Comscore Tracker

5 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengatasi Rasa Marah

Biar gak jadi berkepanjangan dan berakibat buruk

Marah adalah salah satu bentuk reaksi emosional yang dimiliki oleh setiap orang. Rasa marah itu normal, layaknya emosi lainnya. Seperti, sedih, gembira, kecewa dan sebagainya. Namun, jika berlebihan itu tidak akan baik. Mengontrol amarah sangat sangat diperlukan agar kamu tidak melakukan tindakan atau perkataan yang mungkin akan kamu sesali nantinya.

Saat marah, seseorang sulit untuk menjadi rasional dan berpikir dengan baik. Lalu, bagaimana caranya agar bisa mengatasi rasa marah dan tidak berefek negatif pada diri sendiri juga orang lain? Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba lakukan.

1. Bernapas dalam-dalam

5 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengatasi Rasa Marahunsplash.com/@elidefaria

Tariklah napas kamu dalam-dalam dengan hidung saat kamu dalam keadaan marah. Kemudian, hembuskan perlahan-lahan melalui mulut dan lakukan beberapa kali. Teknik ini membantu kamu untuk menenangkan dan mengatur sistem saraf otonom.

Saat marah, napasmu akan menjadi lebih singkat dan semakin cepat. Menarik napas dalam-dalam bisa menurunkan tekanan darah dan memberikan rasa tenang dengan cepat.

2. Olahraga

5 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengatasi Rasa Marahunsplash.com/@jp_photography

Olahraga atau beraktivitas dapat membantu menenangkan saraf dan mengurangi kemarahanmu. Saat kamu kesusahan mengontrol amarah, cobalah pergi jalan-jalan, bersepeda atau mungkin berkebun. Bergerak dapat membantu melancarkan peredaran darah kamu dan berpikir lebih positif.

Baca Juga: 5 Dampak Negatif Ketika Memiliki Sifat Pemarah, Bakal Dijauhi Orang!

3. Me time

5 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengatasi Rasa Marahunsplash.com/@haleyephelps

Beri diri kamu sendiri waktu untuk istirahat, jauh dari orang lain dan pekerjaan. Saat sedang sendiri, kamu dapat memproses dengan baik apa yang sebenarnya terjadi dan mengembalikan emosi menjadi netral. Marah tidak selalu berkaitan dengan emosi negatif, ia juga bisa menjadi energi positif bagi seseorang.

Marah bisa jadi mendorong kamu untuk membantu orang lain atau melakukan perubahan sosial. Emosi marah menjadi buruk jika itu terlalu sering dilakukan dan kamu mengekspresikannya dengan cara yang tidak sehat. Jika kamu merasa terlalu sering marah akhir-akhir ini, take a time.

Beri waktu diri sendiri untuk berpikir. Kenapa kamu bisa marah dan apa jalan keluar untuk mengatasi kemarahanmu.

4. Menulis buku atau jurnal

5 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengatasi Rasa Marahunsplash.com/@craftedbygc

Apa yang tidak bisa kamu katakan mungkin bisa kamu tulis di buku atau jurnal. Catat apa saja yang sedang kamu rasakan dan bagaimana kamu ingin meresponnya. Menulis dapat membantu kamu lebih tenang dan menilai kembali peristiwa yang mengarah pada perasaanmu sekarang. Kamu bisa mengevaluasi kembali tentang perasaan marahmu dengan menulis.

5. Berbicara dengan seseorang

5 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mengatasi Rasa Marahunsplash.com/@mimithian

Jika menurutmu menulis belum bisa membantu mengatasi amarah, cobalah untuk berbicara dengan seseorang. Berbicara dengan seseorang tentang perasaan amarahmu bukanlah hal yang buruk. Dengan bicara kepada orang lain, kamu bisa mendapatkan perspektif baru dan memandang masalahmu dari sudut pandang lain.

Jika seseorang telah membuat kamu marah, cobalah membuka hati untuk memaafkan orang tersebut. Dibutuhkan kebesaran hati untuk bisa memaafkan seseorang yang telah berbuat salah kepadamu. Dengan membuka pintu maaf, setidaknya itu bisa membuat hidup kamu lebih tenang.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa marah. Kalau kamu punya cara tersendiri, kasih tahu di komentar, ya!

Baca Juga: Kurangi Stres, Ini 5 Tips Agar Kamu Bisa Berpikir Positif Setiap Hari

Melia Rosalina Photo Verified Writer Melia Rosalina

Menulis untuk belajar.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya