.

6. Membersihkan rumah dan barang yang sering digunakan

8 Kebiasaan Hidup Minimalis yang Bisa Buat Hidup Kamu Lebih Nyamanunsplash.com/@flaxeco

Jika ruangan yang kita tinggali kotor dan sesak, tentu kita tidak akan nyaman berada di dalamnya. Cobalah untuk membersihkan rumah setiap hari minimal dengan menyapu dan mengepel lantai.

Selain itu, cucilah barang-barang yang biasa kamu gunakan seperti selimut, tempat makeup dan barang-barang lain yang sekiranya sudah kotor agar kamu selalu nyaman saat menggunakannya.

7. Tinjau kembali anggaran

8 Kebiasaan Hidup Minimalis yang Bisa Buat Hidup Kamu Lebih Nyamanunsplash.com/@alexandermils

Seringkali kamu punya pengeluaran yang di luar rencana setiap bulan. Ini akan membuat perbedaan antara anggaran yang sudah kamu buat di bulan sebelumnya. Sementara pendapatan kamu mungkin masih sama.

Karena itu kamu perlu meninjau kembali anggaran yang setiap bulan yang sudah kamu keluarkan. Dengan begitu, kamu bisa mengantisipasi atau mempersiapkan pengeluaran di bulan selanjutnya.

8. Mengganti barang yang rusak atau tidak terpakai

8 Kebiasaan Hidup Minimalis yang Bisa Buat Hidup Kamu Lebih Nyamanunsplash.com/@chuttersnap

Apa kamu sering membiarkan barang-barang yang tidak kamu pakai atau rusak menumpuk di gudang dan lemarimu? Sebaiknya mulai sekarang cek kembali barang-barang yang memang sudah tidak lagi kamu gunakan.

Jika masih bagus ada baiknya kamu sumbangkan kepada orang yang suka atau membutuhkannya. Jika sudah rusak lebih baik kamu buang segera, agar bisa di daur ulang oleh pihak lain. Terutama untuk pakaian, kamu bisa membeli yang baru jika memang banyak pakaian yang sudah sempit ditubuhmu.

So guys, itulah beberapa kebiasaan hidup minimalis yang bisa kamu terapkan. Ada banyak manfaatnya bukan?

Baca Juga: 7 Keuntungan yang Bakal Kamu Rasakan Saat Hidup Minimalis, Harus Coba!

Melia Rosalina Photo Verified Writer Melia Rosalina

Menulis untuk belajar.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You